MenuKuliner.net

Rekomendasi Makanan Khas Surabaya Yang Enak dan Wajib Dicoba

Diposting pada 16 Juni 2023

Kota Surabaya identik dengan julukannya sebagai kota Pahlawan yang memiliki sejarah panjang tentang peristiwa 10 November 1945. Sebagai kota terbesar nomor dua sesudah Jakarta, Surabaya selalu disibukkan dengan ragam aktivitas bisnis warganya. Ia memiliki beraneka ragam tempat wisata menarik, sekaligus makanan khas Surabaya yang menggugah selera.

Liburan ke Surabaya seringkali menjadi pilihan bagi banyak orang yang ingin menghibur diri. Wisatawan bisa memilih apakah ingin menikmati wahana modern atau mengeksplorasi alamnya yang cantik. Sembari berkeliling di Surabaya, jangan lupa mencicipi beraneka ragam kuliner khasnya.

Makanan khas Surabaya terdiri dari makanan berat dan jajanan yang pas buat oleh-oleh. Tanpa panjang lebar, mari disimak pembahasan selengkapnya pada artikel berikut.

Ragam Makanan Khas Surabaya yang Enak dan Mudah Dijumpai

Teruntuk Anda yang sedang berada di Surabaya untuk keperluan bisnis atau liburan, maka jangan mau ketinggalan mencoba wisata kuliner Surabaya. Ada banyak menu makan malam, makan siang atau sarapan di pagi hari yang bikin nagih. Adapun pilihannya kurang lebih seperti dibawah:

Rawon Surabaya

Rawon Surabaya makanan khas surabaya

Rawon Surabaya adalah kuliner wajib yang tidak boleh luput dari perhatian Anda selama berkunjung ke kota pahlawan. Ciri khas rawon surabaya adalah kuahnya hitam pekat dan dilengkapi irisan daging sapi empuk.

Rawon sebenarnya adalah makanan khas Jawa Timur yang berasal dari Ponorogo. Namun, keberadaannya terus menyebar sampai berbagai daerah termasuk Surabaya.

Rawon identik dengan kuahnya yang berwarna hitam pekat, karena dicampur dengan kluwek. Harga rawon surabaya dibanderol mulai dari Rp. 28 ribu per porsi.

Rujak Cingur

Rujak Cingur makanan khas surabaya

Rujak cingur adalah makanan khas Surabaya yang berasal dari bagian hidung sapi. Bagi Anda yang menyukai pedas dan kebetulan ingin mengisi perut biar kenyang, maka bisa memesan rujak cingur.

Bagi yang belum tahu, cingur adalah moncong sapi rebus yang biasa diolah menjadi ragam menu makanan termasuk rujak cingur. Di kota Surabaya, Anda bisa memilih rujak cingur matengan dan rujak cingur mentah.

Rujak cingur matengan menggunakan bahan dasar yang terdiri dari cingur dan sayur rebus seperti kacang panjang, taoge, kangkung. Tidak lupa diberi tambahan berupa lontong, tempe goreng dan tahu goreng.

Semua itu kemudian disiram sambal kacang yang terbuat dari gula merah, kacang tanah goreng, cabe dan petis udang. Adapun rujak cingur mentah menggunakan buah sebagai pengganti sayur rebus, seperti kedondong, timun, mangga muda, bengkuang dan nanas.

Sate Karak

Sate Karak makanan khas surabaya

Sate karak adalah salah satu makanan khas Surabaya yang legendaris dan harus banget dicoba ketika berkunjung kesana. Karak sendiri merupakan sebutan untuk nasi sisa yang dikeringkan, namun kali ini tidak demikian.

Sate karak menggunakan bahan dasar berupa jeroan sapi, biasanya usus. Sebelum dibakar menjadi sate, usus tersebut dimarinasi dengan bumbu spesial terlebih dahulu.

Setelah menjadi sate, kemudian dihidangkan bersama ketan hitam dan parutan kelapa. Sebagai tambahan, ada bubuk kedelai pedas yang membuat rasanya semakin mantap. Seporsi sate karak surabaya dijual seharga Rp. 13 ribu.

Sate Klopo

Sate Klopo makanan khas surabaya

Dalam bahasa Jawa, klopo berarti kelapa. Namun, hidangan ini bukanlah kelapa yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk untuk kemudian dibakar menjadi sate. Kelapa tidak lebih hanya sebagai bumbu pelengkap saja.

Sate klopo tetap menggunakan bahan dasar berupa daging sapi, daging ayam atau jeroan. Sebelum dibakar, daging yang sudah ditusuk ditaburi parutan kelapa dahulu. Barulah kemudian dikabar seperti sate pada umumnya.

Makanan khas Surabaya kali ini bercitarasa gurih dan sangat lezat. Harga seporsi sate klopo adalah Rp. 20 ribu isi 10 tusuk. Biasa disajikan bersama sepiring nasi hangat.

Sego Sambel

Sego Sambel makanan khas surabaya

Tidak sulit rasanya mencari makanan khas Surabaya yang enak, karena hampir semuanya cocok untuk memuaskan lidah. Salah satu yang wajib dicoba adalah sego sambel. Anda bisa menemukannya di warung pinggir jalan sampai restoran mewah.

Dalam bahasa Indonesia, sego sambel berarti nasi sambal. Tidak salah lagi, hidangan Surabaya kali ini berupa nasi putih hangat yang dilengkapi telur dadar, ikan-ikanan, ayam goreng suwir, tahu goreng dan tempe goreng, kemudian disiram sambal pedas diatasnya.

Penggemar masakan pedas tidak boleh sampai melewatkannya. Sego sambel biasa dijual dengan harga mulai dari Rp. 20 ribu per porsi.

Tahu Tek

Tahu Tek makanan khas surabaya

Tahu telur atau lebih populer dengan sebutan tahu Tek adalah makanan khas Surabaya berikutnya yang siap menemani jelajah kuliner di kota pahlawan. Soal citarasa tidak perlu ditanyakan lagi, karena sudah pasti lezat dan bikin lidah dimanjakan.

Tahu tek adalah hidangan yang terdiri dari telur, potongan tahu goreng, tauge, kentang dan lontong yang disiram saus kacang bumbu petis. Secara sekilas mirip seperti lotek dan gadot.

Disebut tahu telur karena tahu dimasukkan terlebih dahulu ke telur sebelum akhirnya digoreng. Adapun tahu tek diambil dari bunyi gunting pedagang ketika memotong tahu dengan asal. Kelezatannya wajib dicoba oleh penggemar pedas.

Soto Madura atau Soto Gubeng

Soto Gubeng makanan khas surabaya

Soto gubeng siap menjadi santapan lezat bagi Anda yang sedang berlibur di Surabaya dan cocok dinikmati di segala kondisi. Baik itu menjadi hidangan sarapan, makan siang atau makan malam. Disebut sebagai soto gubeng karena mengambil salah satu stasiun kereta api paling ramai di Surabaya.

Sute gubeng berbahan dasar potongan daging sapi, jeroan atau daging ayam. Kemudian dicampur dengan taburan bawang goreng, irisan daun bawang, jeruk nipis, kuah kaldu nikmat dan sambal.

Makanan khas Surabaya ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Disajikan dengan kuah hangat membuat citarasanya semakin spesial.

Bubur Madura

Bubur Madura makanan khas surabaya

Selain menghadirkan menu utama, makanan khas Surabaya juga memiliki menu dessert tradisional. Namanya adalah bubur madura yang terdiri dari campuran mutiara, bubur sumsum, ketan hitam dan cenil yang disajikan diatas daun pisang.

Bubur madura bertekstur lembut dan citarasanya manis, membuat siapapun pasti menyukainya.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang rekomendasi makanan khas Surabaya yang bercitarasa lezat dan wajib buat dicoba. Jangan lupa mencicipi salah satu kuliner diatas ketika sedang berlibur ke kota pahlawan.

Mulai dari segi sambel, tahu tek, sampai rujak cingur sangat cocok bagi pecinta pedas. Sebagai penetralisir rasa pedas, Anda bisa mencoba bubur madura.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.