MenuKuliner.net

7 Makanan Khas Rembang Paling Terkenal dan Enak, Wajib Kamu Coba!

Diposting pada 24 November 2023

Selain memiliki banyak objek wisata, Rembang yang berada di Jawa Tengah juga identik dengan beragam macam kuliner lezat. Berlibur ke daerah ini rasanya akan kurang lengkap jika tidak mencoba makanan khas Rembang yang terkenal enak dan menggiurkan. Oleh sebab itu, pastikan kamu meluangkan watu untuk mengeksplor kuliner khas daerah ini.

Makanan Khas Rembang

Makanan khas Rembang pada umunya memiliki cita rasa yang cenderung gurih dan pedas. Meski demikian, ada beberapa menu lain dengan rasa manis yang tak kalah lezatnya. Dari sekian banyak kuliner khas Rembang, berikut sejumlah rekomendasi makanan paling terkenal dan enak yang wajib kamu coba saat mampir ke daerah yang dijuluki ‘Kota Garam’ ini.

Lontong Tuyuhan

Kuliner pertama bisa kamu cicipi saat datang ke Rembang adalah Lontong Tuyuhan. Makanan dari Desa Tuyuhan yang berada di Rembang ini cukup terkenal dan sangat digemari warga setempat maupun para wisatawan.

Lontong Tuyuhan khas Rembang memiliki kuah yang tidak begitu encer dan tak terlalu kental. Sajian makanan ini berisi lontong dengan bentuk segitiga dan kuah sayur kuning yang bersantan. Penyajian lontong tuyuhan biasanya dilengkapi tempe, daging ayam, dan taburan bawang goreng.

Urap Latoh

Berbeda dari urap yang pada umumnya terdiri dari kacang panjang, kangkung, maupun daun pepaya, Urap Latoh khas Rembang menggunakan latoh sebagai bahan utamanya. Latoh sendiri merupakan jenis rumput laut yang banyak dijumpai di perairan laut Rembang, tepatnya di Kecamatan Lasem.

Latoh yang telah dibersihkan tidak dimasak, melainkan langsung dicampur dengan bumbu urap yang terbuat dari parutan kelapa, bawang putih, kencur, daun jeruk, cabai, garam, dan terasi. Makanan dengan cita rasa gurih dan pedas ini akan semakin nikmat jika dimakan bersama nasi putih hangat.

Selain lezat, Urap Latoh merupakan makanan yang sehat karena bahan utamanya kaya akan nutrisi seperti serat, zinc, zat besi dan protein. Bahan makanan ini juga dikenal mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk mencicipi makanan khas Rembang yang satu ini.

Soto Rembang

Kuliner selanjutnya yang perlu dicoba saat datang ke daerah ini adalah Soto Rembang. Hampir sama dengan soto pada umumnya, hidangan ini terdiri dari mie bihun, kol, taoge, tomat, jeruk nipis, telur, suiran ayam, dan taburan bawang goreng.

Ciri khas Soto Rembang yang membedakannya dengan masakan soto asal daerah lain adalah kuah yang lebih kental. Kuah pada Soto Rembang dibuat dengan penambahan santan beserta bumbu lain berupa lengkuas, jahe, kunyit, serai, bawang merah, bawang putih, dan daun salam.

Penggunaan bumbu yang melimpah membuat makanan ini memiliki cita rasa yang gurih dan sangat kuat. Seporsi Soto Rembang akan cocok disantap sebagai menu makan siang yang lezat dan menggugah selera.

Sate Srepeh

Jika kamu termasuk pecinta sate, maka wajib mencoba Sate Srepeh khas Rembang yang terkenal enak dan lezat. Meski sekilas terlihat seperti sate ayam pada umumnya, jenis bumbu yang digunakan untuk membuat Sate Srepeh sangat berbeda. Bumbu sate ini menggunakan santan yang dimasak dengan garam, cabai merah, dan penyedap rasa.

Sate Srepeh biasanya disajikan bersama tahu campur dan nasi yang disiram dengan kuah lodeh. Rasa gurih dan pedas dari bumbu sate ini membuat Sate Srepeh menjadi makanan khas Rembang yang banyak digemari oleh wisatawan, terutama bagi pecinta masakan pedas.

Kelo Mrico

Saat datang ke Rembang, kamu juga tak boleh melewatkan makanan laut khas Rembang yang bernama Kelo Mrico. Masakan ini mirip dengan sup ikan dengan bahan utama ikan laut seperti ikan sembilang, bandeng, maupun kakap.

Sesuai dengan namanya, kuah sup ikan ini menggunakan bumbu merica sehingga akan terasa lebih pedas dan nikmat. Selain merica, Kelo Mrico juga dibuat dari bumbu rempah lainnya, yaitu ketumbar, kunyit, kemiri, bawang merah, bawang putih, daun jeruk, dan garam.

Bumbu rempah yang kuat membuat hidangan ini tak akan terasa amis. Biasanya, makanan ini dinikmati bersama nasi hangat, lengkap dengan gorengan dan sambal.

Dumbeg

Beralih ke kuliner khas Rembang dengan rasa manis, terdapat makanan bernama Dumbeg yang terbuat dari tepung beras, santan, gula jawa, dan potongan krambil. Makanan manis dengan tekstur lembut dan kenyal ini memiliki bentuk runcing menyerupai teromet yang dibungkus dengan daun lontar.

Dumbeg merupakan makanan khas Rembang yang sangat legendaris. Sejak zaman dahulu, hidangan ini biasa disajikan pada setiap acara pesta untuk menjamu para tamu yang datang.

Kue Dumbeg ini juga sering diburu oleh wisatawan untuk dijadikan oleh – oleh karena menawarkan harga yang cukup terjangkau. Maka dari itu, sayang rasanya jika kamu hanya melewatkan jajanan tradisional khas Rembang yang satu ini.

Kaoya Dudul

Kaoya Dudul atau yang dikenal dengan Kaoya Lontar dan Kue Kaoyah merupakan kuliner khas Rembang yang tak boleh dilewatkan. Jajanan tradisional yang juga dibungkus dengan daun lontar ini terbuat dari tepung beras ketan, gula aren, dan kacang hijau.

Bentuk Kaoya Dudul sangat cantik dan unik karena menyerupai daun semanggi. Dengan cira rasa manis dan gurih yang bikin nagih, Kaoya Dudul patut untuk kamu bawa sebagai oleh – oleh jika mampir ke daerah Rembang.

Deretan makanan khas Rembang yang telah disebutkan memiliki rasa yang enak dan sudah terkenal di kalangan para wisatawan. Maka dari itu, kamu tak perlu ragu untuk mencicipinya saat berkunjung ke Rembang. Dari sekian jenis makanan, mana yang menurutmu paling menarik untuk dicoba?

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.