MenuKuliner.net

Beraneka Macam Makanan Khas Madura Yang Bikin Ngiler dan Patut Dicoba

Diposting pada 24 November 2023

Makanan khas Madura tentu bukan hanya sate berbumbu saus kacang kental yang gurih lezat. Masih ada banyak pilihan kuliner lain yang akan menggoyang lidah Anda selama berada disini. Banyaknya pilihan menu makanan tersebut seringkali membuat orang-orang merasa bingung, sehingga admin ingin memberi beberapa rekomendasi terbaik.

Madura sudah sejak lama dikenal sebagai daerah yang memiliki olahan lezat. Kita biasa menemukan abang-abang penjual sate madura dan nasi goreng madura hampir diseluruh daerah.

Lantas, bagaimana jadinya kalau Anda berkunjung langsung ke daerah asal para penjual makanan tersebut? Mencicipi makanan khas Madura adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan.

Deretan Makanan Khas Madura yang Paling Terkenal dan Ikonik

Madura memiliki banyak pilihan hidangan lezat buat Anda cicipi. Bagi Anda yang baru pertama kali datang kesini dan bingung harus memilih apa, silahkan pilih salah satu sajian berikut ini:

Bebek Sinjai

Bebek sinjai adalah makanan khas Madura yang sudah terkenal sampai berbagai daerah di Indonesia. Kita bisa menjumpai penjual bebek sinjai di hampir seluruh kota, sehingga sangat wajib mencicipi di daerah asalnya.

Bebek sinjai adalah bebek goreng dengan ciri khas berupa sambal mangga sebagai pelengkapnya. Daging bebek yang digunakan bertekstur empuk dan lembut, serta tidak berbau amis. Harga bebek sinjay per porsi adalah Rp. 17 ribu – Rp. 30 ribu.

Sate Lalat Pamekasan

Kota Pamekasan memiliki hidangan spesial bagi semua orang bernama sate lalat. Disebut demikian karena daging sebagai bahan dasarnya dipotong kecil-kecil, sehingga seolah seperti lalat.

Harga sate lalat per porsi adalah Rp. 13 ribu yang sudah mendapatkan 20 tusuk. Harganya memang sangat murah, namun soal rasa tidak perlu ragu lagi deh.

Sate lalat Pamekasan rasanya mirip seperti sate madura pada umumnya. Sehingga, Anda harus mencicipinya apalagi berkunjung ke Pamekasan.

Sate Madura

Ketika Anda sedang berkunjung ke Madura, maka tidak boleh lupa mencicipi sate madura di tempat asalnya. Sate Madura terbuat dari daging ayam, kemudian diselingi dengan kulit dan gajih disetiap tusuknya.

Daging ayam dipotong dadu untuk kemudian diolesi bumbu kecap dan saus kacang. Salah satu yang membedakan sate madura dengan sate pada umumnya terletak di bumbu. Bumbu sate madura berbahan dasar campuran kecap, kemiri dan petis.

Pedagang sate madura biasanya menyediakan lontong atau nasi putih dan acar sebagai pelengkap. Harga sate Madura dijual mulai dari Rp. 15 ribu per porsi.

Lorjuk

Lorjuk adalah sejenis kerang yang bentuknya memanjang mirip seperti pisau dan hanya ada di pulau Madura. Lebih tepatnya di pesisir pantai berlumpur, di daerah Pamekasan. Untuk menangkap lorjuk, hanya bisa dilakukan ketika air surut dan harus menggunakan linggis.

Pertama-tama, lorjuk dibersihkan dan direbus terlebih dahulu. Lorjuk kemudian dikelupas dan dijemur sampai kering dibawah sinar matahari. Jika sudah kering, lorjuk baru diolah dengan cara ditumis, digoreng, dicampurkan ke dalam tahu atau tempe, sampai dipepes.

Ada juga lorjok yang dibuat makanan berkuah mirip seperti soto, dengan cita rasa manis dan gurih.

Tajin Sobih

Tajin sobih adalah makanan khas Madura dari Kabupaten Bangkalan atau lebih tepatnya Desa Sobih. Didalam seporsi tajin sobih, biasanya terdiri dari empat macam isian. Yaitu bulatan putih, bubur putih, sagu mutiara dan bubur lonjongan cokelat.

Ketiga isiannya terbuat dari tepung beras, kecuali sagu mutiara. Tajin sobih biasa dihidangkan bersama daun pisang, dengan saus berupa gula merah dimasak pekat.

Harga seporsi tajin sobih adalah Rp. 5 ribu dan biasa dijual ketika pagi hari. Jangan sampai melewatkannya ketika berkunjung ke Madura, cocok sebagai menu pembuka hari.

Bubur Manggul

Makanan khas Madura satu ini boleh jadi belum sepopuler hidangan lain, namun Anda harus mencobanya karena bukan hanya lezat namun juga bikin perut kenyang. Ia terbuat dari campuran tepung beras, garam, daun salam dan santan.

Untuk memperkaya rasa bubur manggul, ada penjual yang menambahkan rempah lain kedalamnya, seperti daun jeruk, kunyit, lengkuas, cabai merah, bawang putih dan bawang merah.

Bubur manggul biasa dihidangkan bersama sambal goreng udang, serundeng kelapa dan lontong. Harga per porsinya murah mulai Rp. 15 ribu dan hanya dijual di pagi hari.

Nasi Serpang

Masih bertemakan menu lezat untuk sarapan, rekomendasi makanan khas Madura kali ini adalah nasi serpang dari Bangkalan. Seporsi nasi hangat dihidangkan bersama lauk pauk yang komplit, seperti pepes ikan tongkol, keripik paru, dendeng sapi Madura, kerecek tahu, telur asin, kerang tumis pedas dan sambal terasi.

Nasi serpang biasa dijual seharga Rp. 18 ribu per porsi. Dengan isiannya yang lengkap, harga segitu sudah sangat sepadan. Kombinasi nasi, sambal dan lauknya yang komplit terasa enak sebagai menu sarapan. Oh iya, Anda harus cepat-cepat membelinya karena hanya dijual di pagi hari mulai 05.30 WIB.

Loopis Emas

Loopis emas adalah makanan khas Madura berbahan dasar ketan yang disajikan bersama larutan gula merah dan taburan parutan kelapa. Semua bahan tadi dibungkus dengan daun pisang berbentuk segitiga.

Loopis emas sudah pasti bercitarasa manis yang lezat dan lumer dimulut. Loopis biasa dijual pada pagi dan sore hari, sehingga Anda bisa dengan mudah menemukannya.

Kaldu Kokot

Kaldu kokot adalah hidangan sup khas madura yang bercitarasa gurih dan sayang buat dilewatkan. Kokot sendiri merupakan sebutan untuk kaki sapi. Kaki sapi ini nantinya direbus dengan pala, bawang merah, bawang putih dan jahe. Kaki sapi dibakar dahulu untuk membuang kotorannya, baru kemudian direbus.

Kaldu kokot semakin mantap ketika dihidangkan bersama potongan lontong dan kacang hijau rebus. Anda bisa mencicipi kaldu kokot dengan harga mulai Rp. 30 ribu per porsi.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai ragam makanan khas Madura yang paling wajib buat dicoba. Bubur manggul dan tajin sobih siap menjadi kudapan yang bikin lidah ketagihan. Apabila merasa lapar, tinggal memilih nasi serpang, soto madura atau kaldu kokot.

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.