MenuKuliner.net

Berbagai Macam Makanan Khas Ambon Yang Ikonik dan Wajib Dicoba

Diposting pada 24 November 2023

Makanan khas Ambon adalah bagian yang tidak boleh luput dari perhatian Anda selama berkunjung ke sana. Tinggal memilih sendiri ingin menikmati hidangan seperti apa, Kota Ambon siap memberikan cita rasa yang berkesan. Mulai dari makanan berkuah atau tanpa kuah, baik itu makanan ringan atau makanan utama.

Ambon adalah ibu kota dari Provinsi Maluku yang dikenal memiliki pesona alam indah. Ada banyak tempat pariwisata menarik buat dieksplorasi lebih lanjut. Agar liburan semakin seru, maka tidak boleh lupa untuk jelajah kuliner.

Ada begitu banyak pilihan makanan khas Ambon yang akan membuat lidah Anda bergoyang. Sepulang dari sini, Anda sudah mencicipi beberapa makanan yang hanya bisa ditemukan disana dan tidak bisa di daerah lain.

Ragam Pilihan Makanan Khas Ambon yang Bercitarasa Unik dan Istimewa

Ambon bukan hanya kota yang dianugerahi keindahan alam mempesona, melainkan juga kuliner lezat sebagai teman liburan. Bagi Anda yang belum tahu harus memilih apa saja, bisa menyimak beberapa rekomendasi berikut:

Ikan Kuah Pala

Ikan kuah pala adalah kuliner asli masyarakat Kepulauan Banda berbahan dasar ikan dengan ragam rempah-rempah pilihan sehingga menghasilkan rasa kuat. Sesuai namanya, sebagai bumbu utama tersebut ditambahkan pala.

Makanan khas Ambon ini menghadirkan cita rasa pedas asam yang bikin nagih. Agar lebih mantap dan menggugah selera, ikan kuah pala biasa dihidangkan bersama urap daun pepaya dan ikan bakar merah.

Nasi Kelapa

Makanan khas Ambon berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah nasi kelapa. Bentuk dan modelnya sangat mirip seperti nasi uduk, karena sama-sama berbahan dasar santan kelapa dan beras.

Namun, di Ambon ada sedikit perbedaan dalam proses pembuatannya. Dimulai dengan memasak beras setengah matang, baru kemudian ditambah santan kelapa dan mengaduk rata. Pemberian santan dilakukan sebanyak dua kali agar nasi tidak lengket dan lebih gurih.

Nasi sudah siap, maka sekarang menyiapkan bumbu. Yaitu terdiri dari parutan kelapa, cabai merah dihaluskan, bawang merah, terasi, garam, air perasan lemon dan penyedap. Campurkan parutan kelapa dengan semua bumbu yang disiapkan.

Masukkan larutan kelapa ke dalam wajan berisi nasi, masak selama 15 menit. Agar lebih harum, biasa ditambahkan irisan bawang putih. Nasi putih ambon seringkali dihidangkan bersama ikan goreng.

Rujak Natsepa

Rujak natsepa adalah makanan khas Ambon berasal dari Pantai Natsepa. Yang membedakan rujak ini dengan rujak di daerah lain adalah bahan dasarnya. Rujak natsepa sendiri dibuat dari bengkoang, belimbing, jambu, mangga, papaya, pala dan nanas.

Adapun sambal yang digunakan sebagai pelengkapnya berbahan dasar kacang tanah goreng, garam, asam jawa dan gula aren.

Kombinasi antara buah-buahan segar dan sambal kacang pedas sangatlah nampol. Paling pas dinikmati ketika siang hari panas, rasa pedasnya semakin menggigit lidah.

Sambal Colo Colo

Selain rujak, makanan khas Ambon lain yang siap memanjakan para pecinta pedas adalah sambal colo colo. Bahan utama yang digunakan untuk membuatnya terdiri dari daun seledri, tomat, bawang merah dan cabai rawit.

Semua bahan tadi kemudian diberi tambahan rempah-rempah, air perasan jeruk nipis dan sedikit garam. Sebagian orang juga menambahkan kecap manis, daun kemangi dan irisan kenari mentah.

Jika sambel umumnya diulek, maka sambal colo-colo tidak perlu. Anda bisa langsung menikmatinya, paling pas disandingkan bersama ikan goreng. Sambal colo-colo bercitarasa pedas agak asam.

Roti Kenari

Roti kenari bisa menjadi salah satu pilihan Anda ketika mencari makanan khas Ambon untuk oleh-oleh. Sesuai namanya, diatas lembaran roti tawar ini diberi topping kacang kenari. Pembuatan roti ini sama sekali tidak ribet, melainkan hanya dipanggang di open.

Yang membuat cita rasanya lezat dan spesial adalah kacang kenari. Rasanya gurih dengan tekstur mantap disetiap gigitan. Selain enak, roti kenari mampu bertahan lama. Sehingga wajar apabila sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

Nasi Lapola

Nasi lapola merupakan kudapan khas Ambon yang biasa dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat sekitar. Ini berbahan dasar beras, kacang tolo, santan dan garam. Cita rasa gurih dari santan dan kacang tolo memberikan kesan sendiri bagi para penikmatnya.

Proses pembuatan nasi lapola dimulai dengan mengukus beras sampai setengah matang, kemudian ditambah kacang tolo, santan dan sedikit garam. Jika semua bahan sudah dimasukkan, terakhir tinggal mengukus sampai matang.

Selan gurih enak, nasi lapola juga cukup mengenyangkan. Paling pas dinikmati bersama segelas teh hangat.

Pisang Asar

Jika bicara tentang kudapan yang pas untuk teman secangkir teh dikala sedang bersantai, maka Ambon masih memiliki pisang asar. Jajanan ini berbahan dasar pisang raja yang di oven. Ya, memang sesederhana itu untuk pembuatannya.

Jenis pisang lain tidak bisa dipakai untuk membuat pisang asar. Rasa manis khas pisang dan aroma panggang, terasa spesial. Jangan sampai lupa untuk mencicipinya selama di Ambon.

Nasi Bambu

Makanan khas Ambon satu ini adalah hidangan yang seringkali dikombinasikan dengan kuliner lain. Apalagi dicampur makanan berkuah, membuat nasi bambu terasa semakin spesial.

Nasi bambu berbahan dasar beras ketan, santan dan garam. Ketan yang sudah dicuci bersih, dimasukkan ke dalam bambu yang bagian dalamnya diberi alas daun pisang. Kemudian ditambah santan sampai merendam ketan, lalu dimasak selama kurang lebih 6 jam. Santan kelapa yang ditambahkan diberi garam secukupnya.

Nasi bambu bercitarasa gurih dan aroma khas dari daun pisang. Cukup mudah menemukan nasi bambu di warung makan di Ambon sana.

Kopi Sibu-Sibu

Selain mengeksplorasi ragam makanan khas Ambon, Anda pastinya juga butuh tempat nongkrong asik. Salah satu rekomendasi terbaiknya adalah rumah kopi sibu-sibu.

Kedai kopi ini sangat populer di Kota Ambon, dengan menu andalan kopi sibu-sibu dan kopi rarobang. Ia berasal dari biji kopi robusta yang dihaluskan dengan metode tradisional. Nantinya kopi ditambah bubuk cengkeh dan ditaburi biji kenari.

Bagaimana, sudah kebayang belum bagaimana cita rasa yang dihadirkan? Pasti mantap buat teman nongkrong bersama keluarga dan kerabat dekat.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai deretan makanan khas Ambon yang paling wajib buat dicoba. Sebagai hidangan utama ada ikan kuah pala dan rujak natsepa yang ikonik. Adapun kudapannya seperti pisang asar dan kue kenari. Jangan lupa nongkrong asik di kedai kopi sibu-sibu.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.