MenuKuliner.net

7 Makanan Khas Palu yang Wajib Dicoba Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Diposting pada 24 November 2023

Kota Palu tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah, tetapi juga mempunyai makanan khas yang harus dicoba ketika singgah di kota ini. Beberapa makanan khas Palu menjadi incaran para pengunjung domestik hingga internasional karena makanannya menyimpan rasa otentik dan sangat jarang ditemukan di kota lain.

Hidangan yang disajikan kota berwilayah di pesisir pantai ini, sebagian besar olahan dari ikan dan daging. Kemudian dimasak dengan bumbu rempah dan resep rahasia lainnya. Menghasilkan makanan khas Palu mempunyai cita rasa yang beragam dan spesial.

Makanan khas Palu yang menggunakan ikan seperti Palumara dan Uta Dada. Selain itu, ada juga makanan khas Palu yang berupa sayuran seperti Milu Siram dan Ute Kelo. Tentunya selain 4 makanan tersebut, masih banyak lagi yang bisa kamu coba.

Makanan Khas Palu yang Wajib Dicoba Setidaknya Sekali Seumur Hidup

Penasaran apa saja makanan khas Palu yang menjadi andalan baik warga lokal maupun para pengunjung? Berikut kami sajikan hanya untuk kamu. Makanan khas Palu ini sudah menjadi rekomendasi banyak orang, maka dari itu jika kamu singgah ke kota ini jangan pernah melewatkan salah satu makanan tersebut. Tiap-tiap makanannya mempunyai ciri khasnya masing-masing, ketika lidah kamu merasakannya akan dapatkan sensasi yang sungguh istimewa.

Palumara

Pada hidangan pertama ini dijuluki Palumara yang berbahan dasar utamanya memakai ikan. Makanan satu ini berasal dari Kaili, Pulau Sulawesi. Palumara ini berupa sajian sup ikan yang mempunyai rasa cenderung pedas dan asam. Sup kuah kuning ini memakai bumbu khas Palu yang disajikan bersama tomat dan cabai merah untuk memberikan tampilan menyegarkan. Untuk ikannya sendiri didapat dari laut Palu sendiri, seperti ikan kakap, ikan tongkol, maupun ikan bandung.

Uta Dada

Selanjutnya ada Uta Dada yang namanya berasal dari bahasa Kaili, salah satu suku asli Palu. Uta Dada memiliki arti kuah santan. Berbahan dasar santan memberikan rasa gurih yang menambah kelezatan tersendiri pada makanan.

Namun, Uta Dada tidak hanya memiliki rasa gurih saja, adanya cabai pada kuah memberikan makanan ini sungguh nikmat jika ada sedikit rasa pedas. Untuk bahan dasar Uta Dada mempunyai dua varian, yakni menggunakan potongan dada ayam dan memakai ikan cakalang yang dibakar atau diasap.

Cara menikmati sajian ini akan lebih lengkap jika menggunakan ketupat atau lontong. Tidak hanya kelezatan Uta Dada yang didapat, kamu akan merasa kenyang dan lebih puas setelah menyantapnya.

Kaledo

Kali ini makanan khas Palu mempunyai keunikanan tersendiri pada bahan utamanya. Sesuai namanya, Kaledo adalah singkatan dari kaki lembu Donggala. Ya tidak salah lagi, hidangan utamanya menggunakan potongan kaki lembu atau sapi.

Kaledo ini diolah menggunakan bumbu-bumbu khas yang dicampur dengan kaldu kaki lembu. Campuran tersebut akan menjadi sajian jenis sup kaki lembu yang mempunyai cita rasa yang lezat dan sungguh gurih karena permainan kaldu yang menjadi andalan.

Duo Sale

Duo Sale berupa sambal yang menjadi makanan khas Palu karena sering dijadikan buah tangan atau oleh-oleh. Duo Sale ini menggunakan bahan dasar ikan teri yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Setelah dikeringkan, ikan teri digoreng hingga matang dan bertekstur padat.

Jika proses ikan teri sudah matang, tinggal ditambah sambal yang telah diolah dengan bahan-bahan seperti cabai merah, bawang merah, dan tomat. Jika sudah jadi, Duo Sale ini mempunyai tampilan yang sungguh menggugah selera, apalagi kamu yang suka sekali rasa pedas. Duo Sale ini sangat cocok sekali dimakan bersama nasi putih atau nasi jagung yang masih hangat.

Milu Siram

Hidangan Milu Siram sangat cocok bagi kamu yang menyukai makanan berbahan dasar jagung. Bagaimana tidak, makanan yang berjenis sup ini dalam penyajiannya penuh dengan jagung yang sudah direbus.

Selain menggunakan jagung sebagai bahan dasar, penggunaan ikan cakalang atau udang menjadikan Milu Siram kaya akan protein. Untuk memberikan aroma harum yang sedap, Milu Siram biasanya akan ditambahkan daun kemangi dan tomat segar.

Milu Siram sendiri mempunyai rasa yang cenderung manis, asin, dan pedas. Sajian kali ini sangat dipercaya mampu menghancurkan kolesterol yang jahat pada tubuh. Jadi, selain nikmat Milu Siram juga kaya akan manfaat.

Kapurung

Hidangan Kapurung ini mempunyai bahan dasar menggunakan sagu. Setelahnya melewati proses pemasakan yang cenderung mudah, cukup larutkan sagu memakai air panas. Sagu dengan sendirinya akan mengental dan kenyal.

Setelah itu, sagu yang telah jadi akan dibuat berbentuk bulat-bulat selayaknya bakso. Pada penyajian menggunakan kuah dan sayuran pilihan yang segar.

Makanan ini sangat cocok dinikmati saat musim dingin dan saat membutuhkan kesegaran. Kuah yang hangat akan memberikan kehangatan dan kesegaran. Belum lagi sagu yang telah dibulat, memberikan tekstur pada mulut akan kekenyalan yang unik.

Uta Kelo

Seperti namanya, Uta Kelo ini memakai daun kelor sebagai bahan utamannya. Makanan khas Palu ini menjadi unik karena jarang ditemukan di daerah-daerah lainnya. Selain menggunakan daun kelor, untuk memberikan rasa yang gurih hidangan ini memakai santan. Dengan tampilan kuah putih kecoklatan yang kental ini sangat cocok dikonsumsi untuk siapa saja. Walaupun dengan bahan-bahan dan tampilan sangat sederhana, Uta Kelo ini membuat siapa saja yang mencicipinya bakal ketagihan dan pastinya ingin lagi.

Itulah rekomendasi 7 makanan khas Palu yang mempunyai rasa istimewa dan tidak bakal mengecewakan lidah kamu. Mulai dari hidangan utama, sayuran, hingga sambal semuanya enak dan bikin nagih. Jadi, segera nikmati satu persatu ketika singgah di Kota Palu.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.