MenuKuliner.net

Makanan Khas Depok si Kota Penyangga Ibu Kota

Diposting pada 24 November 2023

Depok adalah salah satu kota yang letaknya di Provinsi Jawa Barat. Kota Depok dikenal sebagai kota satelit yang memiliki peran sebagai penyangga ibu kota DKI Jakarta. Kota Depok dapat menjadi alternatif tujuan anda di saat wisata kuliner di kota, seperti Jakarta dan Bandung sudah terlalu mainstream di telinga.

Makanan Khas Depok

Depok terkenal dengan kebun belimbing yang tersebar di berbagai daerahnya. Mulai dari dodol belimbing, jus belimbing, sirup belimbing, selai belimbing, hingga nastar belimbing menjadi makanan khas kota Depok. Selain itu, Depok masih menyimpan banyak makanan khas mulai dari yang kering sampai basah dan tentunya segar.

Pengolahan makanan khas kota Depok biasanya tercipta dari asimilasi budaya yang terjadi antara suku Betawi dan suku Sunda dari Jawa Barat. Langsung saja kita simak makanan khas Depok!

Dodol Belimbing

Dodol belimbing merupakan rangkaian hasil kreatif produksi belimbing yang menjadi makanan khas Depok. Pengolahannya direbus dengan berbagai bahan dasar buah belimbing segar yang dicampur gula, santan kelapa dan tepung beras ketan sebagai cita rasa khas dodol.

Yang menjadi makanan khas Depok adalah dodol belimbing memiliki tekstur yang tidak sekenyal dodol lain yang mudah dikunyah. Biasanya, dodol belimbing dipatok harganya sebesar Rp 20.000 per box.

Nastar Belimbing

Makanan khas Depok lainnya adalah nastar belimbing yang memiliki pengaruh dari Belanda. Nastar yang berasal dari olahan belimbing ini biasanya disajikan dengan cetakan bentuk oval khas Depok yang sangat terasa di lidah. Nastar belimbing Depok biasanya dijual dalam sebuah toples dengan harga Rp 20.000,-.

Sirup Belimbing

Sirup belimbing khas Depok merupakan hasil produktif kreatif dari masyarakat Kota Depok. Dalam pembuatannya, sirup belimbing terdapat dua rasa khas yang dapat menjadi sebuah tanda bahwa ini merupakan kuliner khas Depok, yaitu asam dan manis. Penyajiannya cukup dipadukan dengan segelas es batu yang membuat cita rasanya semakin segar.

Biasanya jajanan sirup belimbing dapat ditemui di area pasar yang dijual mulai dari harga Rp 15.000,-. Sirup belimbing merupakan olahan rumah yang tidak akan anda temukan di supermarket maupun pasar swalayan, jadi jangan lewatkan untuk mencoba sirup belimbing ketika anda pergi ke Kota Depok.

Bakso Comberan

Apa yang ada di pikiran ketika mendengar kata “comberan”? Kotor, hitam, dan pekat? Di Kota Depok anda akan menemukan kuliner bakso comberan yang khas sejak tahun 1995. Meskipun namanya memberikan kesan yang cukup aneh, tapi justru banyak orang yang mengunjungi Kota Depok mencari bakso comberan ini. Comberan yang dimaksud kali ini adalah dapat terlihat dari kuahnya yang hitam sebagai ciri khasnya. Dibalik pekat kuahnya, rasa yang tersaji tetap gurih dan memberikan rasa yang menggugah lidah untuk terus mencobanya.

Peyek Gale

Peyek Gale merupakan satu makanan khas Kota Depok yang bentuknya mirip seperti kue kembang goyang khas Betawi. Peyek gale mempunyai rasa gurih dan dapat disajikan dengan varian rasa atau topping.

Bahan pembuatan peyek gale ini terbuat dari tepung beras dan bumbu-bumbu yang khas. Peyek gale mempunyai berbagai varian isian, seperti, kacang, rebon, hingga bayam. Tekstur dari peyek gale ini renyah dan cocok untuk dinikmati dengan nasi dan lauk lainnya ketika anda sedang menikmati hidangan makan pagi, siang, maupun malam.

Dodol Jambu Merah

Setelah melihat dodol olahan belimbing, anda harus mencoba dodol jambu merah ketika berada di Kota Depok. Dodol Jambu Merah merupakan makanan khas Kota Depok yang menggunakan bahan dasar jambu merah. Jambu merah sangat gampang dijumpai di kota Depok. Untuk menikmati dodol jambu merah, anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 20.000,-.

Perkedel Bakar

Umumnya, kita mengenal perkedel diolah dengan cara digoreng, namun tidak dengan di Kota Depok. Depok memiliki khas tersendiri yang membuat olahan perkedel secara dibakar/panggang yang cukup lezat. Tak jauh berbeda dengan kuliner perkedel pada umumnya, bahan baku perkedel panggang terdiri dari kentang tumbuk, rempah-rempah, dan daging cincang.

Yang menjadi pembeda pada olahan perkedel panggang/bakar ini adalah tambahan susu pada adonan serta cara pengolahannya yang menggunakan oven. Hasil yang tercipta tidak jauh dari tekstur legit, harum, dan gurih ketika dimakan.

Bebek Tik Tok Van Depok

Kuliner khas Kota Depok yang satu ini merupakan oleh-oleh yang menjadi rekomendasi ketika anda mengunjungi kota Depok, restoran ini menyediakan kuliner daging bebek hasil persilangan antara bebek betina dan entok jantan.

Anakan dari persilangan ini akan menghasilkan seekor anak yang mempunyai daging yang lebih legit, gurih dan minim aroma amis. Selain itu makanan khas Depok yang satu ini mempunyai kadar kolesterol yang lebih rendah dibanding daging bebek biasa. Restoran ini semakin banyak penggemarnya karena dipromosikan lewat media sosial Tik Tok.

Tempe Coklat

Selanjutnya ada tempe coklat yang bisa anda nikmati ketika berkunjung ke Kota Depok. Makanan khas Depok ini merupakan perpaduan dari tempe dan coklat yang rasanya asing ketika dinikmati, namun layak dicoba sebagai makanan yang unik.

Emping Melinjo

Emping khas Depok mempunyai kekhasan tersendiri, ciri khas tersebut terlihat dari penyajian rasa yang bervariasi. Anda dapat memilih varian rasa sesuai selera, mulai dari emping asin gurih, emping manis, hingga emping pedas. Produsen snack emping juga menyediakan aneka rasa emping yang beragam saat ini. Tidak jarang, makanan ringan khas Depok ini juga tersedia dalam berbagai macam ukuran kemasan.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi makanan Khas Depok yang bisa anda nikmati ketika berkunjung. Mana yang jadi favorit dan tertarik untuk anda coba?

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.