MenuKuliner.net

Beraneka Macam Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Ikonik dan Bikin Ngiler

Diposting pada 30 Juli 2023

Makanan khas Sulawesi Selatan menjadi satu hal yang harus Anda coba ketika berkunjung ke salah satu kotanya. Tidak ubahnya seperti daerah lain di Indonesia, Sulawesi Selatan memiliki kuliner khas dari berbagai kotanya. Seperti kota Makassar yang memiliki banyak daya tarik berupa tempat wisata maupun kuliner.

Jika membahas kuliner Sulsel, maka yang paling ikonik adalah coto makassar. Selain hidangan berupa soto, pastinya masih ada banyak ragam kuliner lezat yang bisa Anda cicipi.

Makanan khas Sulawesi Selatan memiliki ciri berupa rasanya yang lebih kuat, karena dibumbui berbagai macam rempah. Lidah Anda seolah tidak ada habisnya dipuaskan oleh setiap hidangan yang tersedia.

Ragam Pilihan Makanan Khas Sulawesi Selatan Yang Bikin Lidah Bergoyang

Sulawesi Selatan memiliki banyak alasan mengapa wisatawan harus mengunjunginya. Mulai dari deretan keindahan alamnya yang menarik, sampai kota Makassar yang menjadi pusat bisnis. Jangan sia-siakan kesempatan Anda untuk mencicipi kuliner khas yang ditawarkan, beberapa pilihannya seperti berikut:

Nasi Palekko

Nasi Palekko makanan khas Sulawesi Selatan

Nasi Palekko adalah makanan khas Sulawesi Selatan yang umumnya berbahan dasar daging bebek dan diolah sedemikian rupa dengan bumbu pilihan, sehingga tercipta seperti rendang. Daging bebek yang dipilih harus berasal dari bebek muda, agar bertekstur empuk.

Nasi palekko mungkin masih belum begitu familiar, namun soal cita rasa sudah pasti sedap. Selain daging bebek, bisa juga dibuat dari daging sapi. Anda bisa menemukannya dengan mudah di Kabupaten Wajo, Pirang, Pangkajene dan Pinrap.

Sop Konro

Sop Konro makanan khas Sulawesi Selatan

Sop konro adalah makanan khas Sulawesi Selatan berbahan dasar daging sapi atau iga sapi yang memiliki kuah kental hitam. Daging atau iga sapi yang digunakan untuk membuatnya direbus terlebih dahulu sampai benar-benar empuk.

Kuah hitam kental yang melengkapinya memiliki cita rasa sangat kuat, berkat penggunaan berbagai macam rempah. Menyantapnya bersama sepiring nasi hangat pasti mantuk banget.

Jalangkote

Jalangkote makanan khas Sulawesi Selatan

Jalangkote adalah makanan khas Sulawesi Selatan yang biasa menjadi camilan sehari-hari. Jalangkote ini sangat mirip seperti kue pastel, mulai dari rasa sampai isian. Yaitu terdiri dari suwiran daging, bihun, telur rebus, kentang dan wortel.

Yang membedakan keduanya adalah jalangkote menggunakan kulit lebih tebal. Ia biasa dihidangkan bersama saus berbahan cabai dan cuka. Sayang banget deh apabila Anda sampai melewatkannya.

Coto Makassar

Coto Makassar makanan khas Sulawesi Selatan

Ini dia ikon makanan khas Sulawesi Selatan yang bercitarasa sangat lezat. Kepopuleran coto makassar membuatnya mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, namun menikmati di tempat asalnya pasti lebih berkesan.

Coto makassar berbahan dasar jeroan sapi atau daging sapi. Pertama-tama, dimulai dengan merebus kacang tanah halus dan jeroan sapi menggunakan air mencuci beras. Setelah matang, barulah kemudian dimasukkan ke dalam kuah yang penuh rempah. Coto makassar paling nikmat dihidangkan bersama buras atau ketupat.

Kapurung

Kapurung makanan khas Sulawesi Selatan

Jika Maluku dan Papua memiliki papeda sebagai makanan khas berbahan dasar tepung sagu, maka Sulawesi Selatan memiliki kapurung. Hidangan ini dibuat dari tepung sagu yang dimasak bersama daging, ikan dan sayuran.

Makanan berkuah kuning dengan isian sayuran yang lengkap ini mudah ditemukan di berbagai daerah di Sulsel. Seperti Kabupaten Luwu Utara, Luwu Timur, Palopo dan Luwu. Saking terkenalnya, kapurung biasa dijual mulai dari pedagang kaki lima sampai di restoran mewah.

Pisang Epe

Pisang Epe makanan khas Sulawesi Selatan

Pisang epe adalah makanan khas Sulawesi Selatan berbahan dasar pisang kepok yang diolah dengan cara dibakar. Masyarakat setempat biasa mengonsumsi pisang epe sebagai kudapan sehari-hari. Cita rasanya yang manis dan sedikit gurih membuatnya begitu lezat dinikmati sembari bersantai.

Pisang kepok yang dipilih adalah pisang setengah matang. Pertama-tama, ia dibakar sembari dibolak-balik. Selanjutnya, pisang ditindih sampai pipih. Pisang yang pipih kemudian dibakar kembali sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan.

Pisang bakar yang sudah matang ditaruh diatas piring dan disiram gula merah cair. Menyantap pisang epe paling pas bersama segelas kopi atau teh hangat. Aroma pisang bakar dan rasa manis saus gula merah benar-benar berpadu sempurna.

Gogoso

Gogoso makanan khas Sulawesi Selatan

Gogoso adalah makanan khas Sulawesi Selatan yang menjadi hidangan favorit ketika lebaran. Tepatnya merupakan khas orang bugis Makassar. Karena cukup populer dan ikonik, sangat sayang apabila sampai melewatkannya.

Gogoso berbahan dasar ketan yang diberi isian daging. Beras ketan tersebut dikukus sampai matang, baru kemudian dibakar di bara api. Jika Anda sudah pernah melihat lemper bakar, maka seperti itulah gogoso. Anda bisa dengan mudah menemukannya di penjual makanan pinggir jalan, khususnya di sekitar pantai losari.

Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo makanan khas Sulawesi Selatan

Siapa bilang makanan khas Sulawesi Selatan hanya berupa makanan berkuah santan gurih? Jangan salah, ada lho kudapan yang menyegarkan bernama es pisang ijo. Cocok banget menjadi pelepas dahaga setelah seharian jalan-jalan.

Bahan dasarnya adalah pisang yang dibalut tepung hijau dan dikukus didalam dandang. Setelah itu, dipotong-potong dan dimasukkan kedalam santan kental, sirup merah, bubur sumsum dan diberi es.

Barongko

Barongko makanan khas Sulawesi Selatan

Masih dari pisang, rekomendasi makanan khas Sulawesi Selatan berikutnya adalah barongko. Barongko merupakan kependekan dari barangku mua udoko atau dalam bahasa Indonesia berarti barangku sendiri yang dibungkus.

Diberi nama seperti itu karena barongko berbahan dasar pisang dan dibungkus dengan daun pisang. Bahan-bahan yang biasa dipakai untuk membuatnya terdiri dari pisang kepok, garam, gula pasir, santan dan telur. Cita rasa yang ditawarkan oleh barongko adalah gurih, lezat dan manis berpadu menjadi satu. Jangan sampai lupa buat mencicipinya agar jelajah kuliner Anda semakin lengkap.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai berbagai macam makanan khas Sulawesi Selatan yang sayang dilewatkan dan wajib buat dicicipi. Jika menginginkan makanan berat, maka ada coto makassar dan sop konro. Sebagai makanan ringan atau kudapan, ada es pisang ijo, barongko dan pisang epe.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.