MenuKuliner.net

Beraneka Macam Makanan Khas Jambi Yang Terkenal dengan Rasanya Lezat

Diposting pada 18 Juni 2023

Jambi adalah sebuah provinsi di bagian tengah Pulau Sumatera yang memiliki luas 305,38 kilometer persegi. Masih satu rumpun dengan Melayu, membuat kebudayaan yang berkembang di Jambi identik dengan kebudayaan Melayu. Meski bukan daerah yang populer dengan pariwisatanya, namun ada beragam makanan khas Jambi yang siap memanjakan lidah Anda.

Jika bicara kuliner khas Jambi, kita bisa menemukan banyak sekali olahan ikan. Sebab, Jambi dikelilingi oleh banyak sungai di berbagai penjuru kota. Selain itu, ciri khas lain dari kulinernya adalah berkuah kental dan dilengkapi beraneka macam rempah.

Daripada sekedar penasaran, mari kita cari tahu selengkapnya makanan khas Jambi yang wajib buat dicicipi.

Ragam Makanan Khas Jambi yang Terkenal Lezat dan Wajib Dicoba

Jambi memiliki kuliner khas yang sebenarnya sudah cukup populer di kota lain sekitarnya, yaitu tempoyak. Selain tempoyak, tentu masih ada banyak pilihan tepat untuk memanjakan lidah dan dibawa pulang untuk oleh-oleh. Adapun beberapa pilihannya sebagai berikut:

Tempoyak

Tempoyak makanan khas jambi

Tempoyak adalah makanan khas Jambi berupa durian yang difermentasi. Ia memiliki cita rasa khas dan aroma yang lebih menyengat. Masyarakat Jambi biasa mencampurkan tempoyak sebagai bahan pembuatan sambal.

Tempoyak bercitarasa asam khas dan bertekstur lembek. Selain digunakan untuk membuat sambal, tempoyak biasa dihidangkan sebagai lauk dan dimakan dengan nasi hangat.

Tempoyak bisa ditemukan di beberapa daerah di Sumatera, mulai dari Lampung, Palembang dan Jambi. Anda jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencobanya.

Daging Masak Hitam

Daging Masak Hitam makanan khas jambi

Daging masak hitam adalah makanan khas Jambi yang mirip seperti semur di Jakarta. Keduanya sama-sama memiliki kuah hitam pekat dengan rasa manis gurih yang bikin nagih.

Daging masak hitam berbahan dasar daging sapi yang kemudian dicampurkan ke dalam kuah hitam. Bumbu yang dipakai untuk membuat kuah ini terdiri dari adas manis, jintan, kayu manis, ketumbar, lada putih bubuk, pala bubuk, kecap manis, garam dan santan.

Ada juga bumbu halus seperti jahe, kemiri, bawang putih, bawang merah, lengkuas dan batang serai. Bumbu ini digoreng dahulu, baru dicampurkan ke bumbu utama.

Dengan semua bahan yang digunakan untuk membuatnya, daging masak hitam penuh rasa dan sangatlah lezat.

Kue Padamaran

Kue Padamaran makanan khas jambi

Kue Padamaran adalah jajanan tradisional khas Jambi yang terbuat dari santan dan tepung beras. Ia berwarna hijau karena diberi tambahan daun suji. Kue ini bertekstur lembut mirip seperti bubur sumsum dan bercitarasa gurih.

Perbedaan antara bubur sumsum dengan kue padamaran adalah penggunaan kinca gula merahnya. Bubur sumsum hanya menambahkan kinca gula merah dibagian atas, sedangkan kue padamaran menjadikannya sebagai salah satu bahan dasar.

Selain menikmati disana, Anda juga bisa membawa pulang kue padamaran sebagai makanan makanan khas Jambi untuk oleh-oleh.

Gulai Tepek Ikan

Gulai Tepek Ikan makanan khas jambi

Gulai tepek ikan adalah salah satu menu adat khas Jambi yang biasa dihidangkan di acara-acara tertentu, baik itu acara keagamaan atau pernikahan. Namun jangan khawatir, Anda juga bisa membelinya di rumah makan yang ada di Jambi.

Sesuai namanya, kuliner ini merupakan perpaduan antara dua masakan sekaligus. Yaitu tepek ikan yang mirip seperti pempek Palembang dan kuah gulai.

Tekstur kenyal yang berpadu dengan kuah gulai kental dan kaya rempah terasa begitu istimewa. Oleh karena itu, jangan sampai lupa mencicipi gulai tepek ikan.

Bolu Kojo

Bolu Kojo makanan khas jambi

Makanan khas Jambi untuk oleh-oleh berikutnya adalah bolu kojo yang sangat populer di daerah Sumatera Selatan. Mulai dari Jambi, Palembang dan Bengkulu, masyarakatnya sudah cukup familiar dengan kue satu ini.

Yang unik dari bolu kojo adalah bentuknya mirip seperti bunga kamboja. Bentuk tersebut diperoleh dari cetakan kue yang memang sengaja dibuat menyerupai bunga kamboja.

Pempek

Pempek makanan khas jambi

Empek empek adalah makanan khas Palembang yang sudah menjadi ikon di Indonesia. Namun, jajanan ini juga sangat digemari oleh masyarakat Jambi. Anda bisa menemukan pempek di Jambi yang sedikit berbeda dari pempek Palembang.

Pempek Jambi tidak disajikan bersama sambal, melainkan cuka. Bagi yang belum tahu, pempek adalah makanan berbahan dasar daging ikan giling dan dicampur dengan tepung sagu atau tepung kanji.

Campuran antara tepung kanji dan ikan giling halus kemudian diberi bumbu lain, seperti garam, penyedap rasa, bawang putih halus dan telur.

Mie Celor

Mie Celor makanan khas jambi

Apakah Anda sedang mencari varian mie khas Jambi? Kalau begitu, pergilah untuk membeli mie celor. Hidangan satu ini berkuah kental yang dilengkapi daun sop, seledri dan padanan tauge.

Mie celor biasa dihidangkan bersama potongan telur rebus dan bawang goreng sebagai pelengkap. Tidak lupa sambal yang bisa Anda tambahkan sesuai selera. Mie celor memiliki cita rasa khas yang nampol di lidah. Sayang rasanya apabila sampai melewatkan mie celor.

Cumi Cah Kangkung

Cumi Cah Kangkung makanan khas jambi

Jambi merupakan daerah pesisir pantai yang memiliki ragam hasil laut melimpah. Tentu saja ini membuat ada menu seafood yang bisa Anda cicipi selama liburan di Jambi. Yaitu cumi cah kangkung yang bikin banyak orang merasa ketagihan.

Makanan khas Jambi ini berbahan dasar cumi segar dan daun kangkung, kemudian diolah dengan bumbu khusus. Cumi cah kangkung biasa dihidangkan bersama nasi hangat dan cocok disantap sebagai menu makan siang.

Gulai Terjun

Gulai Terjun makanan khas jambi

Gulai terjun adalah hidangan sehari-hari masyakarat Jambi yang biasa ada ketika acara sunatan, perkawinan dan acara adat lainnya. Gulai ini berbahan dasar daging kambing, daging kerbau dan daging sapi.

Yang unik dari gulai terjun adalah kuahnya encer dan tidak dibuat kental sebagaimana kuah gulai pada umumnya. Ia biasa dihidangkan bersama umbut kelapa yang membuat citarasanya semakin gurih.

Demikianlah pembahasan mengenai ragam makanan khas Jambi yang wajib buat dicicipi. Ada olahan mie celor yang lezat, cumi cah kangkung sebagai menu seafood dan bolu kojo sebagai oleh-oleh. Selamat menjelajahi kuliner khas yang menggugah selera.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.