MenuKuliner.net

Berbagai Macam Makanan Khas Kediri Yang Tidak Boleh Dilewatkan Ketika Berkunjung

Diposting pada 24 November 2023

Makanan khas Kediri adalah salah satu keanekaragaman kuliner yang dimiliki oleh Jawa Timur. Sebagaimana kita tahu, Jawa Timur memiliki begitu banyak hidangan lezat dan bikin lidah bergoyang. Kediri menjadi kota yang menghadirkan banyak hidangan lezat bagi siapapun yang sedang berada disini.

Kediri adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berjarak sekitar 130 kilometer dari Surabaya. Banyak orang yang mengenali Kediri sebagai kota penghasil rokok terbesar di Indonesia. Namun, masih sedikit dari mereka yang tahu potensi kuliner disini.

Makanan khas Kediri didominasi oleh hidangan bercitarasa gurih dan pedas, sehingga terasa memuaskan bagi siapapun yang mencicipinya.

Deretan Makanan Khas Kediri yang Jangan Sampai Dilewatkan dan Harus Dicoba

Kediri adalah salah satu kota yang bisa Anda jadikan sebagai tujuan ketika ingin berburu kuliner unik dan lezat. Disini Anda bisa memilih sendiri ingin menikmati makanan berat ataupun makanan ringan. Beberapa pilihannya sebagai berikut:

Sate Emprit

Emprit adalah burung kecil yang hidupnya bergerombol dan menjadi hama bagi para petani setiap kali menjelang panen. Di Kota Kediri sendiri ada sangat banyak burung emprit yang memakan padi. Sehingga, masyarakat sekitar memanfaatkannya sebagai olahan lezar. Daging burung emprit tentu saja berbeda dengan daging ayam, ia memiliki ciri khas tersendiri. Daging emprit yang sudah dibersihkan, diberi bumbu sate pada umumnya dan dibakar sampai matang. Setelah matang, sate emprit dihidangkan bersama saus sambal kacang pedas dan taburan bawang.

Sate Bekicot

Selain sate emprit, Kota Kediri masih memiliki sate bekicot sebagai hidangan untuk para wisatawan. Jangan khawatir, bekicot yang dibuat sate ini sudah dibersihkan dan bebas lendir sehingga aman buat dikonsumsi. Soal cara pengolahan dan bumbu yang digunakan, tidak jauh berbeda seperti sate pada umumnya. Teksturnya yang kenyal membuat sate bekicot memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan sate sapi ataupun kambing.

Pecel Kediri

Selain pecel madiun, Jawa Timur masih memiliki sajian pecel khas lainnya yang tidak kalah lezat. Yaitu pecel kediri dengan sambal tumpang sebagai bumbu pelengkap nasi dan lauk pauknya. Bagi yang belum tahu, sambal tumpang adalah sambal berbahan dasar tempe yang disiram sedikit santan, gula dan dibumbui beraneka macam rempah. Sambal tumpang ini nantinya disiramkan diatas beragam sayuran rebus. Seperti bunga turi, kecipir, bayam, sawi, kecambah dan pepaya mangkal. Selain dihidangkan bersama nasi hangat, nantinya juga diberi lauk pelengkap seperti peyek, telur dadar, ampela, sate ati dan sate usus ayam. Bagaimana, kedengarannya cukup menggiurkan bukan? Itulah mengapa Anda tidak boleh lupa untuk mencicipi pecel kediri.

Tahu Poo

Berkunjung ke Kota Kediri kurang lengkap rasanya apabila tidak mencicipi tahu poo. Tahu poo adalah tahu yang bagian tengahnya kopong, mirip seperti tahu Sumedang. Perbedaannya adalah tekstur tahu poo lebih padat. Tahu poo paling nikmat dihidangkan bersama sambal kecap atau cabai rawit. Biasa menjadi jajanan yang cocok sebagai teman minum kopi atau teh hangat. Jika nanti berjalan-jalan di Kediri, jangan sampai lupa untuk membelinya.

Nasi Goreng Arang

Sesuai namanya, makanan khas Kediri ini dibuat diatas arang sama seperti membakar sate. Sehingga, nasi gorengnya memiliki aroma tersendiri dan berbeda dari nasi goreng kebanyakan. Nasi goreng arang menggunakan campuran berbagai macam rempah yang membuatnya penuh cita rasa. Didalam seporsi nasi goreng arang biasa ditambah potongan daging kambing, potongan tomat, mentimun dan kol. Kalau Kediri tidak boleh sampai melewatkannya deh pokoknya.

Soto Kediri

Bagi Anda yang menyukai hidangan berkuah dan menyegarkan, soto kediri bisa menjadi pilihan utamanya. Bumbu yang digunakan untuk membuat soto kediri sebenarnya sama seperti membuat soto ayam pada umumnya. Yaitu terdiri dari serai, jahe, kunyit, bawang merah, bawang putih, merica dan lain-lain. Soto kediri dibuat dari kaldu ayam kampung dan diberi tambahan santan, inilah yang membuatnya lebih gurih dibandingkan soto lain. Sebagai pelengkap, nantinya diberi telur rebus, kentang goreng, soun, kecambah pendek dan suwiran daging ayam kampung. Tidak lupa diberi perasan air jeruk nipis dan sambal agar lebih mantap. Soto kediri menjadi salah satu hidangan yang akan membuat Anda kangen buat kesini kembali.

Getuk Pi

Getuk Pi adalah makanan khas Kediri yang memiliki nilai sejarah panjang. Asalkan Anda tahu, ini sudah menjadi camilan favorit bagi Putri Sekartaji dahulu. Soal cita rasa, sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Sudah pasti legit dan bikin lidah bergoyang. Tidak seperti getuk pada umumnya yang berbahan dasar ketela, getuk pi terbuat dari buah pisang. Bukan sembarang pisang, melainkan pisang nangka karena memiliki tekstur lebih padat dibandingkan jenis pisang lain. Nantinya, pisang nangka dikukus dahulu dan dihaluskan. Setelah pisang halus, diberi pelengkap rasa agar semakin mantap. Getuk Pi bertekstur padat mirip seperti jenang, dengan cita rasa khas pisang nangka yang legit.

Cenil Kediri

Selain getuk pi, makanan khas Kediri berikutnya yang biasa menjadi kudapan adalah cenil. Anda pasti sudah cukup familiar dengan yang namanya cenil, jajanan tradisional berbahan tepung tapioka. Cenil diberi warna-warni agar menarik dan ditusuk sate. Nantinya diberi taburan gula dan parutan kelapa agar lebih mantap. Rasanya yang manis ada sedikit tambahan gurih membuatnya semakin enak. Tidak sulit membeli cenil, biasa dijual di pasar atau tukang sayur keliling. Harganya juga sangat murah, mulai dari seribu rupiah per tusuk.

Demikianlah pembahasan mengenai ragam makanan khas Kediri yang wajib buat dicicipi. Apabila Anda menyukai sate-satean, ada sate bekicot dan sate emprit yang khas. Apabila mencari makanan berat, nasi arang siap mengatasi rasa lapar Anda. Sebagai camilan yang disandingkan dengan teh, maka ada maka ada tahu poo, getuk pi dan cenil kediri.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.