MenuKuliner.net

Rekomendasi 13 Makanan Khas Bangka dengan Keunikan Rasanya

Diposting pada 24 November 2023

Suka wisata kuliner? Kamu wajib banget cobain keanekaragaman dan keunikan kuliner khas Bangka. Bangka sendiri memang lebih terkenal dengan pantainya yang indah dan nyaman. Namun makanan khas Bangka tak kalah menggoda dari keindahan alamnya. Selain itu, cita rasa yang unik dan beragam bisa memuaskan hobi wisata kulinermu.

Rekomendasi Makanan Khas Bangka yang Lezat

Jika liburan ke Bangka, jangan lewatkan untuk menyantap beragam makanan khasnya. Berikut beberapa pilihan makanan khas untuk kamu coba:

Berego

Makanan satu ini tampak mirip dengan lontong opor yang sering kamu temukan saat lebaran. Bedanya lontong dari beras, sedangkan berego dari tepung sagu dan tepung beras.

Berego yang sudah dipotong-potong selanjutnya disajikan bersama kuah kari ikan. Biasanya masyarakat Bangka menyantap berego bersama makanan khas lain seperti gangan atau lakso.

Lempah

Sebagai makanan khas, lempah masih sering dihidangkan pada acara penting seperti upacara adat. Bumbu rempah yang dipakai membuat makanan ini beraroma kuat dan khas. Biasanya terbuat dari daging ikan segar dan daging sapi.

Kamu bisa menemukan tiga varian lempah dengan keunikan masing-masing. Pertama lempah kuning yang menggunakan bumbu kunyit. Lalu ada juga lempah darat dan lempah bulat. Lempah kuning paling populer dan khas di Bangka Belitung.

Kue Si Kentut

Kue Si Kentut adalah kue spesial yang hanya bisa kamu temukan di daerah Bangka dan sekitarnya. Di kawasan Pulau Bangka, kue ini begitu digemari karena cita rasanya yang lezat.

Nama kue kentut sendiri berasal dari nama daun yang membungkusnya yaitu daun si kentut. Kalau kamu liburan ke Bangka, jangan lewatkan mencicipinya. Rasanya manis gurih sehingga ingin makan terus.

Martabak Manis

Martabak manis mungkin mudah kamu temukan di kota lain, termasuk pulau Jawa. Namun perlu kamu tahu bahwa martabak manis menjadi salah satu makanan khas Bangka.

Cita rasa yang ditawarkan martabak manis Bangka berbeda dari kota-kota lain. Jadi jika kamu pencinta martabak, jangan pernah melewatkan untuk mencicipinya. Harganya pun tidak jauh berbeda dengan martabak-martabak di Jawa.

Mie Ayam Bangka

Sama seperti martabak manis, mie ayam juga termasuk makanan yang mudah ditemukan di tempat lain. Namun mie ayam Bangka terkenal dengan tekstur kenyalnya dan rasa yang gurih.

Ada beberapa tambahan sayuran dan tauge untuk menambah cita rasa. Selain itu, mie ayam Bangka juga disantap bersama kuah kaldu ayam sehingga lebih kaya rasa.

Tahu Tok

Tahu tok adalah kuliner murah meriah yang lezat dan nagihin. Sesuai namanya, tahu tok berisi tahu bakso yang kemudian disajikan bersama kuah gurih.

Karena masyarakat Bangka menggemari tahu tok, kamu mudah menemukannya di berbagai tempat. Jangan lupa tambahkan sambal dan saus agar cita rasanya semakin menggugah selera.

Lakso

Jika membahas mengenai makanan khas dari Bangka, maka kita tidak boleh melewatkan lakso. Lakso adalah makanan khas yang memakai tepung beras atau tepung sagu sebagai bahan utama. Tampilannya mirip mie bakso dengan cita rasa gurih.

Bedanya, lakso memakai kuah santan yang dibuat dari ikan. Kebanyakan masyarakat Bangka menjadikan lakso sebagai menu sarapan atau makan siang. Paling enak dimakan ketika masih hangat.

Belacan

Belacan adalah sejenis terasi. Namun makanan khas satu ini terbuat dari hasil fermentasi ikan atau hasil laut lainnya. Berbeda dengan terasi yang biasanya dari rebon dan udang.

Fungsinya sama seperti terasi untuk bumbu tambahan pada makanan. Kamu bisa mencari sambal belacan dan menyantapnya dengan makanan khas lain.

Pantiaw

Pantiaw merupakan makanan khas yang memiliki kuah unik dari ragam rempah seperti bawang, seledri, dan lain-lain. Makanan ini seperti mie yang panjang.

Bahan untuk membuat pantiaw adalah daging ikan diiris tipis atau dipotong halus. Tambahan taburan bawang goreng di atasnya membuat pantiaw menjadi sangat lezat. Kamu bisa menemukan pantiaw dengan mudah di kota Pangkal Pinang.

Kericu

Cari makanan khas Bangka yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh? Kericu bisa kamu jadikan pilihan. Kericu adalah camilan ringan dari telur cumi-cumi dan sagu. Cita rasanya gurih dan asin karena tambahan bumbunya.

Selain dijadikan camilan, kericu juga sering dijadikan teman makan siang layaknya kerupuk. Harga kericu Bangka cukup terjangkau yaitu sekitar Rp35.000-an untuk kemasan 250 gram.

Rusip

Masyarakat Bangka memang suka dengan makanan yang difermentasi. Selain belacan, kamu juga bisa menemukan makanan fermentasi lainnya yaitu rusip. Bahan utamanya adalah ikan teri yang kemudian dicampur dengan gula jawa dan rempah-rempah lain.

Cita rasanya sangat unik karena membutuhkan waktu fermentasi hingga satu minggu lamanya. Kebanyakan orang menyantap rusip bersama lalapan seperti kacang panjang, timun, wortel, dan lain sebagainya. Tidak hanya lezat, rusip juga menyehatkan.

Siput Gonggong

Bangka dekat dengan laut jadi tidak heran jika banyak makanan khas berbahan hasil laut. Siput gonggong adalah hasil laut sejenis kerang. Biasanya disajikan bersama dengan sambal dan juga nasi. Kamu bisa menyantapnya untuk makan siang setelah jalan-jalan di pantai.

Mie Koba

Rekomendasi terakhir adalah mie koba yang populer di Bangka Tengah. Di daerah tersebut, penyajian mie koba juga sangat unik. Mie ini berisi mie, telur, dan seledri yang kemudian disiram oleh kaldu daging ikan tenggiri. Biasanya ada tambahan bawang goreng dan perasan jeruk nipis agar cita rasanya semakin beragam.

Sangat menggugah selera bukan? Daftar di atas hanya beberapa makanan khas Bangka yang paling direkomendasikan. Selain 13 makanan di atas, Bangka masih memiliki banyak makanan khas dan oleh-oleh. Jelajahi keindahan Bangka untuk menyimpan memori yang berharga. Selamat berwisata kuliner!

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.