MenuKuliner.net

12 Makanan Khas Sukabumi yang Paling Cocok Untuk Dijadikan sebagai Oleh-Oleh

Diposting pada 24 November 2023

Ada banyak destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi di Sukabumi. Berwisata ke kota ini tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba berbagai makanan khas Sukabumi yang terkenal melegenda.

Makanan Khas Sukabumi

Sukabumi memiliki berbagai pilihan kuliner khas yang tentunya wajib untuk dicoba. Beberapa di antaranya bahkan menjadi buruan wajib bagi wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Lantas, apa saja makanan khas Sukabumi yang paling cocok dijadikan sebagai oleh-oleh?

Mochi

Makanan khas Sukabumi pertama yang paling populer dijadikan oleh-oleh adalah mochi. Saking populernya, kamu bisa menemukan makanan yang satu ini di setiap toko oleh-oleh yang ada di Sukabumi. Panganan enak ini menjadi buah tangan favorit wisatawan karena memiliki bentuk yang mungil dengan tekstur lembut dan kenyal. Bahkan, saat ini mochi khas Sukabumi memiliki berbagai macam rasa baru, mulai dari cokelat, durian, stroberi, dan masih banyak lagi yang bisa dinikmati.

Kue Jahe

Selain mochi, kue jahe merupakan makanan lain yang bisa dijadikan sebagai buah tangan ketika kamu berkunjung ke Sukabumi. Makanan yang satu ini termasuk ke dalam jajaran kue legendaris yang sudah ada sejak zaman dahulu. Rasanya yang manis dan sedikit hangat sangat cocok dijadikan sebagai teman minum teh di sore hari.

Roti Priangan

Roti priangan merupakan salah satu panganan melegenda yang sudah ada sejak tahun 1943. Pada dasarnya, pembuatan roti ini sama seperti pembuatan roti pada umumnya yang menggunakan bahan dasar tepung terigu, mentega, dan susu. Namun dari segi rasa, roti priangan memiliki rasa autentik yang tidak dapat ditemukan di roti mana pun.

Sagon Bakar

Oleh-oleh khas Sukabumi selanjutnya adalah sagon bakar. Panganan yang satu ini terbuat dari tepung aci yang dicampur dengan kelapa parut, lalu diolah dengan cara dibakar. Rasanya cenderung gurih dan sedikit unik khas kelapa dengan tekstur yang renyah.

Meski memiliki rasa dan bentuk yang sederhana, tapi jangan salah, karena sekali mencoba sagon bakar akan membuatmu ketagihan. Apalagi, saat ini sagon bakar hadir dengan berbagai varian rasa, mulai dari cokelat, kopi, hingga keju.

Deblo

Makanan yang satu ini mungkin masih cukup asing di telingamu. Pasalnya, deblo termasuk ke dalam makanan khas Sukabumi yang sudah mulai langka.
Deblo terbuat dari bahan baku utama singkong yang dicampur dengan berbagai macam bumbu, seperti bawang putih, daun bawang, kunyit, garam, dan merica. Seluruh bahan tersebut kemudian dicampur lalu dibentuk bulat dan digoreng hingga berwarna kecokelatan.

Bolu Pisang

Bolu pisang juga termasuk sebagai panganan yang paling sering dijadikan sebagai oleh-oleh dari Sukabumi. Konon, makanan ini termasuk melegenda karena sudah ada sejak puluhan tahun lalu.
Seiring waktu, bolu pisang tidak hanya hadir dengan varian original saja, tetapi juga memiliki varian lain, yakni cokelat dan pandan.

Sekoteng Singapore

Meski namanya sekoteng Singapore, tapi jangan salah mengira hidangan yang satu ini berasal dari Singapore. Pasalnya, sekoteng Singapore merupakan salah satu hidangan khas yang dapat ditemukan dengan mudah di Sukabumi. Satu porsi sekoteng Singapore biasanya berisi kolang-kaling, kacang, serta biskuit yang berbentuk bulat panjang. Kuah jahenya yang manis dan hangat membuat hidangan ini sangat cocok untuk dinikmati saat musim hujan.

Serabi Durian

Siapa bilang kalau serabi hanya dapat ditemukan di Solo? Pasalnya, Sukabumi juga memiliki varian serabi yang tak kalah khas dan wajib dicoba, yakni serabi durian. Sama seperti serabi pada umumnya, serabi durian dibuat dengan menggunakan adonan tepung beras yang dipanggang di atas arang. Proses pembuatannya ini membuat makanan yang satu ini memiliki aroma dan cita rasa yang khas. Perpaduan cita rasa serabi yang gurih semakin lengkap dengan rasa durian yang manis sehingga akan membuatmu ketagihan.

Nasi Tutug Oncom

Berkunjung ke Sukabumi tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba makanan yang satu ini. Nasi tutug oncom merupakan makanan khas Sukabumi berupa nasi yang dicampur dengan oncom, lalu disajikan dengan berbagai macam lauk pelengkap. Kamu bisa menemukan makanan yang satu ini di berbagai angkringan yang ada di Sukabumi.

Bandros

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan panganan yang satu ini. Bandros merupakan salah satu makanan khas Sukabumi yang banyak dijajakan di sepanjang jalan kota ini. Panganan ini memiliki cita rasa yang manis dengan perpaduan kelapa yang gurih, sehingga tak heran jika bandros menjadi salah satu kudapan favorit masyarakat Sukabumi. Harganya yang terjangkau juga menjadi alasan lain mengapa bandros sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah tangan dari kota ini.

Pisang Cokelat Cakra

Selain bandros, panganan lain yang sering menjadi buruan wisatawan adalah pisang cokelat Cakra. Makanan ini terbuat dari bahan dasar pisang yang dibungkus dengan kulit lumpia sebelum digoreng hingga berwarna keemasan. Hal yang spesial dari panganan yang satu ini adalah varian topping-nya yang beragam dan tidak pelit membuat cita rasanya semakin legit dan nikmat.

Sate Aci

Makanan khas Sukabumi terakhir yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh adalah sate aci. Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari bahan dasar adonan tepung aci yang dibentuk bulat lalu ditusuk menggunakan lidi sebelum dibakar. Penyajian sate aci pun sama seperti sate pada umumnya, yakni disiram dengan kuah kacang dan kecap yang tentunya membuat siapa pun akan ketagihan saat menyantapnya.

Itulah beberapa daftar makanan khas Sukabumi yang bisa dijadikan referensi sebagai oleh-oleh. Semoga mencoba!

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.