MenuKuliner.net

Beraneka Macam Makanan Khas Tegal Yang Ikonik dan Wajib Dicoba

Diposting pada 24 November 2023

Makanan khas Tegal memiliki rasa otentik yang siap menemani liburan Anda selama berada disana. Para pelancong tidak perlu bingung lagi harus memanjakan lidah dengan hidangan apa, karena memang pilihannya ada beragam dan mudah ditemui di hampir seluruh penjuru kota.

Tegal adalah salah satu provinsi di Jawa Tengah yang berada di pesisir utara Pulau Jawa. Lokasinya berbatasan langsung dengan Kota Brebes, dimana banyak orang yang menggap keduanya memiliki ciri khas sama. Namun kenyataannya, sudah pasti berbeda. Bicara soal Tegal, Anda pasti sudah familiar dengan warteg yang bisa ditemui di berbagai daerah. Ini menggambarkan bahwa makanan khas Tegal itu bercitarasa lezat dan istimewa.

Ragam Kuliner Khas Tegal yang Bisa Bikin Lidah Bergoyang

Ada satu fakta menarik yang mungkin Anda belum tahu, ternyata di Tegal sana tidak ada warteg. Yang ada tidak lebih dari sekedar warung nasi biasa. Padahal, warung tegal sudah menjamur di beberapa daerah. Ketika berkunjung ke Kota Tegal, ada begitu banyak makanan lezat yang bisa Anda santap. Beberapa pilihannya sebagai berikut:

Rujak Teplak

Rujak teplak adalah makanan khas Tegal yang terdiri dari rebusan sayuran dan siraman sambal pedas. Yang membuatnya unik terletak pada sambal, dimana ada campuran singkong. Sedangkan rebusan sayuran yang biasa digunakan terdiri dari tauge, kol, pare, daun singkong dan kangkung. Nantinya, rujak teplak diberi pelengkap berupa kerupuk agar lebih mantap. Harga rujak teplak per porsi adalah Rp. 10 ribu – Rp. 15 ribu.

Sate Blengong

Makanan khas Tegal berikutnya ini tidak kalah unik, karena berbahan dasar dari hewan persilangan antara mentok dan itik. Belum ada daerah lain yang menghadirkan sajian seperti ini, sehingga Anda wajib buat mencicipinya. Sate blengong dibumbui dengan rempah-rempah khas yang membuat rasanya pedas gurih. Para penjual sate blengong biasa menghidangkannya bersama kupat glabed.

Kupat Glabed Tegal

Tahukah Anda, bahwasannya salah satu ikon makanan khas Tegal adalah kupat glabed. Bagi yang belum paham, kupat adalah beras yang dibungkus di dalam daun kelapa dan dikukus seperti lontong. Kupat ini nantinya dipotong kecil-kecil, kemudian disiram kuah kuning kental yang gurih. Warna kuning tersebut berasal dari kunyit yang ditambahkan ke dalamnya. Kupat glabed dilengkapi dengan kerupuk keriting agar semakin lezat. Anda juga bisa memilih sendiri tambahan lauk seperti telur rebus atau daging ayam. Harga kupat glabed per porsi adalah Rp. 8 ribuan. Ini belum termasuk lauk yang Anda pilih.

Nasi Ponggol Khas Tegal

Nasi ponggol adalah nasi bungkus yang isiannya tidak jauh berbeda dari nasi bungkus pada umumnya. Namun, di Tegal nasi bungkus ini menggunakan daun pisang sehingga memberi aroma dan cita rasa khas. Nasi ponggol khas Tegal terdiri dari nasi putih, kering tempe, sambal teri, oseng mie dan sambal pedas. Ia hadir dengan porsi kecil yang pas buat sarapan. Apabila sedang berlibur di kota Tegal, maka harus mencoba sarapan menggunakan nasi ponggol ini.

Sate Kambing Khas Tegal

Bagi Anda yang pernah trauma dengan aroma prengus daging kambing, maka sate kambing khas Tegal bisa menjadi salah satu solusinya. Sate ini menggunakan daging kambing yang masih berusia kurang dari 3 bulan. Selain tidak prengus, daging kambing tersebut juga bertekstur lembut. Membuat siapapun yang mencicipinya pasti dibuat ketagihan. Daging kambing kemudian dibumbui kecap pedas dan dihidangkan bersama acar bawang. Tidak heran apabila makanan khas Tegal kali ini sangat diminati oleh banyak orang.

Sauto Tegal

Hampir semua kota di Pulau Jawa memiliki soto khasnya masing-masing, begitupun Kota Tegal. Ia mempunyai sauto tegal yang hadir dengan ciri khas berupa kuah lebih cenderung keruh. Ini berasal dari tauco yang dicampurkan kedalamnya. Tauco tersebut memberikan cita rasa tersendiri ke dalam soto, sehingga berasa asin, gurih, asam dan manis menjadi satu. Selain dihidangkan bersama nasi, sauto tegal juga diberi irisan daun bawang, potongan babat dan daging sapi. Anda juga bisa membeli remahan usus sampai beraneka macam gorengan sebagai topping. Harga sauto tegal per porsi adalah Rp. 15 ribu. Anda bisa menikmatinya di segala waktu, baik menjadi menu sarapan, makan siang ataupun makan malam.

Glotak

Glotak adalah makanan khas Tegal yang berbahan dasar ampas kedelai atau gembus. Nantinya, gembus tersebut dimasak bersama kaldu tulang sapi atau tulang ayam dan bumbu pedas. Sudah bisa ditebak bahwa cita rasa glotak adalah pedas yang bikin lidah bergoyang. Masyarakat Tegal biasa menambahkan kerupuk mie sebagai pelengkap malam glotak.

Blendung

Kita beralih sejenak dari makanan khas Tegal yang bisa mengatasi rasa lapar di perut, kita coba menikmati camilannya. Salah satunya adalah blendung yang berbahan dasar jagung dan dihidangkan bersama parutan kelapa.

Tahu Aci

Makanan khas Tegal tahu aci sudah cukup populer sebagai salah satu teman dikala sedang bersantai. Sesuai namanya, camilan kali ini berbahan dasar tahu yang diberi isian aci atau tepung kanji. Disetiap gigitan tahu aci Anda akan merasakan lembutnya tahu dan aci yang kenyal. Rasa gurih mendominasi hidangan satu ini, ia lebih nikmat ketika diberi tambahan sambal.

Kacang Bogares

Jangan hanya menikmati kuliner sendiri, Anda juga harus memikirkan yang ada di rumah. Bawakan mereka makanan khas Tegal bernama kacang bogares yang memiliki cita tanya manis dan gurih dengan tekstur renyah. Setiap pelancong yang mampir ke kota Tegal selalu membeli kacang bogares sebagai oleh-oleh. Karena memang lezat dan camilan ini bikin nagih.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai ragam makanan khas Tegal yang bisa Anda nikmati untuk memuaskan lidah. Ada nasi ponggol, kupat glabed dan sauto tegal yang cocok menjadi hidangan utama. Apabila mencari makanan ringan buat teman santai, maka ada tahu aci yang enak dan kenyal. Sebagai oleh-oleh, tinggal membawa pulang kacang bogares.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.