MenuKuliner.net

Rekomendasi 10 Makanan Khas Nganjuk yang Paling Ngangenin

Diposting pada 24 November 2023

Nganjuk adalah kota kecil di Provinsi Jawa Timur yang menyimpan sejuta pesona kuliner lezat. Letaknya dekat dengan kota Madiun yang terkenal dengan pecelnya. Tidak kalah dengan Madiun, Nganjuk juga menawarkan banyak makanan khas untuk kamu cicipi. Bahkan banyak wisatawan yang mengatakan jika makanan khas Nganjuk itu ngangenin.

Sudah penasaran ingin mencicipi makanan khas kota Nganjuk? Berikut rekomendasinya:

Nasi Pecel Khas Nganjuk

Berada dekat kota Madiun, tidak heran jika Nganjuk juga memiliki makanan khas berupa nasi pecel. Nasi pecel atau sego pecel memang cukup populer di Jawa Timur. Selain lezat, nasi pecel juga penuh dengan sayuran sehingga menyehatkan.

Ciri khas nasi pecel Nganjuk yaitu memiliki cita rasa yang sangat pedas. Tidak heran jika ada yang menyebutnya dengan sego pecel bledek. Saking pedasnya hingga seperti petir atau bledek. Pada umumnya harga nasi pecel khas Nganjuk sama seperti nasi pecel daerah lain yaitu Rp10.000-an per porsi.

Nasi Becek

Selain nasi pecel khas Nganjuk, kamu juga bisa mencicipi nasi becek. Makanan khas satu ini begitu ngangenin karena memiliki cita rasa yang membuat ketagihan. Nasi becek adalah nasi yang memakai lauk kari kambing. Isiannya sendiri berupa daging kambing dan juga bagian babat kambing.

Kombinasi antara pedas, asin, dan manis dari nasi becek ini begitu pas. Satu porsi nasi becek dijual dengan harga Rp13.000-an.

Dumbleg

Dumbleg adalah jajanan pasar yang sangat populer di wilayah Nganjuk dan sekitarnya. Bahan utamanya adalah tepung ketan atau beras yang dicampur dengan gula jawa dan santan. Keunikan lainnya dari dumbleg yaitu pembungkus berupa pelepah jambe.

Cita rasa yang ditawarkan yaitu manis, legit, hingga gurih. Sementara teksturnya mirip dodol karena terbuat dari tepung ketan. Ada dua pilihan varian yaitu dumbleg merah dengan campuran gula merah dan dumbleg putih tanpa gula merah. Dumbleg dijual dengan harga sekitar Rp10.000-an.

Sego Banting

Makanan khas Nganjuk selanjutnya yang bakalan bikin kangen adalah sego banting. Tidak hanya khas, sego banting termasuk makanan legendaris karena sudah ada sejak tahun 90-an. Sego sendiri di kota Nganjuk berarti nasi bungkus yang ukurannya tidak terlalu besar.

Mirip nasi kucing namun lebih besar dibandingkan nasi kucing pada umumnya. Isiannya berupa nasi, lauk pauk, serta sambal merah yang pedas. Harganya sangat terjangkau mulai dari Rp4.000-an saja per bungkus.

Tepo Mbah Umbruk

Tepo mbah umbruk merupakan makanan khas yang mirip lontong. Bahan utamanya juga beras yang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Pembungkusnya inilah yang membuat cita rasa dan aroma tepo mbah umbruk begitu ngangenin.

Tepo mbah umbruk selanjutnya disajikan bersama tambahan kacang tolo. Cita rasa gurih dan mengenyangkan membuat banyak wisatawan suka menyantapnya. Apalagi sulit menemukan makanan sejenis di kota-kota lainnya.

Gethuk Pisang

Selain dekat dengan kota Madiun, kota Nganjuk ini juga dekat dengan kota Kediri. Tidak heran jika beberapa makanan khasnya mirip dengan kota Kediri. Gethuk pisang juga menjadi salah satu makanan khas yang populer di Nganjuk.

Sesuai namanya, gethuk pisang terbuat dari pisang yang dihaluskan. Selanjutnya adonan akan dibungkus dengan daun pisang sehingga cita rasanya semakin khas. Gethuk pisang umumnya sering dijadikan oleh-oleh karena tahan lama. Harganya mulai dari Rp20.000 sampai dengan Rp30.000 per kemasan.

Nasi Jagung Sedudo

Bosan dengan nasi dari beras? Sepertinya nasi jagung sedudo menjadi kuliner yang cocok untuk kamu cobain. Nasi jagung sedudo adalah makanan favorit masyarakat Nganjuk karena cita rasanya yang berbeda dari nasi putih.

Biasanya nasi jagung sedudo dijual dengan tambahan lauk sederhana. Misalnya seperti rebusan sayur-sayuran, ikan asin, urap, dan sambal. Cita rasa sederhana inilah yang membuat nasi jagung sedudo ngangenin. Harga dari makanan satu ini yaitu mulai dari Rp10.000 sampai dengan Rp16.000-an saja.

Kerupuk Upil

Makanan khas Nganjuk lainnya yang bisa kamu jadikan oleh-oleh adalah kerupuk upil. Jangan salah, walaupun namanya unik namun cita rasanya ngangenin. Kerupuk upil merupakan jenis kerupuk yang memiliki cita rasa khas karena digoreng memakai pasir.

Biasanya kerupuk upil disantap bersama saus atau dimakan begitu saja. Selain gurih dan asin, kerupuk upil juga enak ketika dijadikan pendamping makanan berkuah seperti soto atau kari. Harganya pun sangat terjangkau yaitu Rp10.000-an per 250 gram.

Njeblos

Njeblos adalah sebutan tradisional untuk onde-onde ketawa. Bahan utama untuk membuat njeblos bukan tepung ketan melainkan tepung terigu. Selanjutnya bahan tersebut dicampur dengan pengembang kue dan dibentuk bulatan-bulatan.

Tidak lupa adonannya digulingkan pada wijen, baru kemudian digoreng. Dikatakan onde-onde ketawa karena muncul retakan saat digoreng di minyak panas. Retakannya ini yang membuat tampilannya terlihat seperti orang tertawa.

Namun sekarang ada banyak varian njeblos, tidak hanya bentuk tertawa saja. Njeblos sendiri bisa dijadikan oleh-oleh karena tahan lama. Harganya pun murah yaitu Rp13.000-an per 300 gram.

Sate Kenul

Jawa Timur memang tidak bisa lepas dari makanan sate. Di kota satu ini, ada sate khas yang bisa kamu cicipi yaitu sate kenul. Bahan utamanya adalah daging sapi yang dipotong dadu.

Selanjutnya di bagian atasnya ditambahkan parutan kelapa yang membuat cita rasanya semakin gurih. Satu tusuk sate kenul biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp2.500-an.

Nah, itulah daftar makanan khas Nganjuk yang terkenal ngangenin. Keunikan setiap kuliner lah yang membuat makanan dari Nganjuk ini bikin kangen. Kamu mungkin akan sulit mendapatkannya di tempat lain. Adakah makanan yang ingin kamu coba?

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.