MenuKuliner.net

Beraneka Macam Makanan Khas Kalimantan Tengah Yang Unik dan Pastinya Lezat

Diposting pada 24 November 2023

Makanan khas Kalimantan Tengah terdiri dari banyak pilihan yang tidak kalah lezat dari daerah lain di Nusantara, seperti Bandung, Surabaya ataupun Jogja. Dengan wilayah yang didominasi oleh sungai dan hutan, disini ada begitu banyak kuliner berbahan dasar sayur dan ikan. Hasil alam tersebut diolah sedemikian rupa sehingga menghadirkan cita rasa spesial.

Kalimantan Tengah adalah salah satu provinsi besar di Indonesia yang digadang-gadang menjadi ibu kota baru. Masyarakat yang ada disana berasal dari beberapa suku, seperti Jawa, Banjar dan Dayak. Keragaman suku ini juga menambah jenis kuliner yang dimiliki oleh Kalteng. Selain sektor pariwisata, makanan khas Kalimantan Tengah juga menarik buat dijelajahi.

Ragam Makanan Khas Kalimantan Tengah yang Bikin Lidah Bergoyang

Kalimantan Tengah memiliki kuliner lezat yang terdiri dari banyak bahan dasar. Mulai dari ikan, beras ketan, rotan dan bahkan daging kelelawar. Daripada sekedar penasaran, mari disimak pembahasan dibawah:

Ikan Jelawat Bakar

Rekomendasi makanan khas Kalimantan Tengah yang pertama untuk Anda cicipi adalah ikan jelawat bakar. Ikan jelawat merupakan jenis ikan yang hidup di perairan sungai Kalimantan. Sehingga, Anda tidak akan menemui di tempat lain.

Ikan jelawat bisa tumbuh sampai panjang mencapai 25 cm. Dengan tekstur daging lembut, membuatnya sangat pas buat dibakar. Adapun bumbu bakar yang digunakan terdiri dari serai, jahe dan bawang putih. Ikan jelawat bakar nantinya dihidangkan bersama kuah berasal dari bumbu bakarnya. Tidak lupa, diberi nasi hangat sebagai pelengkap agar semakin sempurna.

Sulur Keladi Katuk Telur

Sulur keladi katuk telur adalah makanan khas Kalimantan Tengah mirip seperti capcay, namun kali ini terbuat dari batang talas, telur dan daun katuk. Cita rasa gurih yang dimilikinya berasal dari perpaduan bumbu rempah, seperti cabai merah, bawang putih, terasi dan bawang merah. Sulur keladi bisa menjadi pilihan tepat sebagai menu makan siang Anda. Paling nikmat dihidangkan bersama nasi hangat, bisa juga ditambah lauk lain agar semakin mantap.

Kalumpe

Kalimantan Tengah memiliki sayur daun singkong khas bernama Kalumpe. Makanan ini berbahan dasar daun singkong yang dihaluskan, kemudian diberi racikan bumbu dari berbagai rempah. Yaitu berupa serai, lengkuas, bawang merah, cabai, bawang putih dan kayu manis.

Sebagai pelengkap Kalumpe, nantinya diberi taburan kacang dan teri sebagai pelengkap. Setelah siap dihidangkan, tidak lupa nasi putih dan sambal terasi untuk membuatnya semakin menggigit di lidah.

Sasangan Patin

Sasangan patin adalah makanan khas Kalimantan Tengah berbahan dasar ikan patin yang kemudian disiram bumbu kuning. Bumbu kuning ini berbahan dasar beraneka macam rempah, seperti lengkuas, kunyit, kaldu, bawang putih dan bawang merah. Kuah kuning pada sasangan patin memberikan aroma khas dan rasa lezat. Waktu paling pas buat menikmatinya adalah pada siang hari, kuahnya yang kental mampu menggugah selera.

Kenta

Salah satu kebudayaan masyarakat Dayak adalah menyelenggarakan upacara adat sebelum panen. Nah, kenta menjadi salah satu sajian yang tidak pernah absen dari upacara tersebut. Kenta berbahan dasar beras ketan yang direndam terlebih dahulu selama 4 jam. Barulah kemudian ketan disangrai dan dinikmati bersama kelapa muda dan gula merah. Masyarakat Kalimantan yang mulai jarang mengadakan upacara sebelum panen, membuat kenta lumayan susah buat ditemukan.

Bangamat

Bangmat adalah makanan khas Kalimantan Tengah non halal yang cukup mudah ditemui di sejumlah rumah makan, selain olahan daging anjing. Kuliner satu ini berbahan dasar daging kelelawar. Bagi umat muslim, pastinya tidak diperbolehkan untuk mengonsumsinya.

Bangamat menggunakan daging kelelawar sebagai bahan dasarnya, kemudian menyiramnya dengan kuah bening mirip seperti soto. Didalam seporsi bangamat tidak hanya ada daging kelelawar, namun juga isian lain seperti jantung pisang, kangkung dan wortel.

Gagatas

Berhenti sejenak dari makanan khas Kalimantan Tengah yang bikin kenyang di perut, mari kita mulai berburu jajanan khasnya. Seperti gagatas yang cocok sebagai teman minum kopi atau secangkir teh hangat. Gagatas adalah kue tradisional berbahan dasar tepung beras ketan yang dicampur gula. Cita rasa yang ditawarkan adalah manis dan agak sedikit gurih.

Hampap Intalu

Hampap intalu adalah hidangan berupa telur ceplok yang disiram kuah santan gurih. Kuah santan ini terbuat dari kunyit, lengkuas, serai dan beraneka macam bumbu rempah lain. Semuanya dimasak sampai mendidih. Hampap intalu bukan hanya makanan khas Kalimantan Tengah, namun juga banyak ditemui di Kalimantan Selatan. Sangat jarang daerah lain yang memiliki kuliner khas dengan bahan dasar telur.

Juhu Umbut Rotan

Jangan berpikir bahwa rotan hanya bisa dipakai sebagai bahan dasar pembuatan furniture, ternyata bisa juga lho diolah menjadi hidangan lezat dan bikin lidah bergoyang. Juhu umbut rotan mirip seperti gulai rebung yang penuh cita rasa rempah, hanya saja kali ini menggunakan rotan sebagai bahan dasarnya. Makanan khas Kalimantan Tengah ini biasa dihidangkan bersama potongan lontong atau nasi hangat.

Terong Mapui

Terong mapui adalah terong bakar yang dihidangkan bersama sambal serai, sambal terasi atau cabe rawit. Terong yang dipilih adalah terong ungu berukuran besar. Terong tersebut dibersihkan dahulu, baru kemudian dibakar dan dicampur sambal yang sudah disiapkan.

Terong mapui menjadi makanan khas Kalimantan Tengah yang paling cocok bagi penggemar pedas. Sambal terasi yang merah menyala terasa spesial ketika dinikmati bersama nasi hangat dan terong bakar.

Hintalu Karuang

Karuang adalah bahasa Banjar yang berarti kelelawar. Meskipun namanya seperti itu, makanan khas Kalimantan Tengah ini sama sekali tidak menggunakan daging kelelawar. Bahan dasar yang digunakan adalah tepung ketan.

Tepung ketan diolah sedemikian rupa dan bentuknya terlihat mirip seperti telur kelelawar. Nantinya, ia disiram kuah kental yang manis. Baik dari segi tekstur maupun rasa mirip seperti biji salak.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai ragam makanan khas Kalimantan Tengah yang lezat dan sayang buat dilewatkan. Ada olahan ikan yang bikin ngiler, seperti sasangan patin dan ikan jelawat bakar. Jika mencari hidangan non halal, bisa mencicipi bangamat.

Sebagai makanan ringan, maka tinggal memilih gagatas atau hintalu karuang. Semua tinggal dipilih sesuai selera masing-masing.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.