MenuKuliner.net

Deretan Olahan Daging Kurban Yang Anti Membosankan dan Lezat

Diposting pada 24 November 2023

Hari Raya Idul Adha adalah momen yang memberikan berkah tersendiri bagi umat muslim. Sebab, di hari tersebut ada daging kurban yang dibagikan dan biasanya cukup banyak. Baik itu daging kambing maupun daging sapi, setiap orang kebagian jatah masing-masing. Sayangnya, sebagian orang masih belum tahu bahwa ada banyak ide olahan daging kurban yang bisa Anda praktekkan nanti.

Ketika menerima pembagian daging kurban, sebagian besar orang hanya menggoreng, membuatnya sate atau kuah bumbu kuning. Tentu ini terasa membosankan apabila stok daging melimpah dan hanya itu-itu saja masakannya.

Agar lebih kreatif dan tidak mudah membosankan, mari disimak beberapa rekomendasi ide olahan daging kurban berikut ini. Sehingga, stok daging kurban dirumah bisa dimasak tanpa membuat bosan anggota keluarga.

Beraneka Macam Ide Olahan Daging Kurban yang Menggugah Selera

Mengolah daging kurban seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi beberapa orang. Pasalnya, mereka bingung harus membuat apa agar tidak membosankan. Daripada bingung, lebih baik mencoba beberapa menu dibawah ini:

Sop Daging

Bagi Anda yang sudah cukup bosan dengan olahan daging kurban kuah santan, maka bisa membuatnya menjadi sop daging. Sop dengan kuahnya yang bening dan ditambah berbagai macam sayuran kedalamnya, terasa begitu menyegarkan.

Daging diolah bersama kuah kaldu sapi dan menambahkan beberapa bahan pelengkap. Seperti irisan seledri, potongan daun bawang, tomat, kubis, buncis, wortel dan kentang.

Agar lebih nikmat, Anda juga bisa menambahkan tetelan atau tulang sumsum ke dalam sop. Jangan lupa memberikan taburan bawang goreng saat menyajikannya.

Gulai atau Gule

Gule atau gulai adalah makanan khas Idul Adha yang menjadi favorit bagi banyak orang. Meskipun begitu, masih sedikit orang yang paham bahwa kedua olahan daging kurban ini berbeda. Gulai berasal dari wilayah Sumatera, sedangkan gule dari Jawa.

Gulai mengadaptasi unsur masakan India dengan cita rasa gurih dan dimasak bersama beraneka macam rempah. Sementara itu, gule memiliki kuah tidak terlalu kental, lebih cair dan rasa gurihnya tidak sekuat gulai.

Rendang

Rendang adalah makanan khas Sumatera Barat yang kelezatannya sudah diakui oleh banyak negara di dunia. Jika sebelumnya Anda belum pernah memasak rendang, maka hari raya kali ini wajib buat mencoba.

Rendang adalah olahan daging sapi dan kambing yang menghadirkan tiga rasa sekaligus. Yaitu cita rasa gurih, pedas dan mengandung santan yang khas. Ada dua varian rendang yang bisa dibuat sesuai selera, yaitu rendang basah dan rendang kering.

Sate Goreng

Jika sate pada umumnya dipanggang diatas arang, maka kali ini sama sekali tidak menggunakan panggangan. Sehingga, Anda tidak perlu repot mencari panggangan apabila tidak memilikinya di rumah. Melainkan hanya ditumis dengan campuran rempah-rempah agar rasanya mantap.

Adapun bumbu yang perlu disiapkan adalah daun jeruk, kemiri, ketumbar, bawang putih, bawang merah, gula merah dan asam Jawa. Pertama-tama, daging kambing diungkep terlebih dahulu menggunakan gula merah, asem Jawa, bawang, kemiri dan ketumbar. Biarkan selama beberapa saat, sampai meresap sempurna.

Daging kambing yang sudah selesai diungkep kemudian ditumis dengan minyak samin, bawang putih, bawang merah, tomat, cabe rawit, kecap, garam dan lada.

Dendeng Balado

Ide olahan daging kurban yang berikutnya adalah dendeng balado. Cita rasanya yang lezat dijamin membuat Anda ingin tambah nasi berkali-kali. Apalagi ditambah irisan cabai untuk menciptakan sensasi rasa pedas, pasti membuat Anda dan keluarga merasa ketagihan.

Dendeng balado adalah olahan daging sapi diiris tipis dan digoreng sampai garing, nantinya dibalut sambal cabai merah berminyak sebagai pelengkap.

Pertama-tama, daging sapi direbus dahulu bersama garam, bunga lawang, bawang putih dan merica sampai empuk. Setelah itu, tiriskan daging sapi dan pukul-pukul sampai melunak.

Goreng daging sapi yang sudah ditumbuk sampai garing, kemudian tambah sambal balado tumis ulek kasar. Rasanya dijamin mantap dan menggoyang lidah, apalagi bagi penggemar pedas.

Nasi Goreng Kambing

Siapa bilang olahan daging kurban tidak ada yang cocok buat sarapan, Anda mungkin lupa bahwa ada menu simpel namun sangat lezat. Daripada bingung mau menghabiskan stok daging di rumah buat apa, cobalah membuat nasi goreng kambing.

Bumbu rempah yang digunakan untuk membuat nasi goreng kambing adalah daun salam, kayu manis, jintan, kunyit, cabai, bawang merah, bawang putih, cengkeh dan kapulaga.

Agar menciptakan aroma dan cita rasa khas, yang paling penting adalah minyak samin. Tumis semua bumbu rempah, kalau sudah harum masukkan nasi putih, daging kambing, garam dan kecap. Aduk-aduk sampai merata.

Kambing Oven

Apakah Anda di rumah memiliki oven? Kalau begitu, bisa mencoba membuat makanan khas Mesir satu ini. Bumbu halus yang dibutuhkan antara lain gula, garam, merica, garam masala, jinten, ketumbar, jahe, bawang merah dan bawang putih.

Olahan daging kurban kali ini menggunakan bahan dasar paha kambing, karena cepat empuk ketika dimasak. Setelah dibersihkan, paha kambing diolesi bumbu halus. Kemudian dipanggang di oven bersuhu 200 derajat Celcius selama kurang lebih 45 menit.

Agar rasanya semakin mantap, hidangkan bersama sambal kecap. Dijamin deh membuat Anda menyukainya.

Rawon

Rawon adalah makanan khas Jawa Timur yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ketika bingung harus mengolah daging kurban menjadi apa. Rawon dengan ciri khas kuahnya yang hitam pekat cukup menggugah selera.

Selain kluwek, rawon terbuat dari berbagai macam rempah-rempah alami seperti jahe, lengkuas, ketumbar, kemiri, bawang putih, bawang merah, daun salam, daun jeruk dan serai. Agar lebih lengkap, Anda juga bisa menambahkan tauge ke dalamnya.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai ragam ide olahan daging kurban yang menggugah selera dan nampol di lidah. Jika menginginkan menu berkuah segar, maka tinggal memilih sop daging. Ada rawon untuk Anda yang menginginkan makanan lezat ataupun nasi goreng kambing yang simpel.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.