MenuKuliner.net

Ragam Makanan Khas Bekasi Yang Kelezatannya Tidak Ada Duanya dan Bikin Nagih

Diposting pada 24 November 2023

Makanan khas Bekasi adalah daya tarik tersendiri yang membuat Kota Patriot ini semakin unik. Jika melihat trend di sosial media selama beberapa tahun terakhir, banyak orang menyebut Bekasi merupakan planet sendiri dan bukan bagian bumi. Terlepas dari sarkas tersebut, Bekasi adalah kota industri yang selalu ramai dikunjungi masyarakat.

Bekasi adalah salah satu bagian dari Jabodetabek dan berada di Jawa Barat. Posisinya yang berada diantara dua wilayah, mempengaruhi kebudayaan dan ciri khasnya. Seperti kuliner yang mengacu pada campiran budaya Sunda dan Betawi.

Tentu saja ini menjadi kabar baik bagi penggemar kuliner, karena mereka bisa menjelajahi ragam makanan khas Bekasi yang lebih komplit.

Deretan Makanan Khas Bekasi yang Nampol di Lidah dan Sayang Dilewatkan

Siapa bilang Kota Bekasi tidak memiliki kuliner khas? Nyatanya, ada cukup banyak hidangan lezat yang bisa Anda cicipi selama berlibur disana. Yaitu sebagai berikut:

Kue Biji Ketapang

Kue biji ketapang adalah makanan khas Bekasi berupa kue berukuran kecil dengan cita rasa gurih dan manis. Kue tradisional ini sudah ada sejak lama dan terus menerus eksis sampai sekarang. Peminatnya juga tidak pernah sepi. Sesuai namanya, kue biji ketapang dibuat dengan ukuran kecil seperti biji ketapang sungguhan. Paling pas dinikmati bersama segelas teh hangat dan pasti membuat Anda merasa ketagihan.

Kue Dongkal

Kue dongkal adalah makanan khas Bekasi berbahan dasar daun pandan, kelapa parut, tepung beras dan gula merah. Yang menjadi ciri khas dari kue dongkal adalah berbentuk segitiga mirip seperti tumpeng. Gula merah yang ditambahkan kedalamnya ini dibuat agak mencair dan lembut, sehingga menciptakan rasa manis legit. Kue dongkal juga menghadirkan rasa gurih yang membuatnya semakin spesial. Meskipun hanya sebagai camilan, kue dongkal ternyata bisa bikin perut kenyang. Waktu paling pas menikmati kue dongkal adalah pada sore dan pagi hari, sembari minum teh hangat.

Bandeng Rorod

Membawa pulang oleh-oleh berupa kue mungkin sudah biasa, bagaimana kalau Anda nanti membawa ikan bandeng untuk keluarga di rumah? Namanya adalah bandeng rorod yang diolah dengan berbagai macam rempah dan tidak berduri. Betul sekali, makanan khas Bekasi kali ini sepenuhnya daging ikan tanpa ada duri didalamnya. Bandeng rorod memiliki cita rasa gurih yang lezat dan penuh rempah.

Gabus Pucung

Gabus pucung adalah olahan ikan gabus dengan tampilan hitam pekat yang menggugah selera. Ikan gabus ini dibumbui dengan berbagai macam rempah yang terdiri dari daun jeruk, jahe, serai, kunyit, lengkuas, kemiri, cabe keriting, cabe rawit dan kecap manis. Ikan gabus dimarinasi terlebih dahulu selama kurang lebih 1 jam, baru kemudian digoreng. Kuah gabus pucung nantinya diberi perasan jeruk limau, sehingga terasa menyegarkan. Soal cita rasa, gabus pucung terasa pedas manis yang nikmat. Harga seporsi dijual mulai dari Rp. 25 ribu – Rp. 30 ribu, mendapatkan 1 ikan gabus yang terdiri dari 4-5 potongan.

Bir Pletok

Meskipun ada kata bir didalam nama makanan khas Bekasi ini, bukan berarti ini merupakan sesuatu yang mengandung alkohol dan memabukkan. Bir pletok justru bisa membantu mengatasi berbagai macam penyakit ringan seperti badan pegal-pegal, masuk angin dan melancarkan peredaran darah.

Bir pletok adalah minuman yang terbuat dari berbagai macam rempah seperti kayu secang, cengkeh, kapulaga, kayu manis, jahe dan lain sebagainya. Semua rempah tadi dijadikan satu sehingga tercipta minuman menyegarkan. Orang zaman dahulu memasukkannya ke dalam bambu, lalu diberi es batu. Bunyi benturan es batu dengan bambu inilah yang menghasilkan suara pletok-pletok. Sehingga, ia bernama bir pletok.

Kue Rangi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Bekasi adalah kota tengah-tengah diantara kebudayaan Jakarta dan Jawa Barat. Salah satu makanan yang dipengaruhi oleh kebudayaan Betawi adalah kue rangi. Kue rangi merupakan kue tradisional berbahan dasar tepung kanji dan parutan kelapa. Adonan ini kemudian dimasukkan ke dalam cetakan mirip cetakan kue pukis, namun lubangnya lebih dangkal. Setelah jadi, adonan dibakar sampai matang. Barulah kemudian dilumuri saus gula merah manis dan lumer seperti karamel. Sayangnya, makanan khas Bekasi ini sudah cukup jarang ditemui karena cukup jarang orang yang menjualnya.

Es Durian Patal

Suhu panas di kota Bekasi memang paling cocok menikmati hidangan yang segar-segar. Tidak perlu bingung harus melepas dahaga dengan apa, karena es durian patal siap menyegarkan tenggorokan Anda. Bagi yang mengaku penggemar durian, maka wajib buat mencicipi minuman ini. Nikmati bagaimana menyehatkannya durian bercampur es batu, kemudian diberi tambahan beraneka macam topping. Untuk merasakan kesegaran es durian patal, bisa membelinya dengan Rp. 10 ribu per porsi. Dengan harganya yang terjangkau, Anda sudah mendapatkan cita rasa luar biasa.

Sop Janda

Bicara soal sesuatu yang menyegarkan, Kota Bekasi memiliki sop janda yang siap menemani waktu makan siang Anda. Disebut sop janda bukan berarti dibuat oleh janda, melainkan singkatan dari Jawa Sunda. Makanan khas Bekasi kali ini menghadirkan cita rasa pedas gurih yang menyegarkan disetiap sendokannya. Sop janda berisi tulang dan potongan daging sapi. Biasa dihidangkan dengan kuah panas bersama nasi. Jangan lupa menambah sambal biar semakin mantap.

Dodol Betawi

Tidak hanya Garut, Kota Bekasi juga memiliki dodol lezat yang bikin nagih. Dodol betawi memiliki tekstur kenyal yang pas dan cita rasa manis sedap. Anda bisa dengan mudah menemukannya di toko oleh-oleh Bekasi. Jika Anda bingung harus membawa pulang apa dari Bekasi, maka bisa nih membeli dodol Betawi untuk keluarga di rumah.

Demikianlah beraneka ragam makanan khas Bekasi yang bisa Anda pilih untuk jelajah kuliner selama disana. Ada gabus pucung yang memiliki rasa otentik dan bikin perut kenyang, es durian patal menyegarkan dan dodol betawi buat oleh-oleh.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.