MenuKuliner.net

8 Rekomendasi Makanan Khas Ngawi yang Patut Dicoba, Dijamin Bikin Ngiler

Diposting pada 24 November 2023

Menikmati wisata kuliner menjadi salah satu hal yang memang tak boleh terlewatkan saat mengunjungi suatu daerah, tak terkecuali Ngawi. Salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur ini memiliki beragam kuliner khas. Meski tampak sederhana, makanan khas Ngawi memiliki cita rasa yang tak kalah dengan makanan dari daerah lainnya. Untuk mengetahui sejumlah hidangan khas dari Ngawi, simak ulasan berikut.

Inilah Makanan Khas Ngawi yang Patut Kamu Coba

Jika kamu berkesempatan datang ke Ngawi, jangan lupa untuk mencoba sederet makanan khasnya berikut ini:

Tepo Tahu

Tepo tahu merupakan salah satu kuliner legendaris khas Ngawi. Hidangan ini terbuat dari tahu dan beras dengan tambahan kuah yang telah diracik dengan bumbu khas. Menariknya, tahu yang digunakan sebelumnya telah dicampur dengan telur kemudian digoreng sehingga teksturnya berbeda dengan tahu biasanya.

Selain tekstur tahunya, tambahan kuah juga menjadikan makanan khas Ngawi ini semakin spesial. Meski sebenarnya kuah tepo tahu dibuat dari bahan yang terbilang sederhana yakni hanya menggunakan kecap, bumbu halus, dan air asam Jawa saja. Namun, aroma dan cita rasa yang dihasilkan dijamin bikin kamu tergoda untuk segera mencicipinya.

Lethok

Hidangan asal Ngawi yang satu ini menggunakan tempe semangit sebagai bahan utamanya. Ini merupakan jenis tempe yang difermentasi cukup lama sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang kuat. Hidangan bernama lain sambal tumpang ini kemudian diracik menggunakan bumbu yang terdiri dari kencur dan daun jeruk.

Beberapa orang biasanya juga menambahkan cabe rawit saat menyantap lethok. Bagi kamu yang penasaran, jangan lupa memburu kuliner satu ini saat berkunjung ke Ngawi, ya.

Nasi Pecel

Setiap daerah di Jawa Timur sepertinya memang memiliki makanan khas berupa nasi pecel, tak terkecuali Ngawi. Meski begitu, masing-masing daerah biasanya memiliki ciri khas dan sensasi rasa yang berbeda. Misalnya saja, keunikan nasi pecel di Ngawi terletak pada bumbu kacangnya.

Proses pengulekan bumbu kacang untuk nasi pecel Ngawi sengaja dibuat tidak terlalu halus. Hal ini agar butiran kasar dari kacang masih bisa dirasakan. Tak hanya itu, penyajian makanan khas Ngawi ini juga dilengkapi dengan rempeyek dan lethok atau sambal tumpang. Alhasil, cita rasa nasi pecel khas Ngawi dijamin nikmat tak kalah dengan yang ada di daerah lainnya.

Sate Ayam

Siapa yang tak suka makan sate ayam? Cita rasanya yang nikmat membuat semua orang sepertinya sulit menolak makanan satu ini. Namun, tahukah kamu bahwa Ngawi juga memiliki makanan khas berupa sate ayam yang berbeda dari sate pada umumnya loh. Perbedaan ini khususnya terdapat pada kecap yang digunakan.

Penggunaan kecap pada sate ayam khas Ngawi cenderung lebih sedikit. Hal ini tentunya sangat cocok bagi kamu yang kurang suka dengan cita rasa terlalu manis. Kalau kamu tertarik mencobanya, kamu bisa mudah menjumpai hidangan ini di berbagai warung.

Cokelat Tempe

Jika umumnya tempe diolah menjadi makanan asin seperti keripik atau gorengan, maka lain halnya dengan yang dilakukan oleh masyarakat Ngawi. Di daerah ini, tempe justru diolah bersama cokelat sehingga menjadi camilan manis.

Menariknya, hidangan ini memiliki berbagai varian rasa, mulai dari original, coklat susu, tiramisu, hingga cokelat putih. Sensasi rasa yang sangat unik membuat makanan satu ini wajib masuk dalam daftar wisata kulinermu. Makanan khas Ngawi ini pun bisa kamu jadikan buah tangan untuk dibagikan kepada teman atau sanak saudara.

Wedang Cemoe

Kuliner asal Ngawi yang satu ini sekilas memiliki kemiripan dengan ronde ataupun sekoteng. Bukan hanya tampilannya, sensasi rasanya pun tak jauh beda. Wedang cemoe sendiri berisi kacang tanah, roti tawar, jahe, santan, daun pandan, gula pasir, dan tambahan air putih.

Tak heran jika kuliner satu ini sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin karena bisa membantu menghangatkan tubuh. Selain itu, wedang cemoe pun juga dapat memberikan efek kenyang karena menggunakan roti tawar yang merupakan salah satu karbohidrat.

Dodol Jambu Merah

Kamu mungkin sudah cukup sering makan dodol khas Garut, tapi tak ada salahnya juga untuk mencoba dodol asal Ngawi yang satu ini. Apalagi dodol tersebut berbeda dengan jenis dodol lainnya karena dibuat dari jambu merah sebagai bahan utama. Oleh karena itu, tampilan dodol ini sangat cantik dengan warna merah jambunya.

Tak hanya dari segi visual, makanan khas Ngawi ini juga memiliki rasa yang tak kalah nikmatnya dengan jenis dodol lainnya. Kamu bisa menjadikan kuliner ini sebagai oleh-oleh. Apalagi dodol ini dikemas menggunakan besek bambu sehingga tampak sangat menarik. Kamu pun tak perlu khawatir karena harga dodol ini terbilang murah yakni mulai 6.000-an saja.

Ledre

Hidangan khas Ngawi ini dibuat dari pisang raja, tepung beras, santan, telur, gula pasir, dan minyak kacang. Ledre sudah cukup terkenal sejak ratusan tahun lalu dan masih eksis hingga saat ini. Hal tersebut tentu saja tak lepas dari rasanya yang lezat sehingga orang-orang pun ingin terus menikmatinya.

Kuliner yang juga terkenal di daerah Bojonegoro ini memiliki berbagai varian rasa. Mulai dari rasa original, stroberi, durian, dan beberapa rasa lainnya. Untuk bisa menikmati kuliner ini kamu cukup mengeluarkan uang senilai Rp23.000, harga ini tentu cukup terjangkau bukan?

Itulah sejumlah makanan khas Ngawi yang rasanya bikin ketagihan. Hidangan mana nih yang kira-kira paling bikin kamu ngiler?

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.