MenuKuliner.net

Daftar Makanan Khas Bangka Belitung Yang Ikonik dan Tidak Ada Duanya

Diposting pada 24 November 2023

Makanan khas Bangka Belitung mungkin belum familiar ditelinga Anda, berbeda dengan daerah lain seperti Jogja dan Jawa Barat yang memang sudah populer. Meskipun begitu, keanekaragaman kuliner yang dimiliki oleh Bangka Belitung tidak kalah menarik buat dicicipi. Anda bisa menemukan banyak makanan lezat dan bikin nagih ketika berkunjung kesini.

Bangka Belitung adalah salah satu provinsi di kepulauan Sumatera dengan ibu kota Pangkal Pinang. Ia terdiri dari dua pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Setidaknya ada 470 pulau yang menjadi bagian Bangka Belitung, sehingga banyak menawarkan destinasi wisata pantai cantik.

Selain keindahan alam, makanan khas Bangka Belitung juga menjadi daya tarik tersendiri sendiri bagi para wisatawan. Anda harus mencoba salah satunya ketika sedang liburan kesana.

Ragam Pilihan Makanan Khas Bangka Belitung yang Menggugah Selera

Bangka Belitung menyimpan keanekaragaman kuliner yang terdiri dari makanan ringan, makanan berat, sampai minuman khas menyegarkan. Apabila Anda belum mengetahui rekomendasi terbaiknya, maka bisa memilih salah satu berikut:

Rusip Bangka Belitung

Rusip adalah makanan khas Bangka Belitung berupa sambal dari ikan teri fermentasi. Ikan teri ini difermentasikan menggunakan air gula aren, garam dan air kerak nasi. Nanti diberi tambahan berupa perasan jeruk, potongan bawang merah dan irisan cabai. Proses pembuatannya yang tidak biasa menghadirkan aroma sekaligus cita rasa khusus. Rusip bangka belitung bercitarasa asin dan pedas yang bercampur menjadi satu. Cukup menambahkan sepiring nasi hangat, maka kuliner ini sudah cukup nikmat.

Belacan Belitung

Belacan belitung adalah hasil fermentasi udang rebon atau hasil laut lainnya yang memiliki cita rasa khas. Paling nikmat dihidangkan bersama sambal dan beraneka macam rempah lain. Belacan belitung jangan sampai Anda lewatkan ketika sedang wisata kuliner. Selain dinikmati selama berlibur, Anda juga bisa membawa belacan sebagai oleh-oleh.

Lempah Kuning

Lempah kuning adalah makanan khas Bangka Belitung berupa sup ikan berkuah kuning. Ikan yang biasa digunakan berupa ikan tenggiri atau ikan kakap merah. Kuah kuning yang kental begitu gurih dan kaya rempah. Sebab, kuahnya terbuat dari lengkuas, cabai merah, kunyit, bawang putih, bawang merah dan belacan. Sebagian warga Bangka Belitung bahkan ada yang menambah potongan nanas ke dalam lempah kuning, sehingga menciptakan sensasi segar. Agar semakin mantap dan menggugah selera, maka ditambah kacang kedelai dan sayuran.

Lakso Bangka Belitung

Lakso adalah mie putih yang terbuat dari campuran tepung sagu, tepung beras dan tepung terigu. Ini merupakan makanan khas Bangka Belitung yang cukup digemari oleh masyarakat setempat atau wisatawan. Kuah yang digunakan sebagai pelengkap terbuat dari kaldu ikan dan campuran rempah, seperti kemiri, ketumbar, bawang merah dan kunyit. Cita rasa yang gurih paling nikmat dinikmasi selama musim hujan atau pada malam hari. Lakso bangka belitung tidak pernah sepi peminat, sehingga Anda harus ikutan mencicipinya. Terlebih lagi bagi penggemar olahan mie.

Sup Gangan Bangka Belitung

Sup gangan adalah makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari ikan atau daging sapi, kemudian dihidangkan dengan kuah kental berbumbu rempah. Rempah yang biasa menjadi bahan utamanya terdiri dari cabai, bawang putih, bawang merah, lengkuas, kunyit dan rempah lainnya. Sebenarnya yang paling cocok menjadi bahan utamanya adalah ikan, namun beberapa orang sering menggantinya dengan daging sapi sebagai bahan utama sup gangan. Menikmatinya bersama nasi hangat sudah cukup lezat dan bikin lidah bergoyang. Terlebih lagi menyajikannya sebagai makanan pedas, menambah cita rasa ketika dinikmati didalam mulut.

Mie Koba

Mie koba adalah makanan khas Bangka Belitung yang tidak boleh luput dari perhatian Anda. Paling pas dinikmati sebagai menu makan siang bersama es teh yang menyegarkan. Selain itu, kuahnya yang hangat juga cocok sebagai menu makan malam. Mie koba memiliki ciri khas berupa kuah yang berbahan dasar ikan tenggiri. Ikan tenggiri pertama-tama direbus dahulu, kemudian digiling sampai halus dan dimasak bersama berbagai macam rempah. Rempah tersebut terdiri dari ketumbar, kayu manis, pala dan cengkeh. Ini membuat kuah tenggiri semakin nampol di lidah dan menciptakan kelezatan tersendiri.

Mie Bangka Belitung

Mie bangka belitung memiliki ciri khas yang membuatnya berbeda dari mie daerah lain. Mulai dari bumbu yang menggunakan rempah dan racikan khusus khas Bangka, sampai isian mie yang lebih beragam. Didalam seporsi mie Bangka biasa menggunakan topping berupa daging sapi, daging ayam dan bahkan makanan laut. Irisan daun bawang membuatnya semakin spesial dan gurih.

Pantiaw Bangka Belitung

Bagi Anda penggemar kwetiauw, makanan khas Bangka Belitung memiliki yang namanya pantiaw. Pantiaw ini berbahan dasar tepung gandum atau tepung beras. Salah satu keunikannya terletak pada warna berupa putih susu. Pantiaw Bangka Belitung biasa dihidangkan dalam dua varian, yaitu varian basah dan kering. Jika Anda memesan pantiaw basah, maka ia dilengkapi kuah mirip seperti soto dan bakwan rebus.

Berego

Kita berhenti dahulu dari makanan khas Bangka Belitung berupa mie, kali ini kita mencicipi olahan yang mirip seperti lontong opor. Namanya adalah berego yang berbahan dasar campuran tepung beras dan tepung sagu. Nantinya, berego dihidangkan bersama kari ikan dan sambal. Rasa gurih kari ikan, pedas sambal dan tekstur lembut berego berpadu sempurna. Jangan sampai lupa untuk mencicipinya ketika datang liburan ke Bangka Belitung.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai ragam makanan khas Bangka Belitung yang bisa Anda jadikan pilihan utama ketika berkunjung kesana. Bagi penggemar olahan mie, maka ada pantiaw, mie Bangka Belitung dan mie koba. Sementara itu, masih ada kuliner lain yang tidak kalah lezat seperti lempah kuning dan berego.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.