MenuKuliner.net

Daftar Rekomendasi Makanan khas Serang yang Unik dan Lezat

Diposting pada 24 November 2023

Indonesia memang kaya akan berbagai budaya dan makanan khas. Biasanya, beberapa makanan khas dari Indonesia kaya akan rempah, sehingga menjadi ciri khas tersendiri. Salah satu daerah yang memiliki makanan khas berempah ialah Serang. Selain berempah, makanan khas Serang pun sangat unik dan lezat.

Kamu bisa menemukan berbagai makanan berkuah, makanan berat, sampai camilan yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Menariknya, Serang juga memiliki banyak tempat wisata, sehingga bisa sekalian berlibur dan berburu makanan di sini.

Makanan Khas Serang

Kadang, ketika berkunjung ke suatu tempat sering bingung mau mencicipi makanan apa. Nah, untuk kamu yang masih bingung mau mencoba apa saja, berikut terdapat daftar makanan khas dari Serang yang wajib dicoba.

Pecak Bandeng

Makanan khas Serang yang pertama ialah pecak bandeng. Makanan yang terbuat dari 2 bahan utama ini sangat cocok disantap ketika makan siang. Sesuai dengan namanya, bahan utama yang digunakan ialah bandeng dan pecak. Pecak ialah salah satu jenis sambal yang sudah dilengkapi dengan irisan dari jeruk nipis.

Untuk proses pembuatannya, bandeng akan dibakar terlebih dahulu. Setelahnya, akan langsung dicampur dengan sambal pecak. Sehingga akan menghasilkan rasa khas yang pedas dan segar. Makanan ini biasanya akan disajikan dengan nasi hangat dan lalapan.

Sate Bandeng

Selain pecak bandeng, kamu juga bisa mencoba mencicipi sate bandeng. Tidak perlu khawatir akan durinya, sebab sate bandeng khas Serang tidak memiliki duri sama sekali. Sehingga, akan sangat mudah disantap oleh siapa pun.

Dalam proses pembuatan makanan khas Serang ini, daging ikan bandeng akan dihancurkan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar daging bisa terpisah dari kulitnya. Setelah dihancurkan, daging ikan akan dicampur dengan rempah dan santan. Selanjutnya, akan dimasukkan ke dalam kulit ikan bandengnya.

Nasi Bakar Sumsum

Kalau sedang mampir ke Serang, jangan lupa juga untuk mencicipi nasi bakar sumsum. Sesuai dengan namanya, nasi ini akan dicampur dengan sumsum kerbau dan rempah terlebih dahulu sebelum akhirnya dibakar. Untuk penggunaan nasinya, biasanya menggunakan nasi kuning yang dilengkapi dengan sambal.

Seperti nasi bakar pada umumnya, sudah pasti akan dibungkus dengan daun pisang terlebih dahulu. Dengan perpaduan sumsum, rempah, dan nasi, akan menghasilkan rasa yang khas. Selain itu, aromanya pun sangat menggugah selera, sudah pasti akan sangat disukai banyak orang.

Angeun Lada

Makanan khas Serang yang selanjutnya ialah angeun lada. Makanan ini sudah menjadi menu wajib di hari-hari besar. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, angeun artinya sayur dan lada artinya pedas. Maka, bisa diartikan bahwa angeun lada ialah sayur yang pedas.

Bahan utama dari makanan ini ialah babat sapi yang dicampur dengan sayuran dan daun walang. Untuk bumbu yang digunakan pada kuahnya antara lain bawang merah, kemiri, bawang putih, dan kencur. Cita rasanya yang pedas dan gurih bisa membuat siapa saja ketagihan.

Rabeg

Kalau makanan yang satu ini merupakan makanan sultan. Sebab, Sultan Maulana Hasanuddin sangat menggemari makanan ini. Rabeg sendiri merupakan makanan yang terbuat dari daging kambing atau daging sapi. Tampilannya memang terlihat seperti semur, tetapi rempah yang digunakan lebih banyak.

Meskipun dalam pengolahannya tidak menggunakan santan, tetapi makanan khas Serang ini tetap memiliki cita rasa yang gurih, pedas, dan manis. Akan sangat nikmat jika menyantap rabeg dengan nasi yang masih hangat.

Sambal Buroq

Serang juga memiliki sambal khas yang diberi nama sambal buroq. Sambal ini sangat mudah ditemukan pada hari raya atau acara besar, seperti acara pernikahan, muludan, dan lain sebagainya. Umumnya, sambal buroq sendiri akan disajikan dengan opor, semur, atau rabeg.

Sambal ini terbilang sangat unik, karena bahan utamanya ialah kulit buah melinjo. Dalam proses pembuatannya, kulit buah melinjo akan dibumbui dengan beberapa rempah, seperti bawang putih, kemiri, bawang merah, dan daun salam. Sambal buroq biasanya dijadikan sebagai pelengkap makan.

Ketan Bintul

Makanan khas Serang selanjutnya yang bisa kamu cicipi ialah ketan bintul. Di mana, makanan ini memiliki bahan utama berupa beras ketan. Beras ketan tersebut akan diolah menjadi bentuk bulat pipih atau persegi. Untuk proses memasaknya, biasanya dikukus dengan santan kental.

Makanan yang memiliki cita rasa gurih dan lembut ini biasa disajikan dengan serundeng. Biasanya, ketan bintul akan sangat mudah ditemukan pada bulan Ramadhan, karena sangat cocok dijadikan sebagai makanan untuk berbuka puasa.

Gerem Asem

Makanan lain yang bisa kamu cicipi ialah gerem asem. Makanan dengan bahan utama daging bebek atau ayam ini memiliki cita rasa yang asam dan pedas. Meskipun rasanya pedas dan asam, tetapi tidak akan membuat perut kamu bermasalah.

Makanan khas Serang ini sekilas memang terlihat seperti sop. Terlebih memiliki campuran sayuran dan cabai rawit di dalamnya. Dalam penyajiannya, gerem asem biasanya akan diberi perasan jeruk nipis untuk membuat rasanya lebih segar.

Pasung Merah

Bosan dengan makanan berat? Tenang saja, Serang juga memiliki makanan ringan yang unik. Salah satu di antaranya ialah pasung merah. Makanan yang merupakan jajanan pasar ini biasa disajikan pada acara syukuran, khitanan, atau pernikahan.

Pasung merah sendiri merupakan makanan yang terbuat dari campuran tepung beras dan gula merah. Makanan yang memiliki tekstur kenyal dan wangi ini biasanya akan dibungkus menggunakan daun pisang dan dibentuk kerucut corong.

Itulah beberapa daftar makanan khas Serang yang sangat unik dan lezat.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.