MenuKuliner.net

8 Makanan Khas Ternate Paling Enak dan Legendaris, Tawarkan Cita Rasa Unik yang Patut Dicoba

Diposting pada 24 November 2023

Ternate merupakan sebuah kota yang berada di wilayah Indonesia bagian timur, tepatnya di Provinsi Maluku Utara. Selain menyuguhkan keindahan alam, kota ini juga memiliki kuliner yang beraneka ragam. Makanan khas Ternate menawarkan cita rasa unik sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

Makanan Khas Ternate Paling Enak dan Legendaris

Jika berkesempatan singgah di kota ini, pastikan untuk mencicipi kuliner khas Ternate yang enak dan legendaris. Mulai dari jajanan tradisional hingga makanan berat, semuanya sayang jika dilewatkan. Agar kamu tak bingung memilih makanan enak di Ternate, berikut sejumlah kuliner khas daerah ini yang patut dicoba.

Gohu Ikan

Pernah mencoba makanan Jepang bernama sashimi? Ternate ternyata memiliki kuliner serupa yang terbuat dari ikan tuna mentah, yaitu Gohu Ikan. Selain ikan tuna, makanan ini juga biasanya menggunakan ikan cakalang meskipun teksturnya sedikit lebih kasar.

Gohu Ikan khas Ternate terbuat dari potongan daging ikan yang dilumuri perasan lemon dan garam serta ditaburi tumisan cabai rawit, kenari, dan bawang merah. Dengan begitu, hidangan ini tak terasa amis saat disantap meskipun menggunakan ikan mentah sebagai bahan utama.

Makanan yang sering dijuluki sebagai sashimi Ternate ini memiliki cita rasa yang gurih, asam, manis, dan sedikit pedas. Gohu Ikan biasanya disantap dengan makanan pendamping khas daerah ini seperti singkong rebus, sagu, dan pisang rebus.

Boboto

Salah satu makanan khas Ternate yang paling legendaris adalah Boboto. Makanan ini terbuat dari bahan utama berupa ikan cakalang segar maupun ikan cakalang fufu.

Proses pembuatan Boboto adalah daging ikan dicincang bersama kenari dan dibumbui dengan jahe, bawang merah, bawang putih, garam, dan cabai. Selanjutnya, makanan ini dibungkus daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus.

Tampilan makanan ini memang cukup mirip dengan Bothok, makanan khas yang berasal dari Jawa. Meski demikian, cita rasa Boboto khas Ternate tetap unik dan berbeda karena menggunakan kacang kenari.

Nasi Lapola

Nasi Lapola merupakan makanan yang sering dijadikan menu sarapan oleh masyarakat Ternate. Makanan khas yang dibungkus daun pisang ini terdiri dari nasi dengan campuran kacang tolo, parutan kelapa, daun salam, serai, dan garam sehingga memiliki rasa gurih yang sangat lezat.

Nasi Lapola biasanya disantap dengan aneka lauk pauk mulai dari ikan goreng, telur dadar, sambal, hingga sayur – sayuran. Tak ada salahnya kamu menjadikan makanan ini sebagai menu sarapan saat singgah di Ternate.

Papeda

Jika bosan dengan sajian nasi, kamu bisa mencoba Papeda yang menjadi makanan pokok bagi masyarakat Ternate. Berbahan dasar tepung sagu, makanan ini memiliki tekstur yang kental dan lengket dengan tampilan seperti lem. Oleh sebab itu, hidangan ini dimakan dengan cara menggunakan sumpit yang diputar – putar saat mengambilnya. Agar lebih mudah, kamu juga bisa langsung menyeruputnya dari piring.

Meski tampilannya cukup unik, Papeda merupakan makanan khas Ternate yang termasuk ke dalam kuliner paling disukai wisatawan karena rasanya yang enak dan lezat. Makanan ini umumnya disantap dengan kuah kuning yang segar. Sajian ini juga biasa dilengkapi dengan lauk berupa ikan, tahu, tempe, dan lalapan.

Gatang Kenari

Makanan khas berikutnya yang cukup populer dengan cita rasa unik adalah Gatang Kenari. Bahan dasar pembuatan kuliner khas Ternate ini adalah kepiting kenari. Berbeda dari jenis kepiting lain, kepiting kenari hidup di darat dengan memakan kelapa. Oleh sebab itu, daging kepiting ini terasa lebih gurih dan manis.

Dalam pembuatan Gatang Kenari khas Ternate, kepiting dimasak dengan banyak bumbu rempah seperti bawang, jahe, lengkuas, kemiri, kunyit, cabai, dan santan. Maka tak heran jika masakan ini memiliki rasa yang sangat lezat dan menjadi kuliner primadona bagi wisatawan yang datang ke Ternate.

Waku Komo – komo

Saat berlibur ke Ternate, kamu juga harus mencoba Woku Komo – Komo yang merupakan kuliner andalan asal daerah ini. Makanan legendaris yang terbuat dari sagu atau batang rumbia ini dimasak dengan bumbu rempah dan potongan jeroan ikan yang telah ditumis.

Proses pembuatan Waku Komo – komo dilakukan dengan cara dibakar dalam bungkusan daun pisang. Oleh sebab itu, aroma dari makanan ini sangat khas dan memiliki cita rasa yang gurih.

Kue Bagea

Bingung mencari oleh – oleh khas Ternate yang hendak dibawa pulang? Maka kamu bisa membeli makanan khas Ternate bernama Kue Bagea. Makanan berwarna cokelat pucat dengan bentuk bulat ini memiliki tekstur yang kering sehingga akan tahan lama dalam perjalanan.

Dengan terbuat dari tepung sagu yang dicampur kenari, kue ini memiliki rasa manis dan gurih yang siap memanjakan lidah. Selain untuk camilan, Kue Bagea akan terasa semakin nikmat jika disantap dengan secangkir teh maupun kopi hangat.

Halua Kenari

Makanan khas Ternate lainnya yang awet dan tahan lama sehingga terjamin aman untuk dibawa pulang adalah Halua Kenari. Sesuai dengan sebutannya, camilan ringan ini menggunakan biji kenari sebagai bahan dasar pembuatannya.

Kue dengan rasa gurih dan manis ini dilapisi cairan gula merah yang kental sehingga bentuknya tampak menggumpal dan teksturnya cukup lengket. Bagi kamu yang datang ke Ternate, jangan lupa membeli Halua Kenari sebagai oleh – oleh untuk keluarga maupun kerabat di kampung halaman.

Semua makanan khas Ternate terkenal dengan cita rasa yang unik sehingga patut untuk dicoba. Bagi yang penasaran, silahkan untuk mencicipi sejumlah kuliner legendaris asal Ternate yang telah direkomendasikan. Selamat mencoba!

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.