MenuKuliner.net

Rekomendasi 12 Makanan Khas Mojokerto yang Murah Tapi Lezat

Diposting pada 24 November 2023

Mojokerto Jawa Timur terkenal dengan makanannya yang murah-murah dan lezat. Kamu tidak usah mengeluarkan budget besar untuk mengenyangkan perut di kota ini. Apalagi jika makan di warung-warung, budget Rp50.000-an saja sudah bisa membuatmu kenyang. Namun sebelum berburu kuliner di Mojokerto, ada baiknya kamu melihat rekomendasi makanan khas Mojokerto dari artikel ini!

Rekomendasi Makanan Khas Mojokerto yang Murah dan Lezat

Tidak usah berlama-lama, inilah rekomendasi makanan khas kota Mojokerto yang dijamin nagihin:

Onde-Onde Mojokerto

Onde-onde di mana-mana sebenarnya sama saja. Berbentuk bulat dengan tambahan isian dan taburan wijen. Namun onde-onde di Indonesia ada yang terbuat dari ketan atau tepung terigu. Nah, onde-onde khas Mojokerto ini terbuat dari tepung terigu.

Cita rasanya legit dan paling enak disantap saat masih hangat. Kamu bisa membeli onde-onde khas Mojokerto yang fresh di pasar tradisional atau onde-onde terkenal Bo Liem di Jalan Empu Nala Nomor 43. Harganya biasanya Rp40.000-an per kotak yang berisi 10 pcs.

Sate Keong

Pencinta sate wajib banget mencoba sate keong. Pasalnya sate khas satu ini jarang ditemukan di tempat lain. Keong yang dipakai untuk sate adalah keong yang hidupnya di sawah.

Cara pembuatannya sama saja seperti sate-sate pada umumnya. Hanya saja ada bumbu rahasia yang membuat cita rasanya semakin lezat. Sate keong bisa kamu temukan di sekitar Jalan Benteng Pancasila Nomor 242 dengan harga per porsi mulai dari Rp10.000 sampai Rp20.000.

Kari Mentok

Makanan khas Mojokerto ini sangat populer di daerah Ngoro Mojokerto. Mentok termasuk unggas yang masih satu keluarga dengan bebek. Selanjutnya daging mentok dibumbui dengan bumbu kari khas Mojokerto yang begitu menggugah selera.

Ada banyak rumah makan yang menjual kari mentok. Namun salah satu yang paling legendaris berada di kawasan Jalan Residen Pamuji Nomor 99. Warung makan tersebut buka mulai dari jam 5 sore sampai 3 pagi. Harganya sangat murah yaitu sekitar Rp10.000-an belum termasuk nasi.

Sate Bangil

Selain sate keong, kamu yang suka sate juga harus mencicipi sate bangil. Bahan utama untuk membuat sate bangil adalah daging atau jeroan kambing. Penjual biasanya memberikan bumbu berupa bumbu kacang, sambal, dan irisan bawang merah. Satu porsi sate bangil bisa dibilang lumayan terjangkau yaitu Rp25.000-an saja.

Sinom Khas Mojokerto

Jika mencari oleh-oleh untuk orang di rumah, kamu bisa membeli minuman khas Mojokerto satu ini. Sinom termasuk minuman herbal yang terbuat dari daun asam muda. Rasanya tetap manis karena ada tambahan gulanya sedikit.

Daun asam muda memberikan sensasi asam yang cukup berbekas namun sangat menyegarkan. Sebaiknya minum dalam keadaan hangat agar khasiatnya semakin terasa. Harga satu botol sinom khas Mojokerto hanya Rp8.000-an saja.

Bubur Sruntul

Bubur sruntul atau juga disebut bubur srunthu adalah makanan yang terbuat dari tepung sagu. Seperti bubur pada umumnya, bubur kemudian disiram dengan santan kental yang membuat cita rasanya semakin lezat. Cobalah datang ke sekitar Jalan Mayjen Sungkono jika ingin mencoba bubur sruntul paling legendaris. Harga seporsi hanya Rp4.000-an saja.

Botok Tempe

Masyarakat daerah Jawa sangat suka botok. Kebanyakan botok di Jawa terbuat dari daging ayam atau ikan. Namun botok khas Mojokerto ini berbahan dasar tempe. Biasanya ada tambahan bahan lain seperti ikan teri, tahu, dan udang.

Botok tempe akan semakin lezat apabila Anda santap bersama nasi jagung. Banyak warung menjual botok tempe, terutama di sekitar alun-alun kota. Harga botok tempe saja biasanya Rp5.000-an belum termasuk nasi.

Kerupuk Rambak

Satu lagi makanan khas Mojokerto yang bisa kamu jadikan oleh-oleh yaitu kerupuk rambak. Kerupuk rambak termasuk jajanan tradisional yang terbuat dari ikan, kulit sapi, udang, atau singkong. Biasanya jajanan ini bisa kamu dapatkan dengan mudah di sekitar Desa Doas, Trowulan. Harganya pun tidak bikin kantong kempes yaitu mulai dari Rp40.000-an per kilo.

Pentol Bakar Mojokerto

Pentol memang sangat populer dan disukai masyarakat Jawa Timur. Tidak hanya pentol rebus saja, sekarang ada inovasi baru pentol bakar yang dikemas seperti sate. Bumbu khasnya inilah yang membuat pentol bakar terasa sangat menggoda. Rasa asam manis bikin kamu ketagihan. Harga pentol bakar per tusuk sekitar Rp5.000-an.

Sambel Wader

Wader adalah ikan kecil-kecil yang memiliki cita rasa gurih dan unik. Jika kamu penggemar ikan, jangan lupa mencicipi sambel wader ini. Tambahan bumbu-bumbunya membuat ikan wader sangat lezat, bahkan tetap lezat meskipun hanya dimakan dengan nasi hangat. Harga per porsinya beragam yaitu mulai dari Rp10.000-an.

Kerupuk Memble

Memang banyak masyarakat Jawa Timur yang tidak bisa makan tanpa kerupuk. Jadi jangan heran jika Mojokerto menawarkan banyak pilihan kerupuk untuk dijadikan oleh-oleh. Kerupuk memble cukup spesial karena melalui proses penggorengan sebanyak 2 kali. Cita rasanya gurih dan renyah seperti kerupuk pada umumnya.

Es Gronjongan Majapahit

Rekomendasi terakhir adalah es gronjongan majapahit. Dinamakan demikian karena kabarnya es ini sudah ada sejak era Majapahit. Bahan untuk membuat es berupa agar-agar, selasih, sirup, pandan, dan santan. Tambahan es membuat minuman satu ini semakin segar. Harga es gronjongan majapahit beragam mulai dari Rp5.000-an per mangkok.

Nah, itu dia deretan makanan khas Mojokerto yang murah tapi lezat dan mengenyangkan. Jangan lupa membawa oleh-oleh khas Mojokerto untuk orang di rumah. Banyak pilihan oleh-oleh yang pastinya bikin kangen kota satu ini. Selamat wisata kuliner!

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.