MenuKuliner.net

Ragam Makanan Khas Sulawesi Utara Yang Sayang Buat Dilewatkan

Diposting pada 24 November 2023

Makanan khas Sulawesi Utara didominasi oleh berbagai macam olahan ikan dan cita rasa pedas. Tidak hanya satu atau dua menu lezat yang bisa Anda coba, melainkan ada cukup banyak. Sehingga, berwisata kuliner disini cukup menarik dan tidak khawatir membosankan. Tidak bisa dipungkiri, kuliner selalu berhasil menjadi daya tarik tersendiri selain pariwisata.

Sulawesi Utara adalah sebuah provinsi di Pulau Sulawesi dengan ibu kota Manado. Wisatawan banyak yang datang berkunjung kemari untuk menikmati momen liburan mereka dengan mampir ke pantai-pantai indah.

Salah satu icon dari makanan khas Sulawesi Utara adalah tinutuan atau bubur manado. Tentu masih ada banyak lagi yang bisa Anda cicipi selama disini.

Beraneka Macam Makanan Khas Sulawesi Utara yang Bercitarasa Lezat

Sulawesi Utara adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan kuliner lezat. Ada banyak yang bisa Anda cicipi selama disini, dengan hidangan dari masing-masing kota. Yaitu sebagai berikut:

Tinoransak

Tinoransak adalah makanan khas Sulawesi Utara berbahan dasar daging babi dan diolah dengan cara dibakar. Daging babi tersebut kemudian dibumbui dengan campuran rempah dan bumbu khas Sulawesi Utara, sehingga terasa begitu lezat.

Beberapa rempah yang biasa menjadi bumbu tinoransak antara lain bawang merah, jahe, kunyit, serai dan sebagainya. Karena ini merupakan makanan non-halal, sehingga tidak direkomendasikan bagi umat muslim.

Nasi Jaha

Nasi jahe atau nasi jaha adalah makanan khas Sulawesi Utara berbahan dasar beras ketan, jahe dan santan kelapa yang sudah dibumbui berbagai macam rempah. Kuliner ini selalu ada disetiap acara penting, salah satu contohnya syukuran warga. Beras ketan dan santan kelapa dimasukkan ke bambu yang dilapisi daun pisang. Barulah kemudian ia dibakar sampai matang.

Saut

Saut adalah makanan khas Sulawesi Utara berbahan dasar batang pohon pisang muda, diberi campuran daging ayam atau daging ikan dan diolah dengan cara dibakar. Bagaimana, terdengar cukup unik bukan kuliner satu ini? Proses dimulai dengan membuang pelepah pisang, kemudian mengambil bagian paling dalam batang pohon pisang. Bagian yang diambil lalu dipotong kecil-kecil dan diberi bumbu khas. Selanjutnya dimasukkan ke dalam bambu, tidak lupa diberi daging ikan atau daging ayam. Bambu tersebut kemudian dibakar selama 4 jam sampai matang. Saut biasa ditemukan ketika ada acara pernikahan di Minahasa.

Klapertart

Klapertart adalah kudapan khas Sulawesi Utara yang terbuat dari banyak bahan dasar dan terdiri dari dua varian. Bahan-bahan yang biasa digunakan seperti susu, telur, mentega, tepung terigu, daging kelapa muda dan santan. Ada klapertart yang dibuat keras seperti kue pada umumnya, ada pula klapertart jenis puding yang bertekstur lembut. Sebagai penikmat, Anda tinggal menyesuaikan menurut selera masing-masing.

Tinutuan

Bubur manado atau tinutuan adalah makanan khas Sulawesi Utara berikutnya yang harus Anda coba ketika datang berkunjung. Kuliner yang satu ini berbahan dasar beras, singkong dan labu. Tidak lupa diberi berbagai sayuran kedalamnya agar lebih lezat, seperti bayam, kemangi, kangkung, jagung dan lain sebagainya sesuai selera. Taburan bawang goreng ditambahkan kedalamnya agar semakin mantap. Tinutun mudah sekali ditemukan di kota Manado dan sekitarnya. Paling cocok dijadikan sebagai menu sarapan untuk mengawali hari.

Binte Biluhuta

Jagung yang disiram adalah arti dari binte biluhuta. Sesuai namanya, hidangan kali ini berbahan dasar jagung dan disiram dengan berbagai campuran sebagai pelengkap. Seperti air perasan jeruk, parutan kelapa, udang kering, tomat dan cabai. Semua bahan tadi dicampur menjadi satu, sehingga rasanya juga beragam. Mulai dari gurih, pedas dan sedikit rasa manis dari jagungnya juga bisa Anda dapatkan. Binte biluhuta mudah sekali ditemukan di hampir seluruh rumah makan menyediakan menu satu ini.

Brenebonn

Brenebonn adalah makanan khas Sulawesi Utara dari daerah Minahasa, berupa sup berbahan dasar kacang merah. Dalam penyajiannya, brenebonn ditambah kuah kaldu daging dan beraneka macam rempah pilihan. Oh iya, brenebonn ini ada dua varian dengan ciri khas masing-masing. Ada brenebonn berbahan dasar daging babi yang cenderung gurih dan asin, sedangkan brenebonn kacang merah cenderung legit.

Dodol Amurang

Dodol amurang adalah salah satu oleh-oleh khas Sulawesi Utara yang sekilas mirip seperti jenang Jawa. Ini mirip seperti beras ketan, minyak kelapa murni, gula aren dan berbagai bahan pelengkap lain. Semua bahan yang sudah disiapkan kemudian dibakar diatas api bersuhu 120 derajat celcius, tidak boleh kurang. Masyarakat setempat biasa menambahkan kacang atau kenari sebagai topping pelengkap.

Panada

Panada adalah makanan khas Sulawesi Utara yang sudah cukup populer dikalangan masyarakat. Secara sekilas, jajanan ini mirip seperti pastel. Namun, panada memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dari pastel pada umumnya. Isian dari panada berupa suwiran daging ikan cakalang. Menikmati panada sebagai kudapan sembari minum teh atau kopi sangatlah cocok dilakukan di sore hari. Jajanan satu ini mudah ditemukan di pedagang pinggiran jalan.

Sambal Roa

Selain bubur Manado, yang menjadi ikon makanan khas Sulawesi Utara adalah sambal roa. Ini terbuat dari daging ikan roa atau ikan gabus yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan bumbu sambal super pedas. Sebelum dibuat menjadi sambal, ikan roa tersebut diasapi terlebih dahulu. Sambal roa tidak hanya pedas saja, melainkan juga ada cita rasa gurih. Sambal roa biasa dihidangkan bersama sepiring nasi hangat dan beberapa lauk pauk. Anda pasti dibuat ketagihan dengan rasanya yang pedas menggiurkan.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.