MenuKuliner.net

9 Makanan Khas Laos Paling Populer dan Lezat dengan Cita Rasa Otentik

Diposting pada 24 November 2023

Kaya akan ragam budaya, Laos juga memiliki berbagai kuliner khas yang tak boleh dilewatkan. Ada bermacam – macam makanan asal Laos dengan cita rasa yang kuat dan sangat khas. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang sengaja berkunjung ke negara dengan sebutan ‘Negeri Seribu Gajah’ ini hanya demi mencicipi makanan khas Laos yang terkenal lezat dan nikmat.

Makanan Khas Laos Paling Populer dan Lezat

Kuliner khas Laos umumnya menggunakan banyak rempah – rempah sehingga menghasilkan cita rasa yang unik dan otentik. Penasaran apa saja? Berikut sejumlah makanan khas Laos paling populer yang wajib dicoba saat berkunjung ke negara ini.

Larb

Kuliner pertama yang patut kamu cicipi saat liburan ke Laos adalah Larb atau sering disebut juga dengan salad daging. Berbeda dari salad pada umumnya yang hanya berisi sayuran, Larb merupakan salad yang terdiri dari daging cincang, yang kemudian dibumbui dengan kecap ikan, nasi bakar giling, dan perasan jeruk nipis. Daging yang digunakan biasanya berupa daging ayam, sapi, bebek, ikan, maupun babi. Makanan ini umumnya dihidangkan bersama ketan dan sayuran mentah.

Tam Mak Hoong

Makanan salad khas Laos berikutnya adalah Tam Mak Hoong yang dibuat dari bahan utama berupa pepaya muda. Selain itu, hidangan ini juga terdiri dari tomat, kacang panjang, dan kacang tanah. Campuran bahan tersebut kemudian dibumbui dengan jeruk nipis, gula aren, cabai, dan saus fermentasi ikan.

Tak hanya terkenal di Laos, Tam Mak Hoong merupakan makanan yang populer di seluruh dunia karena memiliki rasa yang unik dan pedas. Bagi orang Indonesia yang mencicipi makanan ini, mungkin akan teringat dengan rujak yang memiliki cita rasa asin, asam, pedas, dan manis.

Mok Pa

Saat melihat makanan khas Laos yang satu ini, kamu mungkin merasa tak asing karena bentuknya sangat menyerupai pepes ikan. Meski demikian, bumbu yang digunakan dalam pembuatan Mok Pa tetap berbeda dari bumbu pepes khas Indonesia.

Dengan bahan utama berupa ikan segar, Mok Pa khas Laos menggunakan bumbu terasi, kecap ikan, serai, cabai, daun dill, dan daun bawang. Ikan yang sudah dibumbui kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus.

Nam Khao Tod

Laos juga memiliki kuliner khas dengan bahan utama berupa nasi yang bernama Nam Khao Tod. Kuliner ini terdiri dari nasi yang dicampur dengan kacang tanah, potongan sosis, parutan kelapa, perasan jeruk nipis, dan saus fermentasi ikan khas Laos.

Hal yang unik dan tak biasa dari hidangan satu ini adalah cara untuk memakannya. Orang Laos ternyata biasa menyantap Nam Khao Tod dengan cara membungkusnya terlebih dulu dalam daun selada. Setelah itu, barulah makanan ini disantap dalam satu kali suapan.

Khao Piak Sen

Saat berkunjung ke Laos, kamu juga tak boleh melewatkan makanan bernama Khao Piak Sen. Kuliner khas Laos yang satu ini merupakan hidangan berupa mie beras yang disajikan dengan dengan kuah kaldu sapi atau kaldu ayam.

Khao Piak Sen juga biasanya dilengkapi dengan irisan hati ayam, aneka seafood, dan sayuran. Dilengkapi dengan air perasan jeruk nipis, cita rasa dari makanan ini semakin terasa gurih dan menyegarkan.

Pad Kee Mao

Selain Khao Piak Sen, masakan mie lainnya yang menjadi makanan khas Laos adalah Pad Kee Mao atau dikenal dalam bahasa Indonesia dengan sebutan mie mabuk. Dibumbui dengan bawang putih, saus ikan, dan banyak irisan cabai, Pad Kee Mao merupakan hidangan yang terkenal sangat pedas.

Sajian mie ini biasanya dilengkapi dengan sayuran segar seperti wortel, taoge, dan brokoli. Pad Kee Mao juga biasa disajikan bersama topping berupa daging ayam, daging sapi, maupun seafood. Pecinta makanan pedas pasti akan sangat menyukai kuliner khas Laos yang satu ini.

Ping Gai

Ping Gai merupakan kuliner yang juga wajib kamu coba saat berada di Laos. Makanan ini mungkin akan terlihat seperti ayam bakar pada umumnya. Hanya saja, bumbu yang digunakan untuk membuat makanan khas Laos ini adalah bawang putih, garam, lada hitam, dan saus ikan. Dengan bumbu tersebut, Ping Gai memiliki cita rasa yang legit dan gurih.

Daging ayam yang telah dibumbui kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dan dimasak dengan cara dipanggang. Makanan ini akan terasa semakin nikmat jika disantap bersama sambal dan nasi hangat.

Khao Jee

Khao Jee merupakan roti lapis alias sandwich khas Laos yang menggunakan roti baguette sebagai bahan dasarnya. Sementara isian dari roti ini biasanya terdiri dari daging ham, keju, tomat, wortel, dan selada. Dengan bumbu berupa saus bawang putih dan cabai, makanan ini jadi terasa lebih lezat.

Makanan khas Laos satu ini mudah dijumpai karena dijual oleh banyak pedagang kaki lima di pinggir jalan. Oleh sebab itu, pastikan kamu meluangkan waktu untuk mencicipi Khao Jee ketika berada di Laos.

Kaipen

Berbahan dasar rumput laut yang terkenal gurih, Kaipen menjadi salah satu makanan yang wajib dicoba saat datang ke Laos. Makanan ringan ini dibumbui dengan bawang putih dan wijen sehingga memiliki rasa yang sangat lezat. Selain untuk camilan, Kaipen juga sering dijadikan sebagai sajian pelengkap makanan lain.

Saat berkunjung ke Laos, pastikan kalian menyempatkan waktu untuk mencicipi sejumlah makanan khas Laos yang unik dengan cita rasa otentik. Dari beragam jenis kuliner di atas, apakah ada yang pernah kamu coba?

Imam Thoib

Seorang programmer yang suka menjelajahi berbagai macam rasa. Suka tidur, makan dan nonton. Sesekali menulis untuk menunjukkan eksistensi.

Rekomendasi

©2024 MenuKuliner.net.