MenuKuliner.net

Ragam Makanan Khas Jawa Tengah Yang Populer dan Sayang Dilewatkan

Diposting pada 16 Juni 2023

Makanan khas Jawa Tengah yang sudah populer dikalangan masyarakat Indonesia adalah tempe mendoan dan lumpia semarang. Tentu masih banyak daerah lain yang memiliki kuliner lezat buat dicicipi oleh wisatawan. Baik itu makanan bercitarasa gurih, manis atau bahkan pedas nampol yang siap untuk Anda nikmati.

Jawa Tengah adalah salah satu provinsi di Indonesia yang ibukotanya terletak di Semarang. Ada banyak tempat liburan menarik di yang bisa Anda sambangi ketika berkunjung ke Semarang, Solo dan kota lainnya.

Selain tempat wisata yang seru, Jawa Tengah juga menyimpan segudang kuliner lezat. Ingin tahu apa saja makanan khas Jawa Tengah yang paling wajib dicicipi? Simak selengkapnya pada artikel berikut.

Daftar Makanan Khas Jawa Tengah Yang Paling Terkenal dan Lezat

Jawa Tengah menyimpan ragam kuliner khas yang siap memanjakan lidah setiap wisatawan. Setiap kota di provinsi ini memiliki hidangan spesial yang menggoyang lidah. Beberapa kuliner khas Jateng yang perlu Anda coba seperti dibawah ini:

Lumpia Semarang

lumpia semarang makanan khas jawa tengah

Lumpia adalah jajanan tradisional yang biasa ditemukan di beberapa acara besar, seperti nikahan, pengajian dan lain sebagainya. Siapa sangka, ternyata lumpia yang biasa kita makan sehari-hari berasal dari kota Semarang.

Lumpia memiliki kulit yang garing dan bercitara gurih, dengan berbagai macam isian. Ada lumpia isi udang, sayuran, telur dan suwiran daging ayam. Lumpia sudah sangat lezat dimakan apa adanya, bisa juga dicocol ke saus sambal atau dimakan bersama cabe rawit.

Jika Anda datang ke ibukota Jawa Tengah, maka jangan sampai lupa membeli oleh-oleh wajib Lumpia Semarang.

Tempe Mendoan

tempe mendoan makanan khas jawa tengah

Tempe mendoan adalah jajanan khas Jawa Tengah yang sangat populer ke seluruh Nusantara. Jika dilihat secara sekilas, mungkin ini tidak lebih dari tempe goreng berbalut tepung biasa.

Namun, tempe mendoan memiliki beberapa ciri khas yang membuatnya berbeda dari tempe biasa. Dimulai dari teknik menggoreng yang tidak sampai kering dan krispi. Tempe mendoan digoreng hanya sebatas sampai tepungnya setengah matang.

Kemudian bahan dasar yang digunakan adalah tempe mendoan mentah, lalu tepung yang digunakan adalah campuran tepung kanji dan tepung terigu.

Garang Asem

grang asem makanan khas jawa tengah

Garang asem adalah makanan khas Jawa Tengah berupa ayam yang dimasak dengan santan. Sebelum dimasak, daging ayam tersebut dibungkus menggunakan daun pisang terlebih dahulu. Baru kemudian dimasak dengan santan dan siap untuk dinikmati.

Citarasa yang ditawarkan oleh garang asem adalah asam dan cukup pedas. Biasa dihidangkan bersama ayam asam manis, tempe goreng dan perkedel.

Nasi Grombyang

nasi grombyang makanan khas jawa tengah

Nasi grombyang adalah makanan berkuah yang menghadirkan nasi putih dan daging kerbau. Kuahnya melebihi porsi nasi, sehingga terlihat seperti bergoyang ketika dibawa atau grombyang-grombyong. Itulah alasan mengapa disebut sebagai nasi grombyang.

Jika Anda melihatnya, nasi grombyang ini tidak lebih seperti soto. Hanya saja menggunakan daging kerbau dan bumbu kuah berbeda. Cocok dinikmati untuk makan siang, kuahnya yang gurih akan menyegarkan Anda.

Brekecek

brekecek makanan khas jawa tengah

Brekecek adalah hidangan ikan yang dicampur dengan bumbu kental dan bercitarasa lezat. Bahan dasar yang biasa digunakan adalah ikan Jahan atau ikan pathak. Ada pula yang membuat brekecek menggunakan kepala ikan laut bernama basur atau menthok.

Brekecek merupakan akronim dari kata brek yang berarti diletakkan dan kecek yang berarti dicampur dengan bumbu. Setiap orang yang mencicipinya bisa langsung suka dengan citarasa brekecek.

Brekecek adalah makanan khas Cilacap yang wajib masuk daftar kuliner untuk diburu selama liburan.

Nasi Gandul

nasi gandul makanan khas jawa tengah

Apakah Anda ingin berburu kuliner yang cocok buat sarapan? Kalau benar demikian, silahkan coba makanan khas Jawa Tengah satu ini, bernama nasi gundul. Ia memiliki aroma khas yang sangat kuat, karena diberi daun pandan dalam proses pembuatannya.

Nasi gandul dihidangkan diatas selembar daun pisang, kemudian ditambah olahan daging sapi. Ini membuatnya terasa begitu spesial dan menggugah selera. Dominan rasa yang ditawarkan adalah gurih berpadu wangi pandan.

Tahu Petis

tahu petis makanan khas jawa tengah

Tahu petis khas Jawa Tengah mungkin belum populer seperti tahu Sumedang, namun soal citarasanya jangan diragukan lagi. Disebut tahu petis karena didalamnya diberi tambahan petis.

Bagi Anda yang belum tahu apa itu petis, petis merupakan olahan udang yang dimasak sampai mengental. Petis juga ada yang dibuat dari kuah rebusan ikan.

Tahu petis bercitarasa gurih yang khas dan biasa dijadikan camilan. Untuk membuatnya semakin mantap, tidak lupa dimakan bersama cabai bagi yang menyukai pedas.

Mie Lethek

mie lethek makanan khas jawa tengah

Mie lethek adalah olahan mie yang terbuat dari tepung tapioka atau gaplek ketela. Proses pembuatan mie dilakukan menggunakan anglo yang bahan bakarnya arang, tanpa ditambahi bumbu pengawet sedikitpun.

Mie lethek kemudian disiram dengan kuah kental yang sudah dibumbui, sehingga citarasanya gurih dan lezat. Tidak lupa ditaburi bawang goreng dan suwiran daging ayam agar lebih mantap. Ada juga versi mie lethek goreng alias tanpa kuah.

Mie lethek berasal dari Bantul, Yogyakarta dan bisa Anda temui disini. Jika dibandingkan makanan khas Jawa Tengah lain, cukup sulit menemukan mie lethek.

Nasi Penggel

Nasi Penggel makanan khas jawa tengah

Nasi penggel bisa menjadi alternatif berikutnya bagi Anda yang ingin sarapan lezat. Hidangan kali ini berupa nasi putih yang dikepal sehingga berbentuk bulat, kemudian disajikan diatas pincukan daun pisang.

Nasi penggel biasanya dilengkapi dengan sayur nangka atau sayur daun singkong, sekaligus lauk pauk yang komplit. Seperti jeroan sapi, tahu goreng dan tempe.

Nasi penggel adalah makanan khas Jawa Tengah yang berasal dari Kebumen. Nasi penggel dibanderol seharga Rp. 13 ribu per pincuk, ini sudah lengkap lauk tempe mendoan dan segelas es teh.

Soto Sokaraja

Soto Sokaraja makanan khas jawa tengah

Tidak hanya Lamongan, makanan khas Jawa Tengah juga memiliki beberapa varian soto. Salah satu yang cukup populer adalah soto sokaraja dari Kabupaten Banyumas.

Soto sokaraja hadir dengan sambal kacang dan ketupat sebagai pelengkap. Jangan khawatir, sambal kacang ini tidak pedas nampol dan masih nikmat buat disantap oleh mereka yang kurang suka pedas. Ada pula kerupuk cantir yang terbuat dari ketela pohon, sehingga memberi ciri khas tersendiri.

Itu tadi adalah berbagai macam makanan khas Jawa Tengah yang paling populer dan bercitarasa lezat. Jika sedang liburan ke Jateng, jangan lupa mencicipi salah satu makanan diatas.

Jika menginginkan teman bersantai, ada tempe mendoan dan lumpia Semarang yang lezat. Apabila ingin mengenyangkan perut, tinggal milih mie lethek, soto sokaraja atau garang asem.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.