MenuKuliner.net

Ragam Makanan Khas Banyuwangi Yang Kelezatannya Tidak Ada Dua dan Wajib Dicoba

Diposting pada 24 November 2023

Makanan khas Banyuwangi memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya harus dicicipi oleh setiap wisatawan. Mulai dari makanan ringan sebagai teman minum teh, minuman menyegarkan sampai makanan berat yang ampuh mengusir rasa lapar. Semua tersedia secara lengkap dan siap untuk Anda jelajahi.

Banyuwangi adalah sebuah kabupaten di pesisir Jawa Timur. Ia memiliki deretan tempat wisata yang populer, seperti Alas Purwo, Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran. Keindahan alam yang tersaji mampu memanjakan setiap mata wisatawan dan membuat mereka ingin datang kembali di lain waktu.

Selain dianugerahi alam yang mempesona, makanan khas Banyuwangi adalah berkat tersendiri bagi masyarakat sekitar. Sehingga, mereka bisa memberi kesan baik kepada setiap orang yang singgah.

Daftar Makanan Khas Banyuwangi yang Harus Dicicipi

Banyuwangi adalah salah satu kota pariwisata di Jawa Timur, sehingga sering disambangi para pelancong. Apalagi lokasinya dekat dengan Pulau Bali, orang yang hilir mudik kesini lumayan padat. Jika Anda kebetulan sedang disana, bisa nih mempertimbangkan salah satu kuliner khas berikut:

Sego Tempong

Sego tempong adalah makanan khas Banyuwangi yang mudah ditemukan hampir diseluruh penjuru kota. Didalam seporsi sego tempong, terdiri dari sayuran rebus, nasi putih, tempe goreng, tahu goreng, sambal mentah super pedas dan ikan asin.

Dalam bahasa Indonesia, tempong berarti ditempeleng atau ditampar. Disebut demikian karena rasa pedasnya benar-benar nampol di lidah, seperti ditempeleng. Paling cocok menjadi menu sarapan, namun juga tidak kalah nikmat sebagai menu makan siang atau makan malam.

Telur Petis

Telur petis adalah makanan khas Banyuwangi yang menjadi hidangan khusus ketika hari raya idul fitri. Telur disiram dengan bumbu petis berwarna hitam pekat yang terasa gurih, dengan rasa segar berkat perasan jeruk nipis.

Telur petis sudah pasti terasa nampol di mulut disetiap gigitannya yang bikin banyak orang merasa ketagihan. Sangat cocok sebagai lauk pauk disetiap makan. Tidak susah menemukan penjual telur petis ini.

Ayam Pedas

Ayam pedas adalah makanan khas Banyuwangi berikutnya yang siap menggoyang lidah Anda. Kuliner ini berbahan dasar daging ayam kampung yang dimasak bersama campuran santan dan cabai rawit. Secara sekilas, mungkin terlihat mirip seperti ayam opor. Namun ia memiliki ciri khasnya sendiri, berupa kuah lebih pucat. Selain itu, olahan daging ayam ini memiliki cita rasa pedas yang terasa lebih menggigit di lidah.

Bagiak

Bagiak adalah kue kering khas Banyuwangi yang berbahan dasar tepung garut atau tepung sagu dengan campuran kelapa. Bentuknya lonjong memanjang, dengan berbagai macam varian rasa. Mulai dari rasa kayu manis, rasa jahe, rasa kacang dan rasa susu. Bagiak cocok menjadi oleh-oleh sepulang dari Banyuwangi. Teksturnya yang lumer dimulut membuat siapapun pasti menyukai jajanan tradisional satu ini.

Rujak Soto

Sesuai namanya, rujak soto adalah makanan khas Banyuwangi yang memadukan dua kuliner sekaligus. Yaitu rujak dan soto ke dalam seporsi kuliner, sehingga memiliki ciri khasnya tersendiri. Rujak yang identik dengan petis dicampur soto yang identik dengan kuah kaldu. Kuah kaldu ini adalah hasil rebusan jeroan sapi dan daging sapi. Beberapa warung makan di Banyuwangi bahkan menjual rujak soto dilengkapi ceker. Berkat keunikan dan cita rasanya yang khas, membuat Anda harus mencicipi rujak soto.

Pecel Rawon

Selain menggabungkan rujak dan soto, makanan khas Banyuwangi lainnya yang berasal dari dua menu makanan adalah pecel rawon. Betul sekali, kali ini berupa sayuran rebus berbumbu kacang dan rawon dengan kuah kluwek hitamnya. Bicara soal cita rasa, pecel rawon menggabungkan gurih, pedas dan manis menjadi satu. Keberadaan rempeyek sebagai pelengkap membuatnya semakin menggugah selera.

Ayam Kesrut

Ayam kesrut adalah makanan khas Banyuwangi yang cocok bagi penggemar pedas. Ini merupakan olahan daging ayam dengan kuah bening yang cita rasa pedasnya menggigit di mulut. Tidak hanya pedas, kuah ayam kecrut juga ada sensasi menyegarkan karena campuran kecombrang dan belimbing wuluh. Pedas segar yang menjadi satu ini membuat siapapun pasti merasa ketagihan.

Pia Glenmore

Bakpia Jogja memang sudah populer sebagai salah satu oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan. Namun, masih belum banyak orang tahu bakpia khas Banyuwangi yang sebetulnya tidak kalah legit dan lezat. Pia glenmore memiliki ciri khas berupa kulit luar tipis dan bertekstur renyah, dengan isian yang tebal. Membuat siapapun pasti merasa puas ketika menikmatinya. Agar lebih menarik, pia glenmore memiliki sebelas varian rasa termasuk kacang hijau, nanas, kacang merah, strawberry, pisang keju dan lain sebagainya. Harga pia glenmore mulai dari Rp. 20 ribu per kotak isi 10 buah.

Savana Cake Banyuwangi

Ini dia makanan khas Banyuwangi untuk oleh-oleh yang kekinian. Savana cake adalah kue berbahan dasar pisang yang terasa manis dan legit. Rasa pisang yang khas berpadu sempurna dengan tekstur kue lembut dan beragam isiannya. Disebut sebagai savana cake karena terinspirasi dari keindahan savana di Alas Purwo dan Taman Nasional Baluran. Begitupun dengan nama varian rasanya, seperti savana sunrise of java, savana wedi ireng, savana green bay, savana red island dan savana blue fire.

Petulo

Petulo adalah kudapan manis khas Banyuwangi berbahan dasar tepung tapioka dan tepung beras. Petulo biasa dihidangkan bersama gula merah cair atau juruh dan santan kelapa. Sebagian masyarakat Banyuwangi juga ada yang menghidangkan petulo bersama ketan atau kue serabi.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai ragam makanan khas Banyuwangi yang bisa Anda cicipi selama berlibur kesana. Ada ayam pedas dan Sego tempong yang menjadi menu andalan, sehingga tidak boleh dilewatkan. Sebagai kudapan, maka Anda bisa membeli petulo yang manis. Untuk oleh-oleh keluarga di rumah, tinggal membawa savana cake banyuwangi atau pia glenmore.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.