MenuKuliner.net

Rekomendasi 9 Makanan Khas Daerah yang Mudah Dibuat

Diposting pada 24 November 2023

Setiap daerah di Indonesia menawarkan makanan khas yang memiliki cita rasa otentik dan kelezatan tiada tandingan. Sekali mencicipi, kamu mungkin akan merindukannya lagi. Namun jangan khawatir, kamu tidak perlu ke daerah-daerah untuk mencicipi setiap makanan khas. Pasalnya banyak makanan khas daerah yang mudah dibuat sendiri. Hanya berbekal bumbu-bumbu sederhana, kamu bisa menciptakan makanan khas daerah dengan cita rasa otentik.

Rekomendasi Makanan Khas Daerah yang Mudah Dibuat

Berikut ini beberapa pilihan makanan khas daerah yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah:

Nasi Krawu dari Gresik

Ada banyak sekali makanan khas Gresik yang mudah dibuat. Salah satunya adalah nasi krawu. Nasi krawu sendiri adalah nasi yang disajikan bersama sambal terasi, daging sapi, dan serundeng. Cita rasanya gurih dan menggugah selera sehingga disukai semua orang.

Bahan-bahan yang dipakai seperti bahan untuk membuat masakan pada umumnya. Kamu hanya membutuhkan asam jawa untuk menambahkan cita rasa otentik. Daging sapi dimasak dengan cara digoreng, lalu matang dicampur dengan serundeng. Kemudian dipadukan dengan nasi hangat untuk menjadi nasi krawu yang lezat. Mudah bukan?

Mie Kocok dari Bandung

Jika mencari makanan khas daerah yang lebih mudah dibuat dibandingkan nasi krawu, kamu bisa memilih mie kocok. Selain mudah dibuat, mie kocok juga memiliki cita rasa gurih dan otentik.

Satu mangkok mie kocok biasanya terdiri dari mie gepeng, tauge, dan juga kikil untuk menambah cita rasa gurih. Guyuran kuah segar yang terkesan ringan membuat mie kocok begitu disukai. Kamu bisa membuat mie kocok untuk menu sarapan atau makan siang keluarga di rumah.

Gado-Gado dari Betawi

Makanan khas daerah yang mudah dibuat selanjutnya adalah gado-gado. Banyak yang mengatakan makanan khas Betawi ini sebagai saladnya Indonesia. Pasalnya gado-gado berisi banyak sayuran seperti kangkung, kacang panjang, tauge, labu siam, timun, hingga kentang.

Semua bahan-bahan dimasak dengan cara dikukus terlebih dahulu. Setelah itu, sayuran akan disiram dengan bumbu dari kacang tanah dan cabai. Sangat lezat dan menggugah selera.

Bakpia Kukus dari Jogja

Bakpia yang dipanggang mungkin cukup merepotkan untuk kamu buat sendiri. Tapi bakpia kukus dari Jogja ini lebih sederhana dan mudah dibuat. Tidak perlu membeli pemanggang khusus, karena kamu hanya perlu memakai kukusan yang ada di rumah saja. Bahan-bahan untuk membuat bakpia kukus sangat mudah didapatkan yaitu tepung terigu, gula, margarin, susu, telur, dan ovalet.

Kamu juga perlu menyiapkan isian dari bakpia. Isiannya bisa berupa keju, kacang hijau, atau coklat. Buat adonan bakpia dari bahan-bahan yang sudah disiapkan, lalu masukkan isian di dalamnya. Selanjutnya baru dikukus selama kurang lebih 10 menit saja. Sangat mudah dibuat, cepat, dan rasa bakpia kukusnya juga lezat.

Lempah Ikan Tenggiri dari Bangka Belitung

Lempah ikan tenggiri adalah makanan khas Bangka Belitung yang menggunakan bahan ikan tenggiri. Cita rasa otentik hadir dari bumbu kuah kuning yang disiram pada ikan tenggiri.

Selain itu, lempah ikan tenggiri juga memakai belimbing wuluh untuk menambah cita rasa dan menghilangkan bau amis dari ikan. Ikuti resep yang ada, dijamin kamu bisa membuatnya. Jangan lupa menyantap lempah ikan tenggiri khas Bangka Belitung dengan nasi putih hangat dan kerupuk.

Rujak Buah dari Jawa Barat

Rujak buah khas Jawa Barat adalah makanan khas ringan yang sering dijadikan camilan. Beragam buah yang dipakai untuk membuat rujak bisa disesuaikan dengan selera. Kamu bisa memakai buah bengkoang, pepaya, jambu air, nanas, kedondong, dan mangga muda.

Selanjutnya buat saus dengan bahan berupa kacang tanah, cabe rawit, gula merah, terasi, dan asam jawa. Bumbu yang kamu buat bisa langsung disiram di atas buah yang telah dipotong-potong.

Pecel dari Madiun

Rekomendasi makanan khas daerah yang paling simple dan bisa dibuat oleh siapa saja adalah pecel. Pecel dari Madiun adalah yang paling populer dengan cita rasa yang dirindukan. Pecel mirip dengan gado-gado karena memakai saus kacang.

Hanya saja biasanya gado-gado dipadukan dengan lontong. Sementara pecel dipadukan dengan nasi putih hangat. Jangan lupa tambahkan kerupuk atau peyek agar lebih lezat. Hanya dalam waktu kurang lebih 30 menit kamu sudah bisa membuat pecel Madiun yang khas.

Gudeg dari Jogja

Gudeg Jogja termasuk makanan khas daerah yang legendaris dan sering dirindukan banyak orang. Apakah kamu juga merindukan makanan ini? Tidak perlu berkunjung ke jogja, kamu bisa membuat gudeg di rumah dengan mudah. Pasalnya makanan khas Jogja ini menjadi salah satu makanan khas daerah yang mudah dibuat.

Bahan pokok untuk membuat gudeg adalah nangka muda atau warga Jogja lebih mengenalnya dengan nama gori. Sementara bumbu khasnya berupa lada, ketumbar, dan kemiri. Tambahkan kerupuk kulit jika ingin rasa gudeg buatanmu lebih otentik.

Sate dari Ponorogo

Sate dari Ponorogo Jawa Timur memiliki cita rasa yang mudah untuk dirindukan. Biasanya daging yang dipakai untuk membuat sate khas Ponorogo adalah daging ayam. Jadi kamu bisa menemukannya dengan mudah dan harganya pun terjangkau. Langkah pertama yaitu filet daging ayam terlebih dahulu, lalu langsung ditusuk memakai tusuk kayu.

Sembari membakar sate, kamu bisa menyiapkan bumbunya. Bumbu sate khas Ponorogo berupa kacang tanah, bawang putih dan merah, kemiri, garam, gula, ketumbar, serta merica. Setelah bumbunya halus, kamu bisa menyiramnya di sate ayam bakar. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis dan kecap untuk cita rasa otentik.

Itulah pilihan makanan khas daerah yang mudah dibuat sendiri di rumah. Bahan untuk membuatnya pun mudah ditemukan di pasar, jadi kamu tidak perlu pusing-pusing mencari. Semoga berhasil ya

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.