MenuKuliner.net

8 Rekomendasi Makanan Khas Pekanbaru yang Wajib Anda Coba! 

Diposting pada 24 November 2023

Makanan khas Pekanbaru biasanya banyak dicari oleh para pelancong. Mulai dari makanan berat sampai, ringan, sampai dengan minuman. Selain dinikmati sendiri, juga sering dibawa sebagai oleh-oleh untuk orang rumah.

Umumnya, makanan khas dari Pekanbaru terkenal sebagai makanan yang paling enak. Hal ini dikarenakan untuk penggunaan bumbunya tidak pernah pelit. Sehingga menciptakan rasa khas yang hanya bisa ditemukan di Pekanbaru. Ciri yang berbeda dan unik inilah yang memberikan daya tarik tersendiri.

Makanan Khas Pekanbaru

Apabila sedang berlibur ke Pekanbaru dan bingung ingin mencoba makanan apa saja, Anda bisa mencoba beberapa rekomendasi makanan khas ini. Di mana, tidak hanya makanan berat saja, tetapi ada juga camilan dan minuman khasnya.

Cencaluk

Makanan khas Pekanbaru yang akan direkomendasikan pertama ialah cencaluk. Bagi sebagian orang nama ini mungkin terdengar asing, tapi siapa sangka menjadi makanan dengan cita rasa yang unik. Makanan yang terbuat dari udang rebon ini biasanya hadir pada perayaan-perayaan tertentu.

Untuk pembuatannya dimulai dengan membersihkan udang kecil dan dicampur dengan garam. Setelah itu, udang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu serta bawang bombai. Nantinya, udang tersebut akan disimpan dalam jangka waktu 3 sampai 4 hari. Umumnya, cencaluk sendiri disajikan dengan nasi hangat dan sambal khas Riau.

Nasi Lemak

Kemudian, ada makanan khas bernama nasi lemak. Nasi ini sangat terkenal dengan proses memasaknya yang dikombinasikan dengan santan kelapa. Sehingga, nasi yang dihasilkan menjadi lebih gurih. Pada proses pembuatannya pun sering ditambahkan daun pandan yang akan memperkuat aroma dari nasi ini.

Hidangan ini sebenarnya merupakan hidangan khas dari Melayu. Tetapi, karena penduduk Pekanbaru kebanyakan orang Melayu, hidangan ini pun menjadi mudah ditemukan di sana. Nah, untuk penyajian dari makanan khas Pekanbaru ini biasanya disajikan dengan timun, ikan teri goreng, telur, dan sambal sebagai pelengkapnya. Sebenarnya, saat ini sudah banyak versi pelengkap dari nasi lemak. Tidak hanya daging saja, tetapi ada juga udang, ayam, dan lain sebagainya.

Gulai Ikan Patin

Gulai ikan patin juga masuk ke dalam jajaran makanan khas dari Pekanbaru yang wajib Anda coba. Gulai ikan patin ini dimasak dengan bumbu gulai berwarna kuning. Dengan perpaduan rasa asam, pedas, dan manis tentu akan membuat Anda ketagihan ketika mencicipinya.

Ikan patin sangat mudah ditemukan di Pekanbaru, sehingga hidangan ini pun bisa dengan mudah ditemukan. Umumnya, masyarakat Pekanbaru lebih memilih ikan patin yang ditangkap langsung di sungai bukan hasil budidaya. Hal ini dikarenakan rasanya cenderung lebih gurih. Untuk penyajiannya, disajikan dengan nasi hangat, daun singkong rebus, dan lalapan yang berasal dari bunga kecombrang.

Miso Pekanbaru

Makanan khas Pekanbaru selanjutnya adalah miso. Mungkin terdengar seperti makanan khas Jepang, tapi ternyata Pekanbaru juga memilikinya dan memiliki rasa yang berbeda. Miso Pekanbaru sendiri ialah olahan mie kuning yang dimasak bersama dengan kuah kaldu dan dibumbui menggunakan berbagai aneka rempah.

Hidangan yang satu ini sangat cocok dimakan untuk sarapan atau makan siang. Satu porsi Miso Pekanbaru biasanya terdiri dari mie kuning, kulit ayam goreng, mie putih, tahu kering, suwiran ayam, dan juga kerupuk. Di Pekanbaru sendiri ada banyak tempat makan Miso. Untuk harganya mulai dari Rp. 15.000 untuk satu porsi. Cukup terjangkau, bukan?

Gulai Belacan

Sebagai tempat yang dekat dengan laut, sudah pasti ada beberapa variasi hidangan laut di sana. Salah satu hidangan laut yang menjadi makanan khas ialah gulai belacan. Hidangan yang memiliki bahan utama udang ini umumnya dimasak dengan cukup sederhana.

Cukup dengan mencampurkan asam Jawa, santan, lada, kemiri, dan cabai. Selain itu memang ada beberapa yang menambahkan bumbu lain sesuai dengan selera. Makanan khas Pekanbaru ini sangat cocok apabila disantap dengan nasi hangat.

Kue Bangkit

Beralih ke makanan khas Pekanbaru bolu atau kue, yaitu kue bangkit. Kue yang terbuat dari campuran tepung sagu ini memiliki bentuk seperti bunga. Selain dari bentuknya yang menarik, kue bangkit juga memiliki tekstur unik. Di mana, kue ini terlihat keras, tetapi ketika Anda mulai memasukkannya ke dalam mulut akan langsung lumer.

Kue bangkit ini sangat mudah ditemukan di toko-toko kue. Selain itu, menjadi salah satu kue lebaran wajib yang harus dihidangkan. Anda bisa menjadikan kue bangkit ini sebagai oleh-oleh apabila sedang berkunjung ke Pekanbaru.

Lempok Durian

Durian menjadi salah satu buah yang sangat mudah ditemui di Pekanbaru. Tidak heran jika terdapat makanan khas Pekanbaru bernama Lempok Durian. Lempok durian ialah jenis dodol yang berbahan dasar durian. Durian yang digunakan biasanya dimasak bersama dengan gula merah dan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Es Laksamana Mengamuk

Selain makanan, ada juga minuman khas Pekanbaru yang wajib Anda cicipi. Es laksamana mengamuk sangat mudah untuk dijumpai terlebih di beberapa gerobak kaki lima pinggir jalan. Minuman ini terbuat dari buah kweni yang diparut kasar. Kemudian, disajikan bersama dengan gula merah dan santan.

Makanan khas Pekanbaru ini sangat cocok dinikmati ketika siang hari. Selain rasanya yang manis dan segar, minuman ini juga memiliki sejarah di baliknya. Di mana, penamaannya sendiri diambil karena kabarnya ada seorang laksamana yang mengamuk di kebun buah kweni.

Itulah beberapa makanan khas Pekanbaru yang wajib Anda coba. Beberapa makanan di atas pun bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.