MenuKuliner.net

Sangat Enak dan Unik, Inilah 9 Makanan Khas Karawang

Diposting pada 24 November 2023

Memiliki julukan Lumbung padi membuat Karawang kaya akan makanan khas yang enak dan unik. Makanan khas Karawang pun tidak hanya makanan berat saja, tetapi ada camilan sampai dengan minuman. Menariknya, Karawang juga dikenal sebagai kota industri terbesar di Indonesia, sehingga UMK yang dimilikinya pun cukup tinggi.

Untuk makanan khasnya memiliki harga cukup terjangkau, sehingga dompet pun akan aman. Menariknya, Karawang juga memiliki banyak sekali jenis oleh-oleh yang bisa Anda bawa untuk keluarga. Mulai dari oleh-oleh manis sampai dengan asin.

Makanan Khas Karawang

Ketika bepergian ke Karawang, memang wajib untuk mencicipi makanan khasnya. Namun kadang suka bingung untuk mencoba makanan khas yang mana. Itu sebabnya tersedia beberapa rekomendasi makanan khas yang sangat wajib untuk Anda coba.

Soto Tangkar

Soto tangkar menjadi salah satu makanan khas Karawang yang memang cukup mudah untuk ditemukan. Kuliner ini sangat terkenal dengan rasanya yang enak dan sedikit berbeda dengan soto pada umumnya. Jika soto-soto lain menggunakan daging sebagai bahan dasar, maka soto tangkar menggunakan kikil yang memiliki tekstur empuk.

Ternyata soto tangkar sendiri sudah ada sejak tahun 1980-an dan beberapa tempat makan memiliki rasa yang masih terjaga. Satu porsi soto yang berkuah kekuningan ini biasanya dilengkapi dengan sambal, emping, perasaan jeruk. Di samping itu juga akan sangat pas jika disantap bersama dengan nasi dan beberapa lauk tambahan lainnya.

Sangtau

Selanjutnya ada Sangtau yang merupakan singkatan dari Sangu dan Tahu atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia ialah nasi dan tahu. Sesuai dengan namanya, sangtau sendiri merupakan nasi yang diberi tahu putih goreng dan disiram dengan bumbu kacang kental.

Perpaduan antara rasa gurih dan sedikit manis ini akan sangat cocok bagi siapa saja. Makanan khas Karawang yang unik ini sangat mudah ditemukan dan cocok disantap kapan saja.

Pepes Walahar

Pepes Walahar juga masuk dalam jajaran makanan khas dari Karawang. Makanan ini cukup populer di kalangan para wisatawan. Itu sebabnya, Anda wajib mencoba hidangan satu ini. Pepes Walahar memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Selain itu juga banyak sekali jenisnya, sehingga bisa disesuaikan dengan selera.

Beberapa jenis pepes Walahar di antaranya ialah pepes ayam, pepes teri, pepes jambal, pepes oncom, pepes jamur, pepes tahu, dan pepes peda. Biasanya berbagai jenis pepes tersebut disantap bersama dengan nasi timbel, sambal, dan lalapan. Menariknya, harga dari pepes pun terbilang cukup terjangkau, mulai dari Rp. 6 ribuan saja.

Ikan Gabus Bumbu Pucung

Beralih ke perikanan, ternyata Karawang pun memiliki makanan bernama ikan gabus bumbu pucung. Makanan khas Karawang ini banyak digemari oleh para wisatawan karena rasanya sangat lezat. Sebenarnya, hidangan ini sama saja dengan hidangan ikan lainnya.

Hanya saja yang membuatnya berbeda ialah bumbu kuah yang diberi pucung dan kluwek. Sehingga, terciptalah rasa ikan yang khas dengan kuah berwarna kecokelatan.

Soto Gempol

Selain soto tangkar, Karawang masih punya jenis soto lainnya yang wajib Anda coba, yaitu soto gempol. Soto yang satu ini banyak disebut sebagai kuliner lawas dari Karawang. Di mana, ada beberapa pilihan topping, mulai dari daging sampai dengan usus.

Soto Sadang

Makanan khas Karawang lainnya ialah soto sadang. Soto yang memiliki kelezatan tradisional ini sangat menggugah selera. Soto sadang juga masuk ke dalam jajaran makanan legendaris, sebab sudah ada sejak tahun 1970-an. Soto ini terkenal dengan dua jenis kuahnya, yaitu kuah bening dan juga kuah santan.

Untuk soto bening sendiri berasal dari kuah kaldu daging yang direbus lama dengan api kecil. Sementara untuk jenis kuah santannya akan ada irisan lauk. Warnanya sendiri cenderung kuning pucat, tapi rasanya sangatlah gurih.

Jojongkong

Selain beberapa makanan berat, ada juga camilan khas yang sangat enak dan unik. Salah satunya di antaranya adalah Jojongkong. Makanan legendaris ini terbuat dari campuran tepung beras, kanji, tepung ketan, dan garam. Di bagian dalamnya diisi dengan parutan kelapa dan gula merah.

Jojongkong biasanya dibungkus dengan daun pisang. Sehingga, aromanya sangat enak. Perpaduan rasa gurih dan manis dari makanan khas Karawang ini sangat cocok dinikmati bersama dengan kopi hitam atau teh pahit.

Kue Gonjing

Selanjutnya ada kue gonjing yang kalau di Bandung terkenal dengan nama kue bandros. Makanan yang satu ini terbuat dari tepung beras dan kelapa. Rasanya yang gurih cocok dimakan dengan saus atau gula merah. Kue gonjing sangat mudah ditemukan, karena biasanya dijual oleh para pedagang kecil menggunakan gerobak tanggung atau dorong.

Kue gonjing sendiri sangat legendaris dan banyak dicari oleh para wisatawan. Kue ini akan terasa lebih nikmat jika Anda menyantapnya dalam keadaan masih hangat.

Dodong Hideung

Makanan khas Karawang terakhir ialah dodong hideung yang dari namanya saja sangat identik dengan makanan khas sunda. Dodong hideung sendiri merupakan sejenis bubur yang bahan dasarnya dari tepung ketan hitam.

Memiliki aroma yang khas dan rasa manis membuat makanan ini sangat banyak disukai. Dodong hideung sangat cocok dinikmati dalam berbagai kondisi cuaca. Untuk penyajiannya sendiri biasanya ditambahkan dengan santan untuk menambah cita rasanya.

Beberapa makanan khas Karawang di atas sangat cocok menjadi solusi ketika Anda bingung ingin mencicipi makanan apa. Mulai dari makanan berat sampai kudapan ringan pun bisa menjadi pilihan.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.