MenuKuliner.net

Beraneka Macam Makanan Khas Gorontalo Bercitarasa Lezat dan Bikin Nampol Dilidah

Diposting pada 24 November 2023

Makanan khas Gorontalo yang terbuat dari aneka rempah dan bahan unik menciptakan cita rasanya tersendiri. Tidak banyak orang yang menjual dengan cita rasa khas Gorontalo di daerah lain. Sehingga, apabila Anda berkunjung kesini wajib hukumnya untuk menjelajahi ragam kuliner yang dimiliki.

Gorontalo adalah sebuah provinsi yang baru diresmikan pada tanggal 5 Desember 2020 lalu. Ia dijuluki sebagai serambi madinah karena tradisi masyarakatnya kental dengan nilai-nilai ajaran Islam. Provinsi ini memiliki banyak destinasi wisata menarik bagi para pelancong.

Selain mengagumi keindahan alam yang menawan, Anda juga perlu menjelajahi ragam makanan khas Gorontalo yang lezat.

Deretan Makanan Khas Gorontalo Paling Ikonik dan Bikin Ketagihan

Gorontalo memiliki ragam kuliner yang siap membuat Anda ketagihan. Mulai dari sekedar makanan ringan buat mengganjal perut, sampai hidangan utama yang bikin kenyang. Beberapa rekomendasi terbaiknya seperti dibawah:

Ayam Iloni

Ayam Iloni adalah ayam bakar khas Gorontalo yang menghadirkan cita rasa lebih tajam dan kaya dibandingkan ayam bakar pada umumnya. Sebab, daging ayam dilumuri bumbu khas terlebih dahulu dan dicampur santan. Setelah bumbu dirasa sudah meresap, daging ayam baru dibakar sampai matang. Tekstur daging yang lembut dan bumbu rempah meresap sempurna, membuatnya terasa legit. Tidak heran apabila ayam Iloni menjadi makanan khas Gorontalo pertama yang harus Anda cicipi.

Binte Biluhuta

Binte biluhuta adalah bahasa lokal untuk jagung yang disiram. Sesuai namanya, hidangan ini berbahan dasar jagung yang dimasak dengan bumbu khas Gorontalo. Ia diberi tambahan seafood berupa udang atau ikan cakalang. Binte biluhuta menawarkan cita rasa pedas, asin dan manis sekaligus disetiap suapannya. Bagaimana, Anda pasti merasa penasaran bukan?

Bilenthango

Bilenthango adalah makanan khas Gorontalo berbahan dasar ikan goropoa atau ikan kerapu. Ada yang unik dari kuliner satu ini, karena ikan diberi alas daun pisang ketika digoreng. Alas daun pisang tersebut bertujuan agar ikan tidak gosong selama digoreng. Ikan kerapu nantinya diberi bumbu pedas yang merupakan campuran cabai dan berbagai rempah. Tidak perlu tambahan lain, bilenthango sudah nikmat ketika dinikmati bersama sepiring nasi hangat.

Sate Tuna

Tuna adalah salah satu hasil laut terbesar di Gorontalo, sehingga tidak heran apabila banyak kuliner berbahan dasar ikan tuna. Seperti sate tuna yang terasa spesial karena dagingnya sangat lembut. Aneka macam rempah yang digunakan sebagai bumbu meresap sempurna ke dalam daging tuna. Tekstur lembut disetiap gigitan membuat sate tuna ini benar-benar spesial.

Jika datang ke Gorontalo, sayang deh kalau sampai melewatkan sate tuna. Apalagi di daerah lain masih jarang yang menggunakan ikan tuna sebagai sate. Kebanyakan masih daging ayam, sapi atau kambing.

Sashimi Tuna

Apakah Anda salah satu penggemar makanan Jepang? Provinsi Gorontalo memiliki sashimi tuna yang siap menjadi hidangan lezat. Sashimi ini menggunakan ikan tuna sebagai hidangan utama, kemudian dilengkapi wasabi, acar dan saus kecap asin. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Gorontalo dikenal sebagai penghasil ikan tuna besar. Itulah mengapa masyarakat disana membuat sashimi berbahan dasar ikan tuna.

Bubur Sagela

Makanan khas Gorontalo ini cocok menjadi menu sarapan dengan keunikannya yang membedakan dengan bubur pada umumnya. Apalagi kalau bukan tambahan ikan sagela sebagai salah satu isiannya. Jadi, Anda sekarang sudah tahu mengapa ini disebut bubur sagela. Ikan roa atau ikan sagela dipotong kecil-kecil, dikeringkan dan ditumbuk sampai halus. Kemudian ia dimasukkan ke dalam bubur, yang juga ditambahi tomat, cabai, bawang dan rempah lain.

Lalampa

Lalampa adalah kuliner khas Gorontalo yang memiliki keunikan tersendiri. Jajanan ini terbuat dari beras ketan yang dimasak bersama santan dan garam. Sebagai isiannya, lalampa diberi tambahan ikan tongkol. Sama seperti lemper, lalampa juga dibungkus dengan daun pisang. Tidak hanya dikukus sampai matang, lalampa juga dibakar kembali sebelum akhirnya dihidangkan. Makanan khas Gorontalo kali ini cocok menjadi camilan sehat untuk menunda lapar. Paling pas dinikmati di pagi atau sore hari sebagai teman segelas teh.

Sayur Putungo

Sayur putungo adalah sebutan masyarakat Gorontalo untuk sayur jantung pisang. Ia biasa dihidangkan bersama milu rebus atau milu bakar, dengan cita rasa pedas. Sama seperti di daerah lain, masyarakat Gorontalo juga sering memanfaatkan jantung pisang sebagai hidangan sehari-hari. Mulai dari sebagai lalapan, ditumis sampai dibuat sayur santan yang lezat.

Kue Pia Gorontalo

Sedang mencari makanan khas Gorontalo yang cocok dijadikan oleh-oleh? Kalau begitu, beli saja kue pia. Gorontalo memiliki kue pia dengan berbagai macam isian yang legit dan menggugah selera. Mulai dari isi durian, isi cokelat, keju dan kacang hijau. Harga kue pia gorontalo dibanderol mulai dari Rp. 68 ribu per box. Teksturnya yang renyah memberikan rasa spesial tersendiri bagi para penikmatnya.

Kue Sabongi

Kue sabongi adalah jajanan tradisional berbahan dasar singkong dan pisang. Nantinya, adonan tersebut dibuat menjadi berbagai macam bentuk dan digoreng sampai matang. Kue sabongi bertekstur padat dengan cita rasa pisang yang kuat. Jika Anda pernah mencicipi molen, maka kurang lebih seperti itu rasanya. Hanya saja ini berbahan dasar ketela, bukan tepung terigu.

Duduli

Apabila Garut memiliki dodol yang terkenal, maka Gorontalo memiliki jajanan tradisional yang kurang lebih sama. Namanya adalah duduli yang berbahan dasar ketan, gula merah dan santan. Karena menggunakan bahan yang sama, sehingga tekstur dan rasanya juga tidak jauh berbeda. Yang menjadi ciri khas dari duduli adalah menggunakan bungkus berupa daun woka. Jajanan ini bercitarasa manis dan kenyal, biasa dijadikan oleh-oleh sepulang dari Gorontalo.

Perkedel Nike

Tidak seperti perkedel pada umumnya yang dibuat dari kentang dihaluskan, perkedel nike berbahan dasar ikan nike. Bagi yang belum tahu, ikan nike merupakan ikan berukuran kecil mirip ikan teri. Cita rasa gurih terasa begitu lezat dengan tekstur khas perkedel yang bikin lidah bergoyang. Cocok dinikmati sebagi camilan sehari-hari, bersama segelas teh dan kopi.

Itu tadi adalah beraneka macam makanan khas Gorontalo yang bercitarasa lezat dan wajib buat Anda cicipi. Ada binte biluhuta, ayam Iloni dan sate tuna sebagai hidangan utama. Apabila Anda sedang mencari makanan ringan, maka ada kue sabongi, perkedel nike dan duduli.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.