MenuKuliner.net

9 Daftar Makanan Khas Brebes yang Wajib Dicoba

Diposting pada 24 November 2023

Banyaknya daerah di Jawa Tengah membuat banyak juga berbagai makanan khasnya. Seperti salah satunya di daerah Brebes. Berbagai makanan khas Brebes pun sangatlah beragam. Mulai dari makanan berat, sampai camilan yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

Menjadi perlintasan utama Jakarta menuju beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur membuat lalu lintas Brebes cukup ramai. Tentu saja tidak sedikit yang menjadikan Brebes sebagai tempat untuk beristirahat sejenak. Nampaknya, akan terasa kurang jika hanya beristirahat tanpa mencicipi makanan khasnya.

Makanan Khas Brebes

Umumnya, kebanyakan makanan khas dari Brebes memiliki cita rasa yang berbeda, baik manis, asin, gurih, atau pedas. Perbedaan cita rasa inilah yang membuat orang-orang tertarik untuk mencicipinya. Nah, berikut ini terdapat 9 daftar makanan yang wajib kamu coba.

Sate Blengong

Makanan khas Brebes pertama yang wajib dicoba ialah sate blengong. Sate satu ini berbeda dengan jenis sate lainnya, sebab menggunakan daging blengong sebagai bahan utama. Blengong sendiri merupakan persilangan antara mentok dan bebek.

Dalam pembuatannya, daging blengong biasa direbus terlebih dahulu dengan menggunakan santan dan berbagai rempah lainnya. Perebusan ini dilakukan dalam waktu yang lama untuk membuat daging lebih empuk dan bumbunya lebih meresap. Meskipun memang tekstur terasa berserat, tetapi rasanya tetap lembut.

Telur Asin

Selanjutnya, ada telur asin yang menjadi makanan khas dari Brebes. Telur asin khas Brebes biasanya memiliki tekstur sedikit kasar dan rasanya gurih. Tidak heran memang jika makanan yang satu ini sangat populer dan banyak dicari orang-orang.

Makanan khas Brebes ini ternyata merupakan upaya peternak untuk melakukan pengawetan di tahun 1950-an. Pada saat itu, peternak itik di Brebes menghasilkan telur yang sangat banyak per harinya. Sehingga mereka melakukan upaya untuk mengawetkan telur tersebut.

Kupat Glabed

Berbicara tentang makanan khas dari Brebes, rasanya tidak lengkap jika tidak membahas kupat glabed. Makanan yang paling populer ini merupakan sajian yang terdiri dari ketupat dan kuah kuning kental bernama glabed.

Kuah kuning glabed sendiri lebih kental dibandingkan dengan kuah opor. Itu sebabnya memiliki cita rasa yang lebih gurih. Untuk satu porsi kupat glabed, biasanya terdiri dari kupat, sayur kuning, potongan tempe kecil, kerupuk mie kuning, dan sambal merah. Adapun untuk pelengkapnya ialah sate kerang, sate ayam, atau sate kikil.

Kepiting Soka

Makanan khas Brebes yang lainnya ialah kepiting soka. Makanan ini selalu menjadi favorit, baik bagi masyarakat Brebes atau pun wisatawan. Kepiting soka biasanya diolah dengan cara dimasak sampai dengan cangkangnya menjadi lunak. Setelahnya, baru kepiting akan dipadukan dengan saus pedas dan rempah yang khas.

Cangkangnya yang lunak akan memudahkan kamu dalam memakannya. Terlebih dagingnya sangat empuk dan bumbunya meresap sampai ke dalam. Sajian kepiting soka sendiri biasanya ditemukan dalam berbagai pilihan rasa, mulai dari bumbu asam manis, rendang, sampai dengan rica-rica.

Soto Batok

Selanjutnya, kamu juga wajib mencoba soto batok dari Brebes. Makanan ini juga masuk sebagai salah satu makanan yang populer dan banyak dicari oleh para wisatawan. Keunikan dari soto ini terletak pada wadah yang digunakan, yaitu batok kelapa.

Makanan khas Brebes memiliki bahan yang hampir mirip dengan soto pada umumnya. Perbedaannya terletak pada kuah yang digunakan. Kuah soto batok sendiri merupakan kuah bening yang dilengkapi dengan isian berupa telur rebus, kentang, irisan jeroan ayam, dan ayam suwir.

Nasi Lengko

Nasi lengko juga wajib kamu coba jika berkunjung ke Brebes. Nasi lengko merupakan sajian hangat yang disajikan dengan aneka lauk di atas. Tentu saja sajian ini sangat menggugah selera dan membuat siapa saja ketagihan dengan rasanya.

Satu porsi nasi lengko umumnya disajikan dengan tambahan beberapa lauk, seperti di antaranya tahu goreng, tempe goreng, toge, dan mentimun. Selanjutnya, nasi ini akan diberi guyuran sambal kacang sangat nikmat. Sehingga bisa menghadirkan rasa yang gurih, asin, dan manis.

Rujak Belut

Rujak belut merupakan makanan khas Brebes lain wajib kamu coba. Makanan ini memang terbilang unik, tetapi memiliki cita rasa yang sangat lezat. Daging belut yang gurih dipadukan dengan bumbu rujak, sudah pasti menghasilkan rasa tak biasa dan bisa membuat ketagihan.

Katanya, makanan yang satu ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan memiliki resep yang turun temurun. Oleh sebab itu, keunikan dari rasa makanan ini masih terjaga. Umumnya, makanan ini sangat mudah ditemukan. Sebab, banyak orang yang menjualnya.

Adep-Adep Brebes

Sajian satu ini mungkin terdengar asing bagi beberapa orang, tetapi ternyata sangat populer di kalangan wisatawan. Adep-adep sendiri merupakan makanan yang terdiri nasi, tahu goreng, tempe goreng, ayam bacem, ikan asing, sayuran, jengkol, dan sambil. Untuk sayuran yang digunakan biasanya adalah daun singkong, kacang panjang, dan mentimun.

Kerupuk Tulang Bandeng

Makanan khas Brebes terakhir yang akan dibahas ialah kerupuk tulang bandeng. Sesuai dengan namanya, kerupuk ini memang dibuat dari bahan dasar tulang ikan bandeng. Tentu saja tulang bandeng yang digunakan sudah diolah terlebih dahulu. Sehingga, bisa menjadi sajian yang gurih dan enak.

Kerupuk ini kerap dijadikan sebagai camilan atau lauk untuk makan. Selain dimakan langsung, beberapa pengunjung banyak menjadikan kerupuk ini sebagai oleh-oleh.

Demikianlah berbagai deretan makanan khas Brebes yang wajib kamu coba. Mulai dari makanan berat sampai dengan makanan yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.